MikroTik adalah aplikasi Router yang dikembangkan oleh MikroTikls SIA, yang berada di Latvia, sebuah negara kecil Utara Benua Eropa. Selain aplikasi, MikroTikls SIA juga mengembangkan hardware, yaitu MikroTik RouterBoard yang terintegrasi dengan software MikroTik, yaitu MikroTik RouterOS. Jumlah penggunaan MikroTik di dunia semakin bertambah yang menjadikan kebutuhan akan tenaga profesional yang memahami MikroTik juga semakin bertambah. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dibentuklah MikroTik Training Academy. Yang merupakan sebuah program pelatihan khusus untuk para pengguna MikroTik dengan standard dan sertifikasi internasional, sehingga dapat diakui di seluruh dunia. Sertifikasi ini menjadi tolak ukur kemampuan seseorang dalam menggunakan perangkat dan OS dari MikroTik. Saat ini MikroTik memiliki 6 sertifikasi engineer dan 2 sertifikasi trainer.

  • MTCNA (MikroTik Certified Network Associate)

Belajar-Mikrotik-Training-MTCNA

Sertifikasi paling dasar pada MikroTik. Sertifikat ini mempelajari dasar-dasar mulai dari cara masuk ke mikrotik hingga konfigurasi seperti wireless dan routing. Pada sertifikasi ini mempelajari semua modul MikroTik mulai dari routing, wireless, traffic control, bahkan sampai hotspot namun hanya dasarnya.

  • MTCRE (MikroTik Certifed Routing Engineer)

Belajar-Mikrotik-Training-MTCRE

MTCRE adalah training dan sertifikasi MikroTik tingkat selanjutnya setelah mendapatkan MTCNA. Pada dasarnya produk MikroTik adalah router yang berarti fungsinya melakukan routing sehingga MTCRE ini sangat wajib diperoleh untuk memahami lebih lanjut tentang kegunaan utama router itu sendiri yaitu routing. Pada sertifikasi MTCRE ini mempelajari tentang Routing baik statis maupun dinamis, mulai dari teori dasar hingga diimplementasikan pada skala jaringan yang besar, konfigurasi dan troubleshoot protokol jaringan OSPF serta konfigurasi dan troubleshoot VPN.

  • MTCWE (MikroTik Certified Wireless Engineer)

Belajar-Mikrotik-Training-MTCWE

MTCWE merupakan sertifikasi yang diberikan kepada orang yang telah menguasai ilmu jaringan nirkabel dengan vendor MikroTik. Walaupun pada MTCNA terdapat materi wireless namun pada MTCWE ini materi wireless lebih dijabarkan secara khusus dan lebih tinggi lagi. Selain itu pada MTCWE juga mempelajari fitur yang hanya terdapat di MikroTik yaitu Nstream.

  • MTCTCE (MikroTik Certified Traffic Control Engineer)

Belajar-Mikrotik-Training-MTCTCE

MTCTCE merupakan sertifikasi MikroTik yang berhubungan dengan pengaturan lalu lintas bandwidth dan keamanan. Di sini akan mempelajari lebih dalam tentang packet flow diagram, fitur firewall, QoS, Web Proxy, dan beberapa fitur lain untuk manajemen trafik. Untuk mengikuti sertifikasi ini, terlebih dahulu harus lulus sertifikasi MTCNA.

  • MTCUME (MikroTik Certified User Management Engineer)

Belajar-Mikrotik-Training-MTCUME

MTCUME merupakan sertifikasi MikroTik yang berhubungan dengan fitur khusus manajemen user di MikroTik, Hotspot dan Tunneling dan hubungannya dengan radius server. Tunneling yang dipelajari lebih mendalam mulai dari PPP, PPTP, L2TP, sampai IPSec.

  • MTCIPv6E (MikroTik Certified IPv6 Engineer)

Belajar-Mikrotik-Training-MTCIPv6E

MTCIPv6E merupakan training dan sertifikasi yang bertujuan agar peserta paham akan protol IPv6 dan dapat mengimplementasikan IPv6 pada jaringannya. Materi yang dipelajari meliputi IPv6 Packet, IPv6 Security, Transition Mechanism, dan Interoperability. Isu keterbatasan alamat pada IPv4 membuat sertifikasi ini sangat diperlukan untuk migrasi ke IPv6.

  • MTCINE (MikroTik Certified Inter-Networking Engineer)

Belajar-Mikrotik-Training-MTCINE

MTCINEsaat ini merupakan sertifikasi yang paling tinggi tingkatannya. Untuk mengikuti sertifikasi ini harus memiliki sertifikasi MTCRE yang aktif. Materi yang akan dipelajari secara khusus pada sertifikasi MTCINE ini adalah BGP, MPLS, dan juga Traffic Engineering.

  • MTCSE (MikroTik Certified Security Engineer)

Belajar-Mikrotik-Training-MTCSE

MTCSE adalah Sertifikasi tingkat mahir dari MikroTik yang membahas tentang implementasi Security pada MikroTik RouterOS. Mulai dari Common threats, Firewall, OSI Layers Attack, Cryptography, Securing Router dan Secure Tunnels.

Artike Lainnya  Kode error printer canon mp-287 beserta solusinya