Di dalam dunia komputer, tak selamanya kita hanya memakai komputer ataupun laptop saja. Tetapi, laptop atau komputer yang kita gunakan di rumah dan juga kantor membutuhkan perangkat yang lainnya untuk beberapa kebutuhan, misalnya untuk bertukar data.

Semisal tempat Kita bekerja mempunyai banyak divisi. Andaikata kantor Kitatersebut di sebuah gedung bertingkat. Ketika kita sedang mengerjakan proyek di lantai satu dan kita diharuskan untuk mengirimkan data proyek tersebut kepada divisi lain di lantai yang lain (misal lantai dua dan tiga).

Untuk menjamin efektivitas dalam jam kerja, penggunaan jaringan lokal sangat diperlukan, dan perangkat yang paling efisien untuk mengolah berbagai jenis jaringan, baik jaringan lokal (LAN), MAN dan lainnya adalah router. Lebih jelas mengenai pengertian router bisa anda simak

Pengertian Router

router jaringan adalah suatu perangkat keras pada jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan, baik itu jaringan yang sama maupun jaringan yang berbeda dari sisi teknologinya.

Ada juga yang menjelaskan bahwa pengertian router adalah suatu hardware jaringan komputer yang berfungsi untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet dari satu perangkat komputer ke perangkat lainnya, dimana proses tersebut disebut dengan routing.

Dalam setiap router memiliki DHCP dan NAT yang mempunyai fungsinya masing-masing. Berikut fungsi dari kedua fasilitas ini, yaitu :

  • DHCP adalah sebuah protokol yang mana didasarkan dengan arsitektur klien atau server serta memfasilitasi penugasan alamat IP dalam jaringan sehingga alamat IP dapat dibagikan.
  • NAT merupakan sebuah metode yang berfungsi untuk menghubungkan lebih dari satu komputer yang mana alamat IP atau koneksi internet dapat dibuat untuk alamat IP lainnya
Artike Lainnya  Cara Mengetahui Pencuri Yang Tersambung ke Wifi Kita

Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, yang disebut dengan internetwork, atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork  untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya.

Router juga kadang digunakan untuk mengoneksikan dua buah jaringan yang menggunakan media yang berbeda (seperti halnya router wireless yang pada umumnya selain ia dapat menghubungkan komputer dengan menggunakan radio, ia juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP), atau berbeda arsitektur jaringan, seperti halnya dari Ethernet ke Token Ring.

Itulah pengertian router dalam sebuah jaringan komputer. Jadi dapat disimpulkan bahwa router mempunyai fungsi utama untuk menganalisis paket data yang masuk melaluinya, melakukan seleksi paket data tersebut kemudian yang terakhir adalah mengirimkan paket data tersebut ke tujuan (bisa jaringan atau komputer tertentu).

Fungsi Router

Fungsi router jaringan yaitu sebagai penghubung dua jaringan atau lebih yang akan meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router mempunyai fungsi utama yakni untuk membagi atau mendistribusikan IP Addres, secara statis atau DHCP atau Dynamic Host Configuration Protocol kepada seluruh komputer yang tersambung ke router tersebut.

Dengan adanya IP Addres unik yang dibagikan dari router kepada masing-masing komputer, maka setiap komputer akan saling terhubung juga dapat melakukan komunikasi, dengan jaringan LAN atau internet.