Dizaman serba modern sekarang ini, sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kemajuan dibidang teknologi meningkat sangat pesat. Kehadiran teknologi kini mencakup hampir ke semua lini kehidupan manusia. Tentu saja hal ini menjadikan teknologi sebagai salah satu industri yang paling menguntungkan. Maka tidak heran jika sebuah negara yang maju, ditandai dengan teknologi yang maju juga. Tahukah kalian negara mana saja yang menjadi negara dengan teknologi paling maju di Dunia? Simak ulasannya berikut:

1. Jepang

negara paling maju teknologi

Ya, negara Jepang, hampir semua negara mengakuinya, Jepang merupakan salah satu negara yang mencapai hasil di setiap bidang, mulai dari teknologi bio hingga robotika. Jepang terkenal dengan penelitian ilmiahnyayang telah memberikan kontribusi yang sangat besar di berbagai bidang seperti mobil, elektronik, mesin, teknik gempa, optik, robotik industri, logam dan semi konduktor. Peneliti Jepang pun telah memenangkan banyak penghargaan Nobel. Nama Sony, Toshiba, Mitsubishi dan Panasonic tentu tak asing lagi, mereka adalah daftar perusahaan ternama Jepang yang ikut meramaikan pasar teknologi dunia.

2. Amerika

Amerika Serikat dengan 6,7 juta pekerja di industri teknologi yang mereka miliki membuatnya menyandang gelar sebagai negara paling maju di bidang Teknologi. Sebuah laporan tahun 2015 menjelaskan bahwa 6% dari PDB negara itu berasal dari ekonomi digital, jumlah ini belum termasuk dengan jumlah yang didapat dari sektor teknologi lainnya. Apple tentu saja memberi pengaruh yang signifikan untuk kesuksesan ekomomi negara ini. Pada tahun ini saja Apple mencapai level tertinggi di pasar sekitar 800 miliar dolar.

Artike Lainnya  Pengertian dan resiko Overclock Processor

3. Korea Selatan

negara paling maju teknologi

Mungkin yang kita sering dengar Korea hanya terkenal dengan drama serinya. Namun ternyata korea juga terkenal dengan teknologinya. Meski sempat menjadi salah satu negara miskin di tahun 1960, nyatanya negara ini mampu bangkit dan berkembang menjadi negara dengan ekonomi terbesar ke-14 di dunia. Hal ini tak lepas dari besarnya pertumbuhan teknologi negaranya. Korea memiliki beberapa perusahaan teknologi paling sukses di dunia. Salah satunya adalah Samsung, perusahaan teknologi dengan penjualan sebesar 174 miliar dolar tahun 2017.

4. Israel

Kecerdasan pemuda-pemudi Israel dalam pengembangan teknologi terutama inovasi terhadap aplikasi smartphone dan otomotif berhasil membuat negara ini menjadi salah satu negara yang patut untuk diperhitungkan. Bahkan pada Maret 2017 Israel berhasil merebut perhatian dunia ketika Intel membeli perusahaan MobileEye dengan harga 15,3 miliar dolar. Demi menyokong pembangunan di bidang teknologi ini, Israel telah menyediakan lebih dari 300 pusat penelitian dan fasilitas lain yang berhubungan dengan pengembangan teknologi.

5. Jerman

negara paling maju teknologi

Jerman mampu memimpin Eropa untuk urusan teknologi. Untuk penelitian dan pengembangannya saja Jerman menghabiskan sekitar 116 dolar atau setara dengan 3 % dari PDB-nya. Teknologi otomotif Jerman luar biasa dengan merek besar seperti Mercedes-Benz, Audi, BMW, Volkswagen dan Porsche. Baru-baru ini Jerman juga memimpin dalam hal Industri Pertahanan dengan memproduksi kapal selam Dolphin yang dijual ke Israel.

6. Rusia

Rusia adalah produsen berat dan penemu teknologi senjata dan sistem pertahanan. Negara ini memiliki salah satu sistem pertahanan berteknologi tinggi terbaik, dan juga mengekspor peralatan pertahanan kebanyak negara di dunia. Sistem rudal Rusia S300, S400, S500 dan ICBM sangat efisien daripada yang lainnya di dunia.

Artike Lainnya  Macam macam Grip Mouse atau cara memegang mouse

7. Inggris

negara paling maju teknologi

Inggris Merupakan negara industri modern pertama di dunia. Sebut saja mesin jet, mesin lokomotif, World Wide Web, motor listrik, bola lampu pijar dan telegraf listrik komersial semuanya ditemukan di Wilayah Inggris. Baru-baru ini, Inggris mengkhususkan diri pada teknologi militer termasuk kendaraan tempur tanpa awak, BAE Systems Taranis. Teknologi ini menghasilkan hasil yang spektakuler di medan perang di Irak. Negara inggris juga menjadi rumah bagi beberapa perusahaan teknologi terkemuka. Salah satu yang terbesar di antaranya adalah Sage, perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak akuntansi yang telah terjual ke seluruh dunia.

Ya, itulah negara-negara dengan teknologi paling maju di Dunia, sekian, semoga bermanfaat, terima kasih.