Tahukah kalian jika command promt di os windows baik di laptop maupun dikomputer dapat mempercepat koneksi internet yang sedang kita gunakan ? nah pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana caranya mempercepat koneksi yang lambat dengan menggunakan command promt. Fungsi Command Prompt secara umumnya adalah sebagai program komputer, bisa untuk mengecek aktivasi windows, mengecekcek jaringan internet, dan mengetahui aktivitas yang terjadi di dalam komputer maupun laptop.

Nah, ternyata dengan menggunakan perintah-perintah tertentu, kalian bisa menaikan kecepatan internet menjadi lebih lebih cepat dibandingkan dengan sebelumnya. Bagaimana caranya ? berikut adalah ulasannya.

  • Buka Command Prompt

Hal yang pertama harus dilakaukan tentunya membuka Command prompt, terdapat dua cara untuk membukanya. Cara pertama adalah menggunakan kolom “search” dan yang kedua menggunakan fitur “Run”. Jika ingin menggunakan fitur “search”, kalian tinggal buka Menu, kemudian kalian akan melihat kotak “Serach” dan ketikkan “CMD”, selanjutnya tekan enter. Nantinya akan diarahkan ke program CMD.

Pada fitur “Run”, caranya pun cukup mudah. Kalian bisa gunakan kombinasi tombol “Windows + R“, nantinya akan muncul jendela popup “Run“. Selanjutnya kalian ketik “CMD” pada kolom tersebut, maka program Command Promt akan terbuka.

  • Cek Kecepatan Internet

Jika sudah masuk ke Command Prompt di windows, yang harus dilakukan pertama adalah cek terlebih dahulu kecepatan internet yang berhasil dicapai oleh komputer atau laptop. Cara mengetahuinya adalah dengan mengetik perintah “ipconfig/all” pada Command Prompt lalu tekan enter. Kamu akan menemukan berbagai macam informasi yang berhubungan dengan jaringan internet yang digunakan. Di bagian ini lihatlah pada “Default gateway”. Pada bagian tersebut kalian harus mencatat alamat IP nya.

Artike Lainnya  Cara membuat file zip dengan winrar

Jika kalian sudah mencatat alamat IP-nya, selanjutnya adalah ping alamat IP tersebut secara terus menerus denan diakhiri “-t”. Contohnya seperti perintah berikut “ping (spasi) alamat IP (spasi)-t”. Maka kalian akan melihat berbagai periode waktu dari paket yang dierima. Coba perhatikan pada bagian “time”. Semakin kecil waktu “time”-nya maka akan semakin cepat pula internet yang diterima.

  • Lepas Alamat IP yang Dibatasi

Untuk perangkat yang terkoneksi ke sebuah internet, biasanya ada bagian alamat IP yang dibatasi pada perangkat tersebut. Umumnya kecepatan akan dibatasi untuk IP yang telah digunakan. Maka dari itu, di bagian ini kita akan mengganti alamat IP lama dengan alamat IP yang baru. Untuk cara mengubahnya cukup dengan ketik perintah “ipconfig/renew”. Tunggu sebentar hingga proses selesai.

  • Hapus DNS

Sebagian sistem operasi serta DNS secara otomatis biasanya berjalan untuk menyimpan alamat IP dan penelusuran DNS. Hal ini terjadi agar panggilan pada nama host yang mirip bisa dilakukan dengan cepat. Oleh karena itu, kalian harus membersihkan hasil-hasil simpanan tadi agar koneksi dengan server yang diinginkan bisa berjalan dengan baik.

Jika tidak dibersihkan, maka koneksi internet akan menjadi lambat kembali. Untuk membersihkannya bisa dengan mengetik “ipconfig/flushdns”. Kemudian tunggu beberapa saat hingga muncul kalimat “Successfully flushed”.

  • Gunakan Netsh

Cara terakhir adalah menggunakan Netsh. Pada nets ini terdapat dua macam perintah yang bisa dilakukan. Pertama adalah “netsh interface tcp set global autotuning=disable” dan untuk perintah yang kedua, hanya mengganti bagian “set global autotuning-disable” menjadi “set heuristics disabled”. Kalian bisa menggunakan cara yang mana saja dari kedua perintah tersebut. Jika kalian menggunakan kedua kata perintah tersebut, tunggu hingga muncul kata “OK”.

Artike Lainnya  Cara mengecek slot RAM Laptop yang tersedia

Selanjutnya, cek lagi koneksi pada bagian default gateway. Caranya adalah dengan kembali mengetik “ping”, apabila semua metode tadi sudah berhasil dijalankan dengan benar maka koneksi internet tentunya akan berubah menjadi lebih cepat.

Itulah tips mempercepat koneksi internet windows dengan CMD, semoga dengan adanya artikel ini, bisa memberikan manfaat bagi para pembaca. Terimakasih.