Pada era modern sekarang banyak sekali perubahan dan inovasi yang sangat pesat terutama pada bidang teknologi dan informasi, Dengan pesatnya teknologi informasi, semakin banyak pula peluang untuk bekerja di bidang IT.pada saat ini menjadikan profesi IT sebagai kebutuhan yang cukup besar dari berbagai bidang industri sehingga tenaga kerja IT menjadi yang sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan.

Memang orang yang memiliki keahlian IT ini sangat dicari oleh perusahaan pada era ini, karena di setiap perusahaan pasti membutuhkan seorang IT. Namun, orang yang bergelut di dunia IT ini dituntut untuk selalu memperbarui ilmu dan pengetahuanya karena perkembangan teknologi yang sangat pesat itu tadi. Nah penasaran bukan keahlian IT yang paling banyak dicari sekarang ini apa saja? berikut ulasanya.

Software Developer

Yang keahlian IT paling dicari perusahaan yang pertama ada, software developer staff IT yang bertugas untuk melakukan riset, mendesain, megimplementasikan hingga menguji software dan sistem. Era dimana informasi teknologi sedang mengalami kemajuan pesat seperti saat ini, pekerjaan sebagai software developer tentu akan sangat dibutuhkan. Hampir semua perusahaan saat ini menggunakan sistem perangkat lunak. Hal inilah yang membuat seorang software developer bisa bekerja di berbagai industri seperti industri pariwisata, hiburan, kesehatan, media, atau ritel. Tantangan yang harus dihadapi oleh seorang software developer adalah deadline pekerjaan yang sangat banyak

Machine Learning Engineer

Ahli dalam bidang ini terdiri dari programer yang bakal mengembangkan kecerdasan buatan sehingga suatu sistem mesin mampu belajar serta menerapkan pengetahuan. Aneka bidang bisa memanfaatkan kemampuan mesin yang mampu belajar serta bekerja lebih baik.

Network and Information Security

Keamanan Informasi disuatu perusahaan menjadi sangat penting. Kelalaian dalam menjaga suatu informasi dapat berdampak buruk bagi kelangsungan suatu perusahaan. Dari situasi inilah akhirnya banyak perusahaan yang membutuhkan keahlian dalam bidang Keamanan Informasi yang sudah memiliki sertifikasi khusus seperti CISM (Certified Information Security Manager), CISA (Certified Information Systems Audit), CISSP (Certified Information Systems Security Professional), dan lain-lain.

Database Administrator

Database administrator bertugas untuk mendesain, memelihara, dan memperbaiki database organisasi. Mereka juga bertugas untuk membuat susunan tertentu supaya pengguna data mudah untuk mengakses. Untuk mengerjakan tugas, seorang database administrator sebaikanya familiar dengan bahasa yang sering dikenal dengan data manipulation dan memahami prinsip desain database.
Tidak semua pekerja IT harus berhadapan dengan komputer. Seorang database administrator akan lebih banyak kesempatan untuk bekerja dengan banyak orang dan banyak proyek. Tantangan yang dihadapi seorang database administrator adalah harus menjaga supaya database tidak rusak.

Information Security Analyst

Information security analyst bertugas untuk mengembangkan sistem keamanan untuk menjaga jaringan dan sistem perusahaan. Pekerjaan ini memberikan banyak kesempatan, karena teknologi yang berkembang akan memicu cyber crime juga berkembang. Pekerjaan ini menuntut untuk selalu up to date dengan metode-metode serangan cyber dan mengembangkan metode lain untuk memerangi hal tersebut

 IT Support

Untuk jenis pekerjaan ini, dibutuhkan keahlian umum terkait software, networking, dan PC troubleshooting. Sehingga dalam lingkup pekerjaan ini, seorang IT Support dituntut untuk bisa mengetahui dasar semua bidang serta divisi IT yang berkaitan dengan teknis perbaikan dan penanganan.

System Manager

Bertugas sebagai perencana, koordinator, dan mengarahkan jenis teknologi yang apa yang bisa digunakan, yang sesuai dengan aktivitas perusahaan. Posisi menejer termasuk posisi atas yang memungkinkan anda untuk mengatur perusahaan secara menyeluruh. Layaknya semua posisi menejer, jabatan level atas biasanya akan memakan waktu lebih banyak, menuntut Anda untuk lembur misalnya

Business Intelligence

Profesi ini menjadi salah satu kebutuhan utama dalam melakukan analisis pengolahan data di suatu perusahaan atau organisasi. Untuk memenuhi kebutuhan akan data dari berbagai sumber data yang dimiliki, maka dibutuhkan tampilan multidimensi untuk ditampilkan dalam suatu panel kontrol (Dashboard) untuk keperluan metode pengolahan data. Beberapa metode pendukung konsep Business Intelligence (BI) yang harus dikuasi oleh BI developer yaitu data mining, text mining, Online Analytical Processing (OLAP), Business Performance Management, Master Data Management, predictive analytic, semantic analytic, dan sebagainya. Biasanya pengembangan produk BI digunakan oleh Analis Data (Data Analyst).

Network Architect

Yang terakhir keahlian IT yang paling dicari oleh perusahaan ada network architect, mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan jaringan, seperti mendesain, membangun dan menguji jaringan komunikasi. Seorang network architect sangat dibutuhkan banyak tempat, karena saat ini banyak institusi yang menambahkan fasilitas seperti wifi di kantor. Menjadi seorang network architect membutuhkan perjalanan yang panjang karena pada umumnya perusahaan akan mencari kandidat yang sudah memiliki sertifikat

Nah itu tadi keahlian IT yang paling banyak dicari hingga saat ini. Anda hanya mengenal dimana keahlian Anda dalam dunia IT ini, dan teruslah untuk belajar guna menunjang suatu pekerjaan Anda.