Ketika kita membuat sebuah dokumen terkadang kita ingin menggunakan note didalam semua halaman, untuk lebih memudahkan dalam mengatur note maka di dalam setiap versi microsoft office dari 2007 hingga 2019 dilengkapi dengan fitur Footnotes dan juga Endnotes.

Footnote muncul di bagian bawah halaman dan Endnote datang di akhir dokumen. Footnote biasa nya di tandai Angka atau symbol kecil, pada Footnotes atau Endnote cocok dengan tanda referensi dalam dokumen. Fitur Footnote dan Endnote telah lama dalam aplikasi Microsoft office word ini, selain di microsoft word fitur ini juga tersedia diaplikasi lain seperti WPS, LibreOffice, dan masih banyak lainya.

Footnote dan Endnote biasanya bisa kalian lihat atau temui pada website wikipedia.org atau sejenis wiki yang lain, ini memudahkan para wikipediawan untuk melihat darimana sumber yang didapatkan untuk artikel dalam wikipedia ini dan juga bagian mana yang disunting yang menggunakan sumber tersebut. jadi transparasi dalam wikipedia memang sangat dijunjung tinggi.

Dalam artikel ini kita akan mengatur footnote dan endnote dalam microsoft office 2010, untuk penggunaan dan letak fiturnya di versi lain microsoft office hampir sama. kalian tinggal menyesuaikan saja nama pada mircosoft office kalian dan jangan lupa untuk mengaturnya dulu kedalam bahasa inggris agar tidak rancu saat mengikuti tutorial ini.

  • Klik di mana Anda ingin merujuk ke Footnote atau Endnote.
  • Pada tab References, pilih Insert Footnote atau Insert Endnote.
  • Pada tab References pilih Inser FootNote
  • Masukkan apa yang Anda inginkan di FootNote atau Endnote.
Artike Lainnya  Penyebab casing komputer bisa nyetrum dan cara mengatasinya

Untuk kembali ke tempat footnote anda dalam dokumen adalah dengan cara mengklik dua kali angka atau simbol di awal catatan.

mengatur footnote dan endnote

Nah mudah bukan cara untuk mengatur footnote dan endnotes pada microsoft office word ini. dengan menyertakan note maka kita akan lebih mudah untuk memahami sebuah dokumen yang ada. seperti yang ada di wikipedia jadi kita lebih mudah melihat darimana referensi yang digunakan serta dibagian mana dokumen tersebut yang menggunakan referensi karena sudah ditandai.