White balance sering kita temukan saat akan memotret. Entah anda memotret menggunakan kamera DSLR, mirrorless, ataupun kamera smartphone atau mobilephone. Bagi yang sudah mengerti tentu mudah saja memilih pengaturan yang terbaik. Berbeda bagi yang baru pertama kali memiliki kamera atau belajar memotret.Umumnya orang yang baru memiliki kamera akan sedikit pangling melihat berbagai macam pengaturan di dalamnya, apalagi dengan bahasa-bahasa yang kurang familiar. Jika yang sudah memahami internet, tentunya akan segera mencari tahu sendiri, lewat Google atau semacamnya, yah mungkin anda juga salah satunya. Tapi, bagi yang mungkin kurang peduli, tak akan mengutak-atik lebih lanjut settingan tadi.

White Balance adalah suatu istilah dalam fotografi untuk kalibrasi warna putih atau suatu proses yang bertujuan untuk menghilangkan warna yang tidak real (colour cast) pada foto, sehingga objek yg berwarna putih akan tetap terlihat putih. salah satu pengaturan yang umumnya dilihat di settingan kamera, bahkan rata-rata smartphone pun sudah memiliki settingan ini dalam mode pengambilan fotonya. Pada kamera digital, White Balance diukur dengan temperatur warna dari suatu sumber cahaya.

Fungsi White Balance itu sendiri untuk membuat hal-hal berwarna putih tampak putih dalam fotografi dengan memgkompensasi pengaruh warna cahaya di bawah lingkungan pengambilan gambar. Cara kerja white balance sendiri kurang lebih untuk meniru cara mata memahami warna. Alasan kenapa kamera memerlukan setting white balance adalah karena kita memotret dalam kondisi pencahayaan yang berubah-rubah. Mata telanjang kita adalah alat yang super canggih dan mampu beradaptasi (menyeimbangkan) terhadap perubahan warna cahaya, jadi kertas putih dimanapun akan tampak putih bagi kita. Namun kamera tidaklah secanggih mata, karena itu kertas putih belum tentu terlihat putih bagi kamera dalam warna pencahayaan yang berbeda.

Artike Lainnya  tips menghadapi komplain dari pelanggan

Umumnya secara default, white balance diatur pada mode automatic atau AWB (Automatic White Balance). Artinya, kamera atau smartphone anda akan menentukan sendiri white balance yang tepat sesuai dengan kondisi lingkungan yang anda potret. Mengenal dan memahami White Balance, akan membantu menghasilkan foto yang lebih baik tanpa adanya colour cast. Jika White Balance salah, hasil foto akan cenderung kekuningan, kebiruan, keunguan, bahkan terkadang cenderung hijau, tergantung dari temperatur sumber cahaya yang ada pada saat foto diambil.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai apa itu White Balance pengertian, Fungsi dan seberapa White Balance itu. Selanjutnya kemungkinan kita akan bahas tentang penerapan White Balance. Semoga penjelasan ini dapat membantu anda mengenal white balance dan meningkatkan skill fotografi anda. Terima Kasih.