Secara umum, Akuntansi adalah sistem informasi yang memberikan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan dibidang ekonomi dan bisa dikatakan sebagai suatu proses mencatat dan menyajikan data yang berhubungan dengan keuangan. Penerapan akuntansi sangat penting dan bagus dalam kegiatan perekonomian. Dalam kegiatan sehari-hari banyak ditemukan kegiatan-kegiatan yang menunjukkan kegiatan akuntansi, tetapi kita tidak menyadari dan tidak memaksimalkan kegiatan yang menyangkut akuntansi secara maksimal. Kenapa harus belajar Akuntansi? Karena penerapan akuntansi dapat membantu kita dalam mengelola keuangan dan segala kegiatan agar kegiatan tersebut terstruktur dan tersistem seperti dalam sistem informasi akuntansi.

Hidup tidak semudah berkendara di jalan dengan lampu lalu lintas dan tanda-tanda sepanjang jalan, tapi kita masih perlu sinyal keuangan dalam kehidupan kita apakah kita berada dalam fase nyaman atau pada tahap bahaya yang membutuhkan bantuan. Pada masalah ini, kita memang sangat membutuhkan pengetahuan mengenai arti akuntansi untuk kehidupan, guna melancarkan kehidupan sehari-hari kita khususnya dibidang ekonomi. Untuk lebih jelasnya, mari kita pelajari mengenai siklus yang ada didalam akuntansi.

  • Bukti Transaksi

Hasil gambar untuk gambar bukti transaksi

Bukti transaksi adalah awal dari proses siklus akuntansi. Bukti transksi sendiri adalah seperangkat dokumen yang berisikan transaksi keuangan jual beli maupun kegiatan lainnya.  Jika tidak ada transaksi keuangan, tidak akan ada bukti transaksi yang perlu dicatat. Transaksi dapat mencakup pembayaran utang, setiap pembelian atau akuisisi aset, pendapatan penjualan, atau biaya apa pun yang telah terjadi.

  • Jurnal

Hasil gambar untuk gambar jurnal transaksi

Setelah transaksi sudah terjadi dan bukti transaksi sudah tersedia, langkah selanjutnya adalah mencatat transaksi tersebut ke dalam jurnal. Perlu diperhatikan, dalam mendebit dan mengkredit akun harus selalu seimbang.

  • Buku Besar

Hasil gambar untuk gambar buku besar akuntansi

Entri jurnal kemudian diposting atau dikelompokkan ke dalam buku besar di mana ringkasan semua transaksi ke masing-masing akun dapat dilihat secara rinci.

  • Neraca Saldo
Artike Lainnya  5 PHP Framework terpopuler di dunia

Hasil gambar untuk gambar neraca saldo akuntansi

Pada akhir periode akuntansi (biasanya triwulanan, bulanan, atau tahunan tergantung pada kebijakan perusahaan), Neraca saldo memuat ringkasan dari akun transaksi beserta saldonya yang berguna sebagai dasar untuk menyiapkan laporan keuangan atau sebagai bahan evaluasi.

  • Jurnal Penyesuaian

Hasil gambar untuk gambar jurnal penyesuaian

Pada akhir periode akuntansi perusahaan, jurnal penyesuaian harus diposting ke akun-akun tertentu pada akhir periode akuntansi agar sesuai dengan kondisi sebenarnya berdasarkan akuntansi akrual sehingga perusahaan dapat membuat laporan keuangan dengan tepat.

  • Laporan Keuangan

Hasil gambar untuk gambar laporan keuangan Hasil gambar untuk laporan keuangan laba rugi

Hasil gambar untuk gambar laporan arus kas

Laporan Keuangan terdiri dari  neraca (berupa asset, likuiditas, dan modal), laporan laba rugi (berupa beban dan pendapatan) dan laporan arus kas yang disusun menggunakan saldo yang sudah benar.

  • Jurnal Penutup

Hasil gambar untuk gambar jurnal penutup

Pada saat jurnal penutupan tersebut di-posting, semua akun nominal saldonya menjadi nol dan sudah siap digunakan untuk mencatat transaksi berjalan pada awal periode berikutnya. Perlu diingat, dalam siklus ini tidak selalu sama alurnya. Misalnya siklus akuntansi dagang dan jasa, pasti sedikit berbeda. Namun secara keseluruhan alurnya hampir sama.

Untuk sepenuhnya memahami siklus ini, penting untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang prinsip-prinsip akuntansi dasar. Anda harus tahu tentang pengakuan pendapatan (ketika perusahaan dapat mencatat pendapatan penjualan), prinsip pencocokan (pencocokan biaya dengan pendapatan), dan prinsip akuntansi akrual.

Konsep-konsep dasar ini akan memungkinkan Anda untuk membangun laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas, yang merupakan langkah paling penting dalam siklus akuntansi.