Masih banyak orang yang mengira bahwa laptop dan notebook adalah penyebutan satu produk yang sama (disebut laptop atau bisa juga disebut notebook). Meskipun terlihat sama, tentunya kedua perangkat portable ini sangatlah berbeda.

Jika Anda salah satu orang yang menganggap bahwa laptop dan notebook itu sama, maka Anda perlu mengetahui apa saja yang membedakan laptop dengan notebook dibawah ini :

  • Ukuran Layar

Perbedaan pertama yang paling mencolok antara kedua perangkat adalah ukuran layar. Laptop memiliki ukuran layar yang lebih besar dari notebook, yaitu lebih dari 18 inci. Sedangkan notebook memiliki ukuran layar yang lebih kecil dari laptop, yaitu kurang dari 18 inci dan biasanya berkisar antara 13 hingga 18 inci.

  • Tempat DVD ROM

Perbedaan kedua yang sangat mencolok antara kedua perangkat ini adalah notebook tidak memiliki perangkat DVD ROM untuk membaca kaset CD atau DVD.

Jika membutuhkan DVD ROM untuk menunjang pekerjaan, Anda bisa membeli DVD ROM eksternal untuk notebook. Jadi, masalah ini dapat diselesaikan dan notebook Anda dapat membaca kaset CD atau DVD.

  • Perbedaan Bobot

Perbedaan berikutnya antara laptop dan notebook adalah dari segi bobot masing-masing perangkat. Laptop memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan notebook, yaitu berada pada kisaran 3 hingga 5 kg. Sedangkan bobot dari notebook sendiri lebih ringan dari laptop, yaitu kisaran 1 hingga 2 kg.

  • Perbedaan Kapasitas RAM

Perbedaan selanjutnya antara laptop dengan notebook adalah dari ukuran RAM. Sama seperti sebelumnya, laptop harus memiliki kapasitas RAM yang lebih besar dari notebook. Kapasitas RAM ini untuk menunjang kinerja laptop. Sementara itu, notebook hanya dilengkapi dengan RAM yang lebih kecil dari laptop.

Artike Lainnya  Tips memilih Harddisk internal laptop yang baik

Walaupun untuk saat ini hal tersebut sudah tidak berpengaruh lagi, karena seiring berjalannya waktu, banyak notebook keluaran terbaru saat ini memiliki RAM berkapasitas besar.

Selain memiliki kapasitas RAM yang besar, notebook keluaran terbaru juga sudah mendukung upgrading RAM, sehingga pengguna dapat memiliki lebih banyak kapasitas RAM pada perangkatnya. Namun jika diperhatikan kembali, beberapa laptop pada dasarnya sudah memiliki kemampuan yang sama, tergantung dari jenisnya.

  • Daya Tahan Baterai

Perbedaan terakhir antara laptop dengan notebook adalah dalam hal daya tahan baterai. Secara umum, notebook memiliki daya tahan baterai yang begitu kuat dan tahan lama. Hal ini jika dibandingkan dengan laptop yang hanya memiliki daya tahan baterai tidak begitu kuat dan tidak tahan lama.

Namun, hal tersebut dapat dipengaruhi juga oleh penggunaan daya pada masing-masing perangkat. Dengan menambah wawasan dan pengetahuan tersebut, tentunya Anda jadi tahu perbedaan notebook dengan laptop yang selama ini Anda anggap sama.

Semoga wawasan di atas dapat membantu Anda ketika mempertimbangkan produk mana yang akan Anda beli, dan disesuaikan juga dengan kebutuhan pribadi Anda.