Di setiap era perkembangan teknologi berbeda beda, temuan teknologi terbaru selalu menimbulkan perubahan yang sangat dahsyat seperti ditemukannya berbagai produk terbaru dan canggih yang mengubah gaya hidup dan kebiasaan sebelumnya. Kemajuan teknologi digital menghadirkan sebuah revolusi generasi ke-4 atau yang belakangan populer disebut dengan revolusi industri 4.0. revolusi industri keempat yang ditandai dengan panduan Cyber-Physical System serta Internet of Things (IoT). Hal itu berdampak pada pola perubahan dalam kehidupan manusia Dan revolusi industri 4.0 juga berpengaruh pada jalannya sistem perekonomian serta industri perusahaan.

Oleh karena itu, bagi perusahaan harus siap menghadapi tantangan tersebut dan Perusahaan harus memiliki strategi yang mampu melakukan transformasi dan inovasi baru jika ingin mempertahankan kesuksesan di tengah perubahan industri kali ini, Agar bisnis yang telah dibangun tidak tergilas oleh zaman dan terhambat perkembangannya. Karena revolusi industri 4.0 ini merupakan fenomena yang mutlak dan tidak dapat dihindari. Lantas Apa saja yang harus dilakukan perusahaan dalam menghadapi revolusi industry 4.0? berikut ulasannya:

  • Perbaiki Alur Barang dan Material

Perbaikan alur barang dan material merupakan upaya yang dicanangkan pemerintah untuk membantu perusahaan di Indonesia. Hal ini merupakan untuk meningkatkan Produksi lokal dari sektor hulu dan menengah yang dibarengi dengan peningkatan kapasitas dan percepatan adopsi teknologi. Dan diharapkan dapat memacu sumber daya alam Indonesia agar bernilai lebih tinggi.

  • Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia

Mungkin robot akan menggantikan pekerjaan manusia, tapi tidak terjadi di semua sector, karena robot belum mampu mengambil alih pekerjaan yang berhubungan dengan interaksi manusia dan juga pengetahuan. Oleh karena itu perusahaan perlu mempersiapkan sumber daya manusia yang andal agar tetap mencapai kesuksesan. Karyawan sebaiknya didorong untuk terus belajar dan meningkatkan pengetahuannya mengenai teknologi. SDM merupakan hal penting guna mencapai kesuksesan pelaksanaan. Hal ini pun didukung oleh pemerintah “Indonesia berencana untuk merombak kurikulum pendidikan dengan lebih menekankan pada Science, Technology, Engineering, the Arts, dan Mathematics (STEAM), serta meningkatkan kualitas sekolah kejuruan.

  • Penggunaan Tehnology Digital
Artike Lainnya  Lindungi File PowerPoint Anda Dengan Cara Ini

Seperti yang diharapkan pemerintah, perusahaan mampu menggunakan teknologi digital seperti Big Data, Autonomous Robots, Cybersecurity, Cloud, dan Augmented Reality. Ini sebagai perwujudan dari tiga solusi pintar dalam menghadapi revolusi industri 4.0, smart foundation, smart process, dan smart connectivity. Dengan membangun pondasi IT dan sistem konektivitas yang cerdas, maka akan sangat membantu untuk meningkatkan efisiensi kerja di dalam perusahaan. Bahkan dengan penerapan teknologi ini perusahaan pun akan mampu menghemat biaya sekitar 12-15%.

  • Harmonsasi Aturan Dan Kebijakan

Setiap perusahaan memiliki berbagai macam proses hingga akhirnya menghasilkan sebuah produk. Setiap proses bisnis masing-masing pasti memiliki aturan dan kebijakan, terkait barang dan jasa, karyawan, manajemen maupun pemangku jabatan. Diperlukan harmonisasi dalam pembuatan dan pengaplikasian aturan dan kebijakan tersebut agar tidak menjadi bumerang bagi perusahaan sendiri. Karena Harmonisasi aturan dan kebijakan merupakan langkah yang dapat mendukung daya saing industri dan memastikan koordinasi pembuat kebijakan yang erat antara kementerian dan lembaga terkait dengan pemerintah daerah. Cara ini diyakini, sangat berperan dalam menjaga perindustrian melaju dengan tepat di era industri 4.0.

  • Perluas Jaringan Bisnis

Upaya perluasan jaringan bisnis dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti membidik investor dalam negeri maupun investor asing dan konsumen. Cara memperluas jaringan bisnis di kalangan konsumen adalah dengan menyediakan produk yang berkualitas serta layanan yang memuaskan. Pencapaian kepuasan pelanggan, bukan tidak mungkin konsumen itu sendiri yang menjadi pembuka jalan perusahaan untuk dikenal oleh banyak pihak. Dibantu juga dengan melakukan promosi dan mendekatkan diri pada konsumen yang menjadi solusi paling ampuh untuk mempertahankan konsumen. Karena jika konsumen telah loyal pada perusahaan Anda, perubahan pola maupun metode konsumsi sebagai akibat revolusi industri pun tidak akan berpengaruh terlalu banyak terhadap mereka.