Setiap orang pasti mengenal atau tau kata fotografi dan fotografer, kata fotografi dan fotografer tidak asing bagi setiap kalangan .Banyak orang yang beranggapan bahwa fotografi dan fotografer sama.Banyak kalangan awam yang ingin mengetahui mengenai perbedaan antara pengertian fotografer dan fotografi. Salah satunya adalah pertanyaan mengenai apakah semua orang yang memegang kamera disebut sebagai fotografer?

Penegertian Fotografi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), fotografi adalah seni dan hasil dari proses cahaya dan gambar pada permukaan film atau permukaan yang dibuat peka. Di sisi lain, situ wikipedia mengemukakan bahwa fotografi berasal dari bahasa inggris Photography. Uniknya, kata photography ternyata juga diambil dari bahasa lain.

Bahasa yang dimaksud ialah bahasa Yunani. Photos artinya cahaya, sedangkan Grafo berarti menulis. Sehingga, fotografi disini bisa diartikan sebagai proses menulis dengan menggunakan cahaya sebagai ‘tintanya’. Dalam definisi modern, fotografi dimaknai sebagai proses mengambil gambar dengan cara merekam objek dengan cara menangkap pantulan cahaya yang dipantulkan dari objek tersebut.

Fotografer yang bernama Elliot Erwitt beliau mengungkapkan  pendapat tentang pengertian fotografi. Beliau mengungkapkan bahwa fotografi adalah sebuah seni observasi. Yaitu tentang dimana menemukan suatu hal yang menyenangkan ditempat biasanya. Menurut beliau, hal tersebut tidak akan ada hubungannya dengan hal-hal yang kamu lihat dan semua cara itu harus dilakukan dengan kamu melihat mereka.

Artike Lainnya  4 Pertimbangan keamanan cyber untuk perusahaan SAAS tahun 2021

Seperti apa yang dikatakan oleh Ansel Adams tentang pengertian fotografi. Ansel Adams mengatakan bahwa fotografi merupakan media berkespresi dan komunikasi yang cukup kuat, dapat menawarkan berbagai persepsi, interprestasi dan eksekusi yang tidak terbatas.

Beda lagi dengan fotografer terkenal indonesia, Yudhi Soerjoatmodjo. Bagi dirinya, fotografi adalah alat untuk berdialog serta media komunikasi. Fotografi, menurutnya juga bisa ditilik dengan kacamata dokumentasi, informasi dan tentu saja, seni.

Dari beberapa teori diatas kita bisa mengambil jalan tengah. Bahwa fotografi adalah aktivitas membekukan kenyataan melalui perangkat kamera, yang hasilnya bisa dimaknai dan dinikmati oleh manusia yang lain.Dalam Fotografi terdapat banyak aliran antara lain fotografi pemandangan atau landscape, humanis, fotografi model, fotografi makro dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pengertian Fotografer

Setelah kita bahas apa itu fotografi, sekarang giliran fotografer. Apakah fotografer adalah orang yang mengambil gambar? Ternyata tidak semudah itu . Pengertian Fotografer jauh lebih ‘kaya’ dari sekedar seorang pemotret saja.

Fotografer adalah seorang profesional atau penghobi yang dengan konsentrasi tingkat tinggi mengobservasi suatu objek dengan dalam. Dari observasi inilah dia menghasilkan satu karya visual dengan nilai ekonomi yang tinggi. Nilai ekonomi ini diukur tidak hanya melalui sudut pandang saja. Oleh sebab itu, dimaklumi kalau fotografer  ini menghabiskan banyak waktu dalam memotret.

Pengertian fotografer profesional adalah orang yang bekerja dengan konsentrasi tinggi dan cenderung menjelajahi sesuatu secara mendalam. Sehingga gambar yang dihasilkan oleh fotografer profesional bisa memiliki harga jual yang tinggi karena tidak hanya melihat dari segi angle saja melainkan juga seni yang dihasilkan. Maka dari itu, fotografer profesional akan banyak menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkan angle yang pas agar hasil gambar bisa menciptakan seni yang luar biasa.

Artike Lainnya  Mengenal Macam-Macam Format File Foto

Sedangkan pengertian fotografer hobi, seperti halnya dengan namanya yaitu hobi. Fotografer hobi atau amatir merupakan orang yang hanya menyukai aktivitas fotografi namun tidak terlalu memperhatikan segi keseniannya. Pada umumnya, orang tersebut hanya terfokus hasil yang eye-catching dan subjek yang menarik saja. Pengertian fotografer ini juga dapat diartikan dari kegiatannya yang biasanya hanya akan terfokus untuk membagikan hasil gambar ke publik melalui sosial media tanpa memperdulikan hak cipta selain itu hanya menginginkan pengakuan dari orang lain saja. Melihat kedua kegiatan fotografer tersebut maka kita bisa melihat perbedaannya yang cukup signifikan. Sehingga pengertian fotografer tidak hanya dilihat dari pengertiannya saja melainkan juga kegiatan yang dilakukan di lapangan.

Intinya kembali kepada observasi. Pengamatan. Pada tingkat profesional dan penghobi, tentu beda tingkat bagaimana mereka memotret objeknya. Namun bisa dikatakan satu garis. Bila fotografer jurnalisme mendekati objeknya dengan berpikir bahwa Ia adalah mata dari pembaca, maka penghobi aka mendekati objek dengan rasa ingin tahu yang tinggi.

apakah sekarang sudah paham mengenai pengertian fotografer dan fotografi. Cukup mudah bukan mebedakannya keduanya. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih