Siapa sih yang gak tahu Youtube ? YOUTUBE adalah situs website berbagi video yang dibuat oleh Pay Pal pada februari 2005, Nah. Situs ini memungkinkan pengguna dapat mengunggah video dari Youtube , Streaming , and Share. Kini Youtube bisa dibuat sebagai bisnis tambahan lho, tetapi harus memasuki kriteria yang telah ditetapkan oleh tim Youtube, biasanya jika kita sudah memiliki akun dan kita membuat karya karya yang menarik, jangan lupa kita harus bekerja sama dengan tim Youtube agar dapat menghasilkan uang yang jumlahnya sampai puluhan juta, seperti yang kita kenal para youtubers Indonesia Ria Ricis dan para Youtuber lainnya. Kini Youtube dapat digunakan sebagai bisnis, Nah, Bagaimana caranya agar Video kita menghasilkan uang. Berikut ini cara menghasilkan uang dari Youtube.

  • Buat Video dengan Tema yang Menarik Audience

Apabila video kita ingin dilihat oleh banyak orang, kita harus membuat konten semenarik mungkin seperti, Travel, beauty, vlog, tutorial, cover lagu, dan sebagainya. Tentu kita membutuhkan alat alat yang lengkap agar video kita berkualitas seperti, microphone, camera, lighting, dan pihak kedua atau yang mengatur editing dan take video. Tapi ada beberapa konten yang dilarang oleh youtube yaitu adanya copyright , youtube melarang adanya copyright termasuk kategori melanggar hak cipta, jangan memberikan musik yang sama , kita harus mengolah music tersebut terlebih dahulu, jika anda melanggar ketentuan youtube , maka tidak akan diteima, dan ada juga nih konten yang mengujar kebencian, atau prank – prank yang tidak masuk akal akan di backlist dari youtube , jadi usahakan kontemu yang terbaik, tidak usah terburu buru dan terus berkarya.

  • Melakukan Monetisasi

Syarat monetisasi YouTube bisa berubah-ubah sesuai dengan kebijakan yang mereka keluarkan. Akun Youtube harus sudah terverifikasi, jika belum kita verifikasi terlebih dahulu apalagi untuk kebijakan monetisasi ini sangat diperlukan Untuk saat ini, syarat pertama yang harus dipenuhi adalah channelmu minimal memiliki 4.000 jam waktu tonton dalam 12 bulan terakhir. Kemudian channel minimal memiliki 1.000 subscriber. Memang terlihat tidak mudah, tetapi jika kamu cukup aktif kamu akan bisa mencapainya dengan cepat. Jika sudah memenuhi syarat tersebut, kamu bisa mengajukan permohonan monetisasi ke YouTube. Caranya, masuk ke Creator Studio di channelmu, klik Channel, kemudian di bawah Status and Features, klik Enable pada kolom Monetization. Setelah itu YouTube akan meninjau kelayakan channel. Pada channel yang belum mencapai target subscriber dan jam tayang kita dapat melakukan pengajuan terlebih dahulu kepada pihak Youtube.

  • Pasang Iklan dan Adsense

Setelah YouTube menyetujui channel, kamu perlu menautkan akun AdSense untuk memilih iklan seperti apa yang sesuai untuk videomu. Sayangnya tidak ada rumus sederhana yang bisa memperkirakan berapa banyak penghasilan dari iklan.

Artike Lainnya  Mengapa Kapasitas harddisk tidak sesuai

Hal ini bergantung pada berapa banyak orang yang menonton iklan sampai habis, berapa banyak viewer yang menggunakan ad-blocker, dan faktor lainnya. Oleh karena itu, biasanya YouTuber tidak hanya bergantung pada iklan untuk menghasilkan uang dari channelnya. Sebelum kita memasang iklan terlebih dahulu kita harus memiliki akun goggle adsense.

  • Fan Funding

Banyak konten kreator yang menggunakan fan funding sebagai caranya untuk mendapat uang walaupun hal ini jarang dilakukan di Indonesia. Bagaimana cara kerjanya? Kamu bisa menawarkan subscribermu untuk menjadi sponsor video dan memberikan keuntungan khusus untuk mereka. Misalnya dengan menyebutkan namanya di video, mengadakan video chat setiap bulan, atau memberikan video khusus untuk mereka. YouTube memberikanmu keleluasaan untuk melakukan hal ini melalui Channel Membership Feature.

  • Menjual Merchandise

Cara menghasilkan uang dari youtube dengan menjual merchandise ini umum dilakukan oleh para kreator untuk mendapatkan uang tambahan. Kamu bisa membuat merchandise channelmu sendiri, misalnya berupa buku, kaos, pigura, dan lain-lain. Merchandise biasanya mengandung keunikan channel, inside joke, atau ciri khas lainnya. Cara ini juga ampuh untuk menjaga loyalitas subscriber di channelmu. Ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari YouTube. Namun satu hal yang harus kamu pahami adalah semuanya membutuhkan proses. Tidak ada yang instan. Bahkan YouTuber dengan jutaan subscriber juga memulainya dari nol. Selain itu, jangan lupa untuk selalu membuat konten yang berkualitas, ya!

  • Membuat Giveaway

Apa tujuan diadakannya giveaway ? tujuannya yaitu agar kita dapat memperoleh hasil yang kita dapat walaupun dengan modal yang kecil. Misalkan kita membuat voideo di youtube kemudian kita membuat giveaway nya seperti kita sedang mendaki gunung dengaan ketemu dengan bule , lalu bercakap cakap dengan bule tersebut, didalam percakapan itu kita mengajukan pertanyaan – pertanyaan kepada para penonton video kita misalnya, siapa kah nama si bule yang ada di video tersebut. Asal bule tersebut darimana , terus seven summit mountain in java , dan sebagainya. Lalu jangan lupa kita memberikan hadian jika jawaban tersebut tepat yang dituliskan di kolom komentar, berikan hadiah yang sesuai agar orang lain menontonnya sampai habis seperti carrier pendaki, atau sleeping bag , lamp dan sebagainya.

Artike Lainnya  Cara streaming live di YouTube atau siaran langsung di youtube

Yang nilainya diatas seratus ribu dan tidak lebih dari lima ratus ribu. Give away kita itu setara dengan pendapatan di Youtube, jika orang tersebut tertarik melihat content video kita, dan dapat meningkatkan jumlah subscribers and views apabila lebih dari puluhan atau ratusan ribu views sebanding dengan puluhan ribu subscribers , penghasilan yang kita peroleh lebih dari modal diatas lima ratus ribu atau bahkan bisa sampai jutaan , bahkan puluhan juta, ingat berikan jangkauan giveaway paling lama 3 bulan, jika giveaway dalam jumlah yang cukup besar paling cepat satu minggu , jika Jumlah nya standar. bahkan puluhan juta. Wow seru kan kalau kita dapat menghasilkan uang dari youtube. Terima kasih, semoga bermanfaat