Era modern saat ini, perangkat elektronik terutama smartphone, PC, Laptop dan lainnya telah dibekali oleh kabel USB untuk mempermudah dalam data transfer, charging ataupun connect internet. Walaupun secara arti USB dapat didefinisikan sebagai Universal Serial Bus, akan tetapi USB sendiri mempunyai banyak sekali bentuk.

  • USB Type-A

jenis port usb fungsinya

USB tipe ini merupakan tipe USB yang paling sering ditemui pada saat ini, mau itu di PC ataupun laptop. Bukan hanya itu saja, beberapa perangkat keras konsol game seperti Playstation, XBOX dan konsol lain, masih mempunyai port USB Type-A untuk konektivitas. Secara bentuk, USB ini memiliki bentuk persegi panjang yang mempunyai dimensi yang lebar.

  • USB Type-B

jenis port usb fungsinya

USB type-B termasuk list USB yang jarang sekali didengar, tipe ini exist dan terkenal pada masanya. Ketika itu, USB ini digunakan khusus untuk penyambungkan printer dan scanner ke komputer. Namun, seiring perkembangan zaman USB ini sudah mulai mulai ditinggalan. Secara bentuk, USB ini memiliki bentuk persegi dan hampir menyerupai kabel LAN.

  • USB Type-C

USB_Type-C_(Aukey)

Seiring perkembangan zaman, tipe USB ini sering marak digunakan untuk pabrikan laptop/pc/ponsel menengah hingga keatas. Hal yang khas dari USB tipe ini adalah, dapat memindahkan data lebih cepat dibandingkan tipe USB lainnya. Secara bentuk, USB ini memiliki bentuk oval simetris yang dapat dicolokan maupun dalam posisi terbalik sekalipun.

  • Micro USB

micro_USB_(Super_User)

Selain USB Type-C, USB jenis micro sering digunakan untuk smartphone ataupun perangkat lainnya. Tidak ada ciri khas yang spesial untuk USB tipe ini. Namun, USB ini selalu menjadi alternatif untuk smartphone, apabila membeli USB Type-C dirasa sangat mahal. Secara bentuk, USB ini memiliki bentuk pipih yang lebar.

  • Mini USB

Mini_USB_(Shutterstock)

Micro USB termasuk USB yang masih sering dipakai untuk perangkat mobile yang cukup lawas hingga sekarang. Belakangan ini, Mini USB semakin sering dipakai mengingat ukuran USB yang tidak universal untuk semua perangkat. Secara bentuk, USB ini memiliki bentuk yang lebih kecil dari USB Type A dan B. Namun, memiliki ukuran yang jauh lebih tebal dibandingkan Micro.

  • Lightning USB

Lightning_(iDownloadBlog)

USB ini khusus digunakan untuk produk Apple saja. USB ini didesain khusus oleh Apple untuk menyambungkan perangkat keras mereka. Kabel ini akan memudahkan para Apple user untuk bertukar data atau kabel charge. Namun tak dapat dipungkiri, bahwa kabel ini juga akan menyulitkan orang terutama untuk pengguna yang ingin mencari power bank ataupun perangkat selain Apple.

Artike Lainnya  Fitur unggulan yang ada di teknologi NFC