Pengertian telepon yang dikutip dari wikipedia adalah pesawat yang menggunakan listrik serta kawat, yang digunakan sebagai media bercakap -cakap antara dua orang yang berjauhan. Pada sekarang ini, telepon kebanyakan beroperasi dengan memakai transmisi sinyal listrik yang menggunakan jaringan telepon. Sehingga hal tersebut memungkinkan setiap user telepon untuk dapat berkomunikasi dengan user lainnya.

Sebagian dari Anda mungkin sering mendengar informasi bahwa tokoh penemu telepon adalah Alexander Graham Bell. Padahal sebenarnya orang yang berjasa dalam ditemukannya telepon adalah Antonio Meucci, seorang pria berkebangsaan Italia. Jadi apa sebenarnya peranan Alexander Graham Bell hingga bisa dikatakan sebagai penemu telepon?

Perlu Anda ketahui bahwa para sejarawan sebenarnya sudah memperdebatkan tentang siapa yang pertama kali menemukan telepon. Terdapat enam tokoh populer yang diperdebatkan, yaitu Antonio Meucci, Alexander Graham Bell, Johan Philipp Reis, Thomas Alfa Edison, Zenos Wilber, dan Elisha Grey. Masing-masing tokoh tersebut mengklaim bahwa dirinyalah yang pertama kali memiliki konsep telepon. Kemudian pada tahun 1870-an, para sejarawan sepakat bahwa Bell adalah penemunya.

Namun ternyata setelah dilakukan penelusuran mendalam, diketahui bahwa ada dugaan plagiarisme karya Meucci oleh Bell. Akhirnya Kongres Amerika Serikat pada tahun 2002 menetapkan bahwa Meucci adalah tokoh penemu konsep telepon yang pertama kali. Namun sayang, Meucci sudah meninggal pada 1889 dan tidak sempat merayakan kemenangannya.

Artike Lainnya  Perbedaan Harddisk dan SSD

Pada tahun 1850, Meucci pindah ke Staten Island, New York. Pada saat itu Meucci jatuh miskin, tetapi masih terus menyempurnakan alat yang telah diciptakannya yaitu telepon. Dikarenakan ia sakit keras dan perekonomian yang sulit, istrinya terpaksa menjual beberapa alat-alat ciptaannya hanya seharga enam dolar untuk biaya pengobatan.

Setelah sembuh, Meucci bekerja keras siang dan malam untuk kembali membuat alat-alat ciptaannya. Pada tahun 1871, disebabkan tak cukup uang untuk membayar paten telepon, ia hanya membayar paten sementara yang berlaku untuk setahun dan harus diperpanjang pada tahun selanjutnya.

Meucci mencoba untuk mendemonstrasikan potensi “telegraf berbicara” ini serta membawa model dan segala keterangannya pada wakil ketua perusahaan telegraf Western Union. Setiap kali Meucci hendak menemui wakil ketua ini, Edward B.Grant selalu mengatakan bahwa dia tak ada waktu. Dua tahun kemudian, saat Meucci meminta kembali semua materi telepon di perusahaan tersebut, ternyata mereka hanya mengatakan telah “hilang”.

Pada tahun 1876, Alexander Graham Bell menyandang nama sebagai penemu telepon. Setelah Meucci mengetahuinya, ia memanggil seorang pengacara untuk memprotes pada Kantor Paten Amerika Serikat di Washington. Meucci mengalami kekalahan untuk kasus ini. Setelah adanya permusuhan antara Alexander Graham Bell dengan Western Union baru terungkap bahwa Bell sebelumnya telah menyetujui membayar duapuluh persen keuntungan komersial atas “penemuannya” selama 17 tahun kepada Western Union. Antonio Meucci wafat pada tanggal 18 Oktober 1889.