Cara membuat Google Form dimulai dengan membuka Forms.google.com lalu pilih pertanyaan dan harus ikuti petunjuk selanjutnya untuk menyelesaikan. Tautan Google Form dapat dibagikan secara daring.

Google Formulir atau Google Form adalah layanan untuk membuat dan menyebarkan formulir secara daring sehingga mudah dan praktis digunakan. Langkah pembuatannya cukup mudah dan hanya perlu internet dan ponsel atau komputer.

Mengisi formulir merupakan kegiatan yang sering dilakukan sehari-hari. Hampir setiap orang pasti pernah mengisi formulir. Seiring waktu berkembangnya teknologi,sekarang ini formulir kini tersedia dalam bentuk digital dan dapat dibuat sekaligus disebarkan secara daring atau online Dengan demikian, cakupan orang-orang yang mengisi formulir pun juga akan semakin luas dan respon yang didapat menjadi semakin banyak.

Salah satu penyedia fitur pembuatan formulir adalah Google. Melalui Google Form, pengguna dapat membuat formulir digital secara daring. Kemudahan pembuatan formulir digital tersebut membawa banyak manfaat. Para akademisi yang sedang melakukan penelitian dapat mendapatkan lebih banyak responden tanpa repot mencari di wilayah tertentu. Perusahaan yang mengadakan survei kepuasan pelanggan juga dapat menggunakan Google Form untuk mencakup atau menjangkauan pelanggan yang lebih baik.

layanan Google Form ini tidak dipungut biaya apapun jika di bandingkan dengan formulir konvensional yg masih menggunakan kertas dan tenaga untuk menyebarkan formulir atau informasi.google Form lebih unggul karena murah, cepat dan mudah untuk di gunakan. Google Form juga bisa Untuk diedit, jadi pembuat formulir dapat memastikan dan cek ulang sebelum menyimpan dan menyebarluaskan.

Simak cara membuat membuat Google Formulir berikut:

  1. Buka Google Form dalam situs Forms.google.com
  2. Klik bagian Blank dengan simbol +.
  3. Formulir baru akan terbuka.
  4. Tambahkan judul dan deskripsi formulir.
  5. Selanjutnya, pengguna dapat menambahkan pertanyaan dan jawaban
  6. Pilih beberapa jenis jawaban yang disediakan. Opsinya adalah tulisan, pilihan ganda (multiple choices), kotak centang (checkboxes), skala linear (linear scale) dan sebagainya
  7. Jika sudah selesai klik tombol send bagian kanan atas untuk mendapatkan tautan
  8. Google Form selesai di buat.tautan dapat di bagikan untuk mendapatkan respon pada orang yang di bagi tautan tersebut.
Artike Lainnya  Lindungi File PowerPoint Anda Dengan Cara Ini

Kita telah sampai pada akhir artikel , jika anda suka artikel seperti ini mohon tinggalkan komentar dan saran. Anda juga bisa membaca artikel lainya di www.excellentcom.id

Terima kasih telah membaca postingan ini , semoga yang sedikit ini bisa menjadikan manfaat bagi temen-temen semua agar pekerjaan atau tugas tugasnya dapat berjalan dengan lancar dan lebih produktif.