• Berikan Senyum 2 – 2 – 7 ( 2cm kiri, 2cm kanan, 7 detik senyum ) Senyummu akan memberikan kesan keakraban dan membuat suasana menjadi lebih cair untuk saling mengobrol dan mengetahui problem customer datang.
  • Jabat Dengan yakin tangan customermu dan tanyakan namanya dengan sopan ( sembari persilahkan duduk )Dengan menjabat tangan customer akan membuat customer merasa dihormati
  • Setelah dipersilahkan duduk, tanyakan namanya dan ajak ngobrol sederhana Customer duduk dulu baru anda bisa duduk. Sudah kenal namanya? Mulai sering panggil namanya untuk lebih mengakrabkan diri sambil sedikit memujinya
  • Mulai tanyakan hala apa yang kamu bisa bantu untuk kebutuhannya datang ke took/ tempat anda, Saat customermu sedang berbicara / menjelaskan maalahnya usahakan pandang matanya ( kalau grogi bisa pandang alisnya), agar menunjukkan bahwa kita serius mendengarkannya bercerita dan menjelaskan kebutuhannya datang. Setelah dia selesai, bisa mulai kita berika penjelasan. Untuk selanjutnya bisa kita bantu customer untuk memilih dari beberapa produk yang tadi sudah kita jelaskan. Jangan lupa saat menjelaskan berikan juga info tentang kelebihan ( manfaat ) dan kekurangannya, supanya customer lebih nyaman dan percaya dengankita dan tidak muncul problem yang kurang baik dikedepannya.
  • Lihatlah kondisi psikologis customermu, Saat ditengan penjelasan alangkah baiknya sesekali membicarakan hal yang diluar produk ( tujuannya supaya customer tidak terlalu focus pada price dan membuat customer lebih merasa nyaman ketika bersama kita). Terkadang saat terlalu focus membahas produk bisa membuat customer mersa bahwa dia hanya dibaiki untuk bisa melakukan transaksi dan itu bisa membuatnya menjadi kurangnyaman. Jadi baiknya kita juga ajak bercanda atau memberikan sedikit makanan/minuman sebagai suguhan kecil.
  • Setelah selesai berinteraksi dengan customer / berjumpa lebih baik bisa berjabat tangan kembali, Biasakan untuk bersalaman saat customer juga sudah berdiri dan benar-benar akan berpamitan. Berikan ucapan, kata-kata harapan dan doa yang baik untuk customer, supaya dia merasa senang dan merasa dihormati.
Artike Lainnya  Pengertian dan manfaat VPN

Menjadi seorang pramuniaga, marketing ataupun consultan yang baik akan memperlakukan dan menyambut customer dengan baik pula. Buat customermu nyaman, karena 1 customer yang nyaman akan membuatnya membawa banyak customer yang lain. Jadi tetap baiklah meski ada customer yang kurang baik, karena pada dasarnya customer adalah raja.