Seiring berkembangnya jaman akan banyak jenis format file video yang ada dan terus dikembangkan. Video adalah teknologi pemrosesan sinyal elektronik mewakilkan gambar yang bergerak. Setiap film atau video memiliki format/ekstensi yang berbeda-beda. Yang sering kita ketahui mungkin hanya format video Mp4, padahal selain Mp4 ada banyak format-format video yang lainnya. Maka dari itu, melalui artikel ini, penulis akan menjelaskan mengenai macam-macam format ekstensi video atau film. Simak ulasannya berikut ini:

  • MP4

MP4 adalah salah satu format berkas pengodean suara dan gambar atau video digital yang dikeluarkan oleh sebuah organisasi MPEG. Mp4 juga merupakan salah satu format file video terpopuler di Dunia. Website YouTube pun menggunakan ekstensi MP4 (selain MKV), sebagai format file standar pada setiap video yang mereka sediakan. Sebelumnya Youtube menggunakan FLV sebagai ekstensi videonya, akan tetapi, semenjak mereka beranjak ke pemutar video HTML5, mereka menggantinya dengan format Mp4, dan MKV.

  • MPG

MPG adalah salah satu format file lama menggunakan video data. MPG adalah nomor ekstensi file kompresi MPEG-1 atau MPEG-2 audio dan video. Video MPEG-1 Bagian 2 langka saat ini, dan ekstensi ini biasanya merujuk kepada MPG atau MPEG stream program. Satu-satunya alasan file pernah diberikan perpanjangan “mpg” karena remaja sistem file dan sistem operasi dibatasi 8.3 nama file yang 8 huruf, periode, dan tiga Surat ekstensi dalam kasus ini, MPG sebagian besar menggunakan file dikonversi dari VHS tape atau VCD player. Dulu semasih era VCD, setiap file yang berada di dalam kepingan VCD merupakan sebuah video yang memiliki format MPEG 1. Selain dalam VCD, MPG juga sering ditemukan di dalam DVD dan bahkan Blu-Ray sebagai ekstensi default video yang berada di dalamnya.

  • AVI (Audio Video Interleave)
Artike Lainnya  Cek performa harddisk komputer di windows 10

AVI menjadi salah satu format file paling populer karena sering digunakan sebagai format film dan video secara luas melalui berbagai macam media. AVI juga sering digunakan sebagai format file default bagi handy cam dan kamera digital pada umumnya. Format yang diciptakan oleh Microsoft ini juga terkenal karena sering dikombinasikan dengan codec-codec seperti DivX dan XVID, namun bagi kamu yang menayangkan video dengan codec seperti yang telah disebutkan, harus menginstal file pembaca codec-nya terlebih dahulu.

  • 3GP/3GPP (3rd Generation Partnership Project)

3GP/3GPP adalah sebuah multimedia container format yang ditetapkan oleh Third Generation Partnership Project (3GPP) untuk 3G UMTS jasa multimedia. 3GP menjadi super terkenal di Indonesia karena pada awal era 2000-an, format file video ini menjadi format file default bagi handphone. 3GP memang secara khusus dioptimalkan sebagai ekstensi video berukuran kecil terutama dari handphone, terutama dalam segi ukuran file yang dihasilkan.

  • WEBM

WebM adalah standar terbuka baru untuk Konten Video yang dikompresi. memberikan alternatif untuk Format komersial seperti H264, MPEG4 dan MPEG2, yang dipatenkan dan memerlukan lisensi komersial. WebM didasarkan pada dua codec terbuka untuk mengompresi video dan komponen audio dari konten. WEBM kini juga telah menjadi salah satu format file video yang mulai tekenal di internet. Ia menggunakan format coding video VP8/VP9 dan audio Vorbis atau Opus sebagai standar codec. Untuk situs Indonesia, mungkin memang belum banyak yang menggunakan WebM sebagai format file video, akan tetapi di luar sana semenjak hadinrya HTML5, WebM semakin populer sebagai media standar file, baik itu untuk situs forum hingga situs berita. Sama dengan MKV, WebM memiliki kontainer yang bernama Matroska.

  • MKV (Matroska Video)
Artike Lainnya  TIPS CARA MEMBONGKAR PASANG LAPTOP

Matroska merupakan standard format kontainer Multimedia yang bersifat terbuka, merupakan format file yang dapat menyimpan banyak (tidak terbatas) jumlah video, audio, gambar, track subtitle hanya dalam sebuah atau satu file. Sebenarnya mempunyai konsep yang mirip dengan format AVI, MP4,3GP,FLV atau ASF, tetapi Matroska merupakan format dengan spesifikasi yang terbuka sepenuhnya (open source). MKV merupakan tipe file Matroska untuk video (dengan subtitle dan audio). Matroska Video telah menjadi media yang digandrungi oleh para penyedia film di internet karena keunggulannya yaitu sangat fleksibel dan dapat menyimpan banyak video, audio, gambar, atau bahkan file subtitle dalam satu file video yang sama.

Itulah tadi macam-macam atau jenis format file video atau film yang mungkin sering kalian temui. Sekian, semoga bermanfaat, terima kasih.