Ketika kalian akan merakit sebuah pc gaming atau perangkat komputer yang dikhususkan atau diseting sedemikian rupa untuk kebutuhan gaming atau bermain maka salah satu komponen yang harus diperhatikan ketika merakit akan power supply karena psu ini bertindak sebagai sebuah jantung dalam pc ketika psu yang digunakan tidak bisa menghasikan daya yang sesuai maka akan mengurangi performa dari perangkat pc yang lain, untuk itu silahkan simak artikel berikut ini beberapa rekomendasi psu untuk gaming.

  • Apa itu Power Supply?

Power Supply Unit (atau PSU) mengubah AC utama menjadi daya DC yang diatur bertegangan rendah untuk komponen internal komputer. Komputer pribadi modern secara universal menggunakan power supply mode switched. Beberapa power supply memiliki saklar manual untuk memilih tegangan input, sementara yang lain secara otomatis beradaptasi dengan tegangan listrik.

Sebagian besar power supply komputer pribadi desktop modern sesuai dengan spesifikasi ATX, yang mencakup faktor bentuk dan toleransi tegangan. Sementara power supply ATX terhubung ke power supply, ia selalu memberikan tegangan 5 Volt siaga (5VSB) sehingga fungsi siaga pada komputer dan periferal tertentu diaktifkan. Power supply ATX dinyalakan dan dimatikan oleh sinyal dari motherboard. Mereka juga memberikan sinyal ke motherboard untuk menunjukkan kapan tegangan DC dalam spesifikasi, sehingga komputer dapat dengan aman dinyalakan dan boot. Standar ATX PSU terbaru adalah versi 2.31 pada pertengahan 2008.

  • Apakah Fungsi PSU

Power supply komputer desktop mengubah arus bolak-balik dari stop kontak listrik ke arus listrik bertegangan rendah untuk mengoperasikan prosesor dan perangkat periferal. Diperlukan beberapa voltase arus searah, dan voltase tersebut harus diatur dengan akurasi untuk memberikan operasi komputer yang stabil. Rel power supply atau rel tegangan mengacu pada satu tegangan yang disediakan oleh Power Supply Unit (PSU).

Power supply komputer mungkin memiliki perlindungan hubung singkat, perlindungan overpower (kelebihan beban), perlindungan tegangan berlebih, perlindungan di bawah tegangan, perlindungan arus berlebih, dan perlindungan suhu berlebih.

Artike Lainnya  Pemrograman Arduino : Jenis Perulangan

Power supply yang dirancang untuk penggunaan di seluruh dunia pernah dilengkapi dengan sakelar pemilih voltase input yang memungkinkan pengguna untuk mengonfigurasikan unit untuk digunakan pada jaringan listrik lokal. Pada rentang tegangan yang lebih rendah, sekitar 115 V, sakelar ini dihidupkan untuk mengubah penyearah tegangan jaringan listrik menjadi pengganda tegangan dalam desain sirkuit delon. Akibatnya, kapasitor filter primer besar di belakang penyearah itu dibagi menjadi dua kapasitor yang dihubungkan secara seri, diimbangi dengan resistor pemeras dan varistor yang diperlukan dalam kisaran tegangan input atas, sekitar 230 V. Menghubungkan unit yang dikonfigurasikan untuk kisaran yang lebih rendah ke jaringan tegangan tinggi biasanya mengakibatkan kerusakan permanen langsung. Ketika koreksi faktor daya (PFC) diperlukan, kapasitor filter tersebut diganti dengan yang berkapasitas lebih tinggi, bersama dengan kumparan yang dipasang secara seri untuk menunda arus masuk. Ini adalah desain sederhana dari PFC pasif.

PFC aktif lebih kompleks dan dapat mencapai PF lebih tinggi, hingga 99%. Sirkuit PFC aktif pertama baru saja menunda lonjakan. Yang lebih baru berfungsi sebagai konverter step-up yang dikontrol oleh kondisi input dan output, memasok kapasitor filter 400 V tunggal dari sumber input jangkauan luas, biasanya antara 80 dan 240 V. Sirkuit PFC yang lebih baru juga menggantikan arus lonjakan arus berbasis-NTC limiter, yang merupakan bagian mahal yang sebelumnya terletak di sebelah sekering.

Berikut Rekomendasi PSU untuk kebutuhan PC Gaming :

A. EVGA SERIES

  • EVGA SuperNOVA G3

power supply terbaik evga g3

PSU EVGA SuperNOVA G3. Memiliki sertifikasi 80 Plus Gold untuk efisiensi-nya yang tinggi, ditambah dengan fitur-fitur lain, seperti fully modular cables, kapasitor berkualitas tinggi brand Japanese. SuperNOVA G3 juga didukung oleh ECO Intelligent Thermal Control System, yang mampu mengurangi kerja kipas sehingga tidak membuat PSU terdengar bising ketika digunakan.

  • EVGA BQ Series

evga bq

PSU EVGA BQ Series memiliki harga cukup terjangkau di kelasnya, meskipun dengan lebih murah EVGA BQ Series menawarkan beberapa fitur yang canggih di dalamnya, sebut saja semi modular cables serta sertifikasi 80 Plus Bronze dengan efisiensi 85%, membuat performa dari PSU ini tetap kencang tanpa mengeluarkan suara berisik, juga memiliki heavy-duty protections, seperti OVP (Over Voltage Protection), UVP (Under Voltage Protection), OCP (Over Current Protection), OPP (Over Power Protection), and SCP (Short Circuit Protection).

  • EVGA SuperNOVA P2

evga p2

PSU ini memiliki sertifikasi 80 Plus Platinum dengan efisiensi 92% dalam penggunaannya yang mempunyai fitur-fitur yang hampir sama dengan SuperNOVA G3, seperti fully modular cables, 100% Japanese Capacitors serta ECO Intelligent Thermal Control System. Akan tetapi SuperNOVA P2 juga dilengkapi dengan tombol on/off untuk fitur ECO.

Artike Lainnya  Rekomendasi keyboard dan mouser terbaik 2020

B. CORSAIR SERIES

  • Corsair AX Series

corsair ax1200i

Kemudian rekomendasi psu untuk gaming selanjutnya adalah dari Corsair AX Series adalah brand paling unggul di kelasnya, Corsair AX Series memiliki sertifikasi 80 Plus Platinum yang dapat memberikan efisiensi yang tinggi mencapai 92%. Sehingga, Anda bisa merasakan performa tinggi dari komputer tanpa ada gangguan, seperti panas dan bising serta PSU ini juga memiliki fitur fully-modular cables yang dapat memudahkan Anda untuk merapihkan penggunaan kabel di dalam komputer. Corsair AX Series juga dilengkapi dengan Corsair Link yang bisa membantu Anda untuk memonitor kecepatan fan serta penggunaan daya listrik oleh komputer.

  • Corsair RM Series

 Corsair SF Series

Corsair RM Series, PSU berkualitas namun mempunyai kemampuan yang canggih, memiliki sertifikasi 80 Plus Gold serta dibekali beberapa fitur canggih, seperti fully modular cable serta kapasitor dan transformer yang canggih dan tidak bising, selain itu juga dilengkapi dengan fitur menarik lainnya yaitu Zero RPM Fan Mode yang mampu mengurangi putaran fan ketika dalam kondisi normal serta meningkatkan putaran fan ketika dalam kondisi panas tanpa mengeluarkan suara yang berisik.

Corsair RM Series juga sudah menggunakan Corsair Link, jadi Anda bisa terus memonitor penggunaan daya listrik serta kecepatan fan di dalam komputer Anda.

  • Corsair SF Series

corsair sf600

Corsair SF Series tersedia dengan dua sertifikasi yang berbeda yaitu 80 Plus Gold dan Platinum sehingga PSU ini memiliki efisiensi yang sangat tinggi dan untuk meningkatkan performa, Corsair SF Series ini dilengkapi dengan fitur seperti Zero RPM Fan Mode, 100% All Japanese 105°C Capacitor serta fully modular cables.

  • Corsair CX Series

Corsair CX Series memiliki harganya yang cukup kompeten, memiliki sertifikasi 80 Plus Bronze dengan dua modular yang berbeda, yakni fixed modular cables dan semi-full modular cables, juga memiliki beberapa fitur yang bermanfaat seperti design fan berukuran 120mm yang membuat operasi dari PSU ini tidak berisik.

Artike Lainnya  Cara memperbaiki layar laptop gelap setengah

C. SEASONIC SERIES

  • Seasonic Focus Series

Seasonic Focus Series merupakan PSU paling canggih dan berkualitas yang dikeluarkan oleh brand Seasonic yang tersedia dalam dua sertifikasi, yakni 80 Plus Platinum dan Gold. Jadi, PSU ini memilikie efisiensi mencapai 90% dan memiliki fitur fully modular cables, PSU ini juga menghadirkan fitur baru yaitu Hybrid Silent Fan Control yang berfungsi untuk mengatur penggunaan fan melalui fan control button di PSU, sehingga komputer dapat mencapai performa optimalnya dalam keadaan senyap atau dingin.

  • Seasonic S12II

Seasonic S12II

Seasonic S12II bisa menjadi pilihan alternatif yang tepat untuk anda karena dengan daya watt yang lebih kecil. PSU yang memiliki sertifikasi 80 Plus Bronze, sehingga PSU ini memiliki efisiensi penggunaan tenaga mencapai 85%. PSU ini juga didukung oleh fitur Active Power Factor Correction yang mampu menekan energi listrik yang terbuang bisa menghemat biaya penggunaan listrik di rumah Anda. Selain itu juga memiliki beberapa fitur menarik seperti Double Forward Converter, Smart and Silent Fan Control (S2FC) serta penggunaan kapasitor terbaik brand Japanese.

D. THERMALTAKE SERIES

  • Thermaltake Smart RGB

thermaltake smart pro rgb

Pionir PSU yang menggunakan fan berwarna-warni, Thermaltake Smart RGB nggak hanya tampil ciamik dengan design-nya PSU ini juga mempunyai performa yang mumpuni di kelasnya yang memiliki sertifikasi 80 Plus Bronze ini dilengkapi dengan beberapa komponen berkualitas, mulai dari lampu RGB yang membuat komputer Anda menjadi menarik, ada juga fitur lain seperti fully modular cables, the Smart Zero Fan serta kapasitor berkualitas brand Japanese.

itulah dia beberapa rekomendasi psu utuk kebutuhan pc gaming yang kami rekomendasikan untuk digunakan ketika kalian merakit sebuah pc gaming. silahkan pilih sesauikan dengan kebutuhan dan juga sesuaikan dengan budget kantong anda agar ketika merakit sebuah pc gaming tetap memiliki performa yang baik dan juga kantong dompet anda tetap terisi.