Mungkin dari banyak teman-teman sudah cukup sering mendengar istilah mini pc alias komputer kecil, dari sekian banyak mini pc yang ada di pasaran ada sebuah mini pc dari Intel yaitu NUC ( Next Unit of Computing). ini merupakan mini pc yang powerfull dari intel dengan dimensi 10,16×10,16 cm, dengan ukuran sekecil itu mini pc ini tersedia versi intel core i7 generasi ke 9 karena intel nuc ini merupakan produk langsung dari Intel. dengan mini pc yang powerfull ini kalian dapat menjadikan nya sebagai home teather, cloud storage, media server, penggunaan harian biasa, maupun lainya. mini pc ini terdapat varian processor dari dual core, core i3, core i5 dan core i7.

nuc intel mini pc

source: intel.co.id

intel nuc mini pc

source: mwave.com.au

Produk mini pc dari intel ini juga cocok untuk ditempatkan dalam ruangan yang minimalis ataupun di laboratorium komputer sekolah karena bentuknya yang compact dan powerfull. dibandingkan dengan pc konvensional yang ukurannya lumayan besarĀ  dan memakan daya listrik yang tidak sedikit NUC ini hanya mengonsumsi daya 15 Watt saja, sangat berbeda jauh dengan komputer konvensional biasa yang kita pakai. NUC dapat dipasang dibelakang monitor dengan tambahan bracket yang telah ikut dalam paket pembeliannya jika kalian membelinya di excellent computer semarang maupun excellent computer salatiga. walaupun ukurannya mini NUC ini tidaklah minim fitur (tergantung juga generasi/variannya), diantaranya 4 port USB 3, 1 port HDMI, 1 port LAN, 1 port VGA, 1 port untuk jack audio 3,5mm, 1 port adapter untuk daya, dan ada juga yang memiliki port usb thunderbolt. itu dari segi fitur fisik atau hardware, dalam segi teknologinya Intel NUC ini dibekali dengan Intel Iris Graphic 540 mendukung resolusi layar hingga 4K!. untuk lebih lengkapnya sudah kami ringkas mengenai kelebihan Intel NUC ini:

Artike Lainnya  Pengertian dan resiko Overclock Processor

Kelebihan:

  • Mempunyai slot memori penyimpanan M2
  • Mendukung media penyimapanan Sata 2,5″
  • Built in WiFi adapter + Bluetooth
  • Mendukung penyimpanan hingga 2 TB
  • RAM DDR4 up to 16 GB
  • Intel Iris Graphic 550/650 resolusi 4K
  • Ukuran Ringkas
  • Hemat Konsumsi Daya
  • Desain yang Menarik
  • Intel Gigabit LAN
  • Intel VT-x Teknologi

Kekurangan

  • Tidak bisa ditambahkan Graphic Card

 

Namun jika teman-teman adalah seorang DIY Makers bisa juga membeli intel NUC Bearbone-nya saja alias tanpa casing jadi teman-teman bisa memasangnya ditempat yang diinginkan dengan segala kemudahan dan keringkasanya karena ukurannya yang memang benar-benar kecil. Jika teman-teman seorang Gamers, Intel NUC ini tersedia versi Gaming-nya yaitu Intel NUC Skul canyon dan Intel NUC Hades Canyon

Intel NUC Skull Canyon

intel nuc skull canyon

soure: scorptec.com.au

Gambar diatas merupakan Intel NUC Skull Canyon yang dirilis pada tahun 2016 lalu, dengan dimensi 8,30″ x 4,56″ dengan ketebalan 1,10″ ini sangatlah kompak untuk ukuran sebuah perangkat gaming. Intel NUC ini ditenagai oleh intel core i7 dengan menggunakan Graphic Card IGP: Intel Iris Pro Graphics 580 with 128 MB eDRAM. dengan dukungan slot penyiman ssd m2 hingga 2TB dan juga RAM DDR4 hingga 32 GB. ini merupakan spesifikasi Perangkat Gaming yang mumpuni untuk melibas game kekinian.

 

Intel NUC Hades Canyon

Intel Nuc hades canyon

source: intel.co.id

Intel NUC Hades Canyon merupakan generasi lanjutan skull canyon, NUC ini dirilis pada tahun 2018 lalu, dengan spesifikasi yang lebih gahar tentunya. jika pada versi yang lalu menggunakan igpu single graphic sekarang sudah menggunakan dual graphic yaitu Radeon RX Vega M GH Graphics dan Intel HD Graphics 630 yang bisa berjalan beringan, sebuah teknologi yang sangat bagus. dengan dimensi ukuran yang sama dengan sebelumnya rasanya Intel NUC ini tidaklah susah untu dibawa berpergian tinggal anda membawa adaptor dan intel NUC kemudian colokan ke monitor.

Artike Lainnya  5 Rekomendasi keyboard komputer 2020