Sudah tidak asing lagi kan Anda dengan sebutan Drone yaitu sebuah alat yang bisa terbang dengan cara dikendalikan lewat remote oleh manusia. Drone awalnya digunakan sebagai alat pemantau di bidang militer tapi dengan perkembangannya untuk saat ini drone lebih dibutuhkan dibidang fotografi dan sinematografi.

Semisal dahulu untuk merekam suatu video dalam pembuatan film dimana membutuhkan area yang tinggi, sutradara harus mendatangkan 1 helikopter untuk merekam video tersebut hal ini tentu memerlukan biaya yang sangat mahal dan resiko juga lebih besar.

Nah dengan berkembangan Drone saat ini, sekarang bidang sinematografi atau fotografi sangat terbantu bahkan drone sekarang ini bisa dibuat untuk bertanding, sekedar hobi dan bisa di pakai kalangan masyarakat mana pun.

Berbicara tentang Drone beberapa tahun terakhir ini mungkin ada salah satu produk Drone yang buming di dunia yang mana mengubah pola berfikir manusia tentang Drone yang dahulu Drone itu hanya digunakan kalangan khusus sekarang semua kalangan bisa memiliki, menggunakan bahkan memodifikasi.

Tahukah Anda Drone apakah itu? Ya benar, DJI Drone namanya. Sebuah Perusahaan Teknologi yang berpusat di China, Frank Wang merupakan pendiri dan CEO dari perusahaan tersebut pria kelahiran china tahun 1980 ini memulai mengembangkan idenya saat dibangku perkuliahan dan mulai mendalami lebih di pascasarjana di Universitas Sains dan Teknologi Hongkong. Biaya pertama yang dia gunakan didapat dari hasil jerihnya memenangkan perlombaan robot tingkat Universitas se Asia Pasifik yakni juara ketiga.

Artike Lainnya  Mengenal platform IOT: Nodemcu board

Biaya yang dipakai untuk penelitian dan pengembangan Drone ternyata membuahkan hasil, di tahun 2006 Frank Wang mendirikan perusahaan di China dan mulai memproduksi Drone yang ia beri nama DJI hingga di tahun 2013 model pertama yakni DJI Phantom dijual massal di seluruh dunia dan sangat laku sehingga Frank Wang terus mengembangkan perusahaannya tidak hanya Drone untuk fotografi akan tetapi untuk kepentingan Profesional, Edukasi dan Pertanian.

Untuk Frank Wang sendiri di tahun 2017 menjadi miliader teknologi termuda di Asia dan hingga saat ini DJI yang didirikan Frank Wang sudah memegang hampir 77% dari pangsa pasar AS untuk Drone konsumen sehingga menjadikan DJI sebagai perusahaan drone terbesar di dunia.