Apakah Anda mencari solusi cara menonaktifkan Gutenberg dan mempertahankan editor WordPress klasik di situs WordPress Anda? Sekarang Gutenberg adalah editor default di WordPress versi 5.0. Ini berarti editor WordPress Gutenberg menggantikan editor WordPress klasik.

Tetapi masih banyak pengguna WordPress yang belum siap untuk menggunakannya dan ingin tahu bagaimana mempertahankan editor klasik di situs WordPress saya? Pada artikel ini kami akan menjelaskan kepada Anda cara menonaktifkan Gutenberg dengan mudah dan menyimpan editor klasik di WordPress.

Apa itu Gutenberg?

Gutenberg adalah nama proyek untuk editor blok WordPress baru, yang menggantikan editor WordPress TinyMCE sebagai editor WordPress default di WordPress 5.0 . Ketika Anda membuka editor WordPress baru untuk pertama kalinya Anda jelas mencari antarmuka yang kita semua terbiasa.

Sementara editor Gutenberg menawarkan pengalaman pengeditan posting dan halaman baru yang menarik. Seluruh pengalaman pengeditan telah dibangun kembali untuk halaman dan posting yang kaya media.

Mengapa Menonaktifkan Editor Gutenberg di WordPress ?

Ada beberapa alasan mengapa Anda ingin menonaktifkan editor WordPress Gutenberg untuk saat ini:

  • Anda suka bekerja dengan editor Klasik dan tidak ingin mempelajari antarmuka baru.
  • Anda mengelola situs untuk klien dan Anda tidak ingin memaksa mereka untuk mempelajari antarmuka baru.
  • Anda tidak terbiasa dengan editor blok dan tidak akan siap untuk editor baru.
Artike Lainnya  Anak Dibawah Umur Mendapat Rp 130 Juta Karena Meretas Sistem Keamanan Instagram

Nonaktifkan Gutenberg dan mempertahankan Classic Editor di WordPress

Mari kita lihat cara mudah menonaktifkan Gutenberg sampai Anda tidak siap untuk itu dan mempertahankan editor klasik situs WordPress Anda. Anda dapat menonaktifkan editor Gutenberg sepenuhnya atau selektif dalam fase itu — pilihannya sepenuhnya milik Anda.

Metode 1 – Instal Plugin Classic Editor WordPress

Untuk metode ini, kita akan menggunakan plugin Classic Editor yang dikembangkan dan dikelola oleh kontributor inti WordPress.

Langkah 1: Instal Dan Aktifkan Plugin

Untuk memulai, pertama-tama Anda harus menginstal Editor Klasik dengan masuk ke Plugins → Add New dan mencarinya dengan nama Classic Editor , Kemudian klikInstall Now dan aktifkan plugin.

Langkah 2: Konfigurasi Plugin Classic Editor

Setelah Anda menginstal dan mengaktifkan plugin Classic Editor, Anda perlu mengonfigurasi apakah akan:

  • Hanya gunakan Classic Editor
  • Gunakan Classic Editor dan editor Blok (editor Gutenberg)

Untuk melakukannya, buka Settings → Writing di dasbor WordPress Anda. Kemudian, cari opsi pengaturan Classic Editor:

Jika Anda memilih “Classic Editor” dengan opsi “Tidak” maka 100% menonaktifkan editor Gutenberg, Anda selesai!

Jika Anda ingin memilih untuk beralih antara Gutenberg dan Classic Editor secara post-by-post, maka Anda perlu memilih “Classic Editor” dengan opsi kotak centang “Ya”.

Metode 2 – Instal Disable Gutenberg WordPress Plugin

Jika Anda ingin menonaktifkan Gutenberg untuk peran pengguna dan jenis posting tertentu, maka metode ini akan membantu Anda melakukannya.

Langkah 1: Instal Dan Aktifkan Plugin

Untuk memulai, pertama Anda harus menginstal Disable Gutenberg dengan masuk ke Plugins → Add New dan mencarinya dengan nama Disable Gutenberg , Kemudian klik Install Now dan aktifkan plugin.

Artike Lainnya  Cara membuat file zip dengan winrar

Langkah 2: Konfigurasikan Di mana Untuk Menonaktifkan Gutenberg

Setelah Anda menginstal dan mengaktifkan plugin, buka Settings → Disable Gutenberg untuk mengkonfigurasinya. Secara default, itu akan menonaktifkan Gutenberg di mana-mana.

Saya harap artikel ini membantu Anda mempelajari cara Menonaktifkan Gutenberg dan mempertahankan Editor Klasik di WordPress.

Silakan berkomentar di bawah ini, Untuk saran dan jika ada masalah kami akan memvantu.