Untuk cara mengganti nama hostspot dan password MiFi Huawei semua tipe beserta nama hotspotnya tidaklah rumit. Setidaknya ada 2 cara yang bisa kamu lakukan, yakni melalui browser dan melalui aplikasi.

A. Mengganti password MiFi Huawei Tanpa Aplikasi

Cara ganti password MiFi Huawei semua tipe lebih mudah dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Cara ini juga bisa kamu lakukan melalui browser HP maupun laptop. Yang terpenting di sini adalah perangkat yang digunakan harus sudah terhubung dengan jaringan hotspot dari MiFi tersebut.

Sebagai contoh untuk langkah-langkah mengganti password MiFi Huawei (E5573) selengkapnya, sebagai berikut:

1. Langkah pertama pastikan perangkat yang kamu gunakan sudah terhubung ke hotspot MiFi.
2. Sekarang buka browser di HP atau laptop, lalu ketikkan alamat IP 192.168.8.1.
3. Nanti kamu akan dibawa ke halaman login admin MiFi. Untuk masuk ke halaman admin, ketikkan kata “admin” (tanpa tanda petik) pada kolom Username dan Password. Untuk MiFi baru, username dan password pasti masih tersetting secara default. Kamu nanti bisa mengubahnya agar tidak mudah dibobol oleh orang lain.
4. Sekarang kamu sudah masuk ke halaman admin MiFi. Kamu perlu melakukan konfigurasi dasar WLAN, terserah ingin mengganti nama SSID (nama hotspot) atau tidak. Selain itu, di sini kamu juga bisa mengganti password default sesuai yang kamu inginkan.
5. Beri centang pada opsi Mengubah Sandi, kemudian isi kolom dengan Password MiFi yang kamu inginkan. Lebih disarankan password yang dibuat menggunakan kombinasi angka, huruf dan simbol. Ini merupakan password yang dibutuhkan ketika perangkat lain ingin terhubung ke hotspot MiFi, bukan password untuk masuk ke halaman admin MiFi. Jika sudah, lanjutkan dengan klik tombol Berikutnya.
6. Sekarang kamu masuk ke halaman konfigurasi pembaruan. Sebaiknya pilih opsi Unduh Otomatis dan lanjutkan dengan klik tombol Berikutnya.
7. Dan terakhir kamu akan masuk ke halaman mengubah kata sandi atau password. Berbeda dengan yang tadi, ini merupakan password yang digunakan ketika akan masuk ke halaman admin, yang mana sebelumnya menggunakan password default yakni “admin”. Masukkan kata “admin” (tanpa tanda petik) pada kolom paling atas, kemudian masukkan password baru pada kedua kolom di bawahnya.
8. Jika sudah, klik tombol Selesai.

Artike Lainnya  Perlengkapan alat untuk menjadi seorang Youtuber

Sekarang password hotspot MiFi dan password halaman admin MiFi sudah berhasil diganti. Jika ternyata langkah di atas terlewat, kamu bisa mengakses halaman konfigurasi password MiFi di menu Pengaturan >> WLAN >> Pengaturan Dasar WLAN.

B. Mengganti password MiFi Huawei dengan aplikasi

Jika cara sebelumnya kamu tidak perlu menggunakan aplikasi, cara yang satu ini justru membutuhkannya. Caranya kurang lebih sama, hanya saja kali ini bisa kamu terapkan hanya melalui perangkat HP android. Langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi Huawei Link dari Google Play Store atau App Store
  2. Buka aplikasi dan login menggunakan akun dan password yang tercantum di perangkat
  3. Jika sudah, klik tombol Settings di pojok kanan atas halaman
  4. Masuk ke dalam opsi My Wi-Fi
  5. Ubah nama Wi-Fi dan Password sesuai yang diinginkan
  6. Selanjutnya, tekan tanda centang di pojok kanan atas halaman jika sudah selesai