Meskipun Windows 10 hadir dengan beragam fitur yang menarik, namun tetap saja masih banyak pengguna yang menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasi mereka.

Banyak pengguna yang beranggapan bahwa OS Windows 7 ini sangat mudah dioperasikan, namun pada awal tahun 2020 lalu, microsoft telah memutuskanbuat mengakhiri dukungan kepada OS Windows 7.

Hal ini berdampak ketika kalian mengalami sebuah permasalahan baru pada OS Windows 7, maka dengan terpaksa kalian harus memperbaikinya sendiri atau bisa juga ke service komputer.

Jika membahas mengenai OS Windows 7, tentu banyak sekali permasalahan yang kalian jumpai pada sistem operasi ini dikarenakan microsoft telah mengakhiri semua. Di antaranya yang sering adalah masalah booting pada Windows atau tidak bisa masuk Windows.

Tidak sedikit pengguna yang sering mengalami permasalahan booting pada Windows. Contohnya seperti Windows gagal booting, blue screen.

Artikel kali ini, saya akan berbagai solusi bagaimana cara mengatasi Windows error recovery pada OS Windows 7, Namun sebelum itu ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan munculnya Windows error recovery ini

Penyebab Windows Error Recovery

Umumnya Windows error recovery ini muncul ketika Anda mematikan komputer secara paksa, hal tersebut memang sering dialami oleh pengguna komputer, termasuk saya. Namun ketika dilakukan booting ulang menuju ke Windows, tetapi notif eror tersebut muncul terus.

Jika hal terjadi, kemungkinan permasalahannya disebabkan oleh beberapa faktor, Seperti contoh berikut ini.

  1. Data system corrupt, Tentu saja data sistem yang mengalami corrupt, dapat menjadikan proses masuk windows terganggu. Hal ini dikarenakan ada file yang hilang.
  2. Perangkat mati secara tiba-tiba, Ketika mematikan komputer dengan paksa atau tidak sesuai prosedur . Maka di saat melakukan restart ulang perangkat, halaman Windows Error Recovery akan muncul.
  3. File BCD hilang, Banyak pengguna yang tidak mengetahui, bahwa salah satu penyebab umum dari kesalahan ini adalah BCD yang hilang atau rusak. Hal ini bisa jadi dikarenakan pada kesalahan format disk, listrik mati.
  4. Kesalahan pada harddisk, Atau mungkin munculnya Windows Error Recovery ini disebabkan oleh harddisk yang trouble, contohnya kerusakan pada harddisk atau kabel data/sata yang kurang masuk.
  5. Virus, Akibat virus ini juga dapat membuat permasalahan terjadi, karena tidak hanya data system saja yang terjangkit virus. Virus ini mampu merusak semua data yang ada pada komputer kalian, sehingga proses booting mengalami kendala.
Artike Lainnya  Memperbaiki Google Chrome tidak bisa dibuka

Cara memperbaiki windows error recovery pada OS windows 7

Terdapat beberapa cara yang dapat kalian lakukan sendiri untuk mengatasi masalah windows error recovery ini. Dengan menjalankan startup repair, system restore, dan yang terakhir install ulang Windows 7.

Ikuti langkah-langkah berikut, agar permasalahan dapat teratasi dengan cepat :

  • Pilih Start Windows Normally
  • Start Windows Normally
  • Mengatasi Windows error recovery menggunakan opsi Start Windows Normally.

Ketika Anda melihat halaman yang bertuliskan “Windows Error Recovery” tersebut, yang perlu Anda lakukan adalah memilih dan tekan opsi Start Windows Normally.

Jika metode ini berjalan dengan baik, maka dapat dipastikan masalah ini muncul dikarenakan Anda mematikan Windows tidak benar. Seperti yang pernah saya alami sendiri, ketika mematikan perangkat secara paksaan atau tidak sesuai prosedur.

Pertama, nyalakan perangkat komputer atau laptop kalian. Kemudian, pada saat menu “Windows Error Recovery” muncul > pilih Start Windows Normally. Tunggu proses hingga masuk windows.

  1. Menjalankan Startup Repair
  2. Launch Startup Repair Windows 7
  3. Mengatasi Windows error recovery menggunakan startup repair.

Apabila cara sebelumnya tidak memberikan hasil yang maksimal, silakan kalian bisa jalankan Startup Repair. Dengan cara menjalankan opsi ini kemungkinan besar dapat mengatasi permasalahan yang terjadi pada Windows 7.

Termasuk Windows Error Recovery. Ikuti cara berikut ini :

  • Pertama, tekan tombol Power untuk menghidupkan perangkat.
  • Setelah muncul menu Windows Error Recovery > pilih Launch Startup Repair (recommended).
  • Tunggu proses system melakukan pemindaian dan perbaikan.
  • Setelah itu ikuti instruksi yang ada pada layar > klik Finish kemudian restart perangkat.
  • Selesai.