Mungkin kalian mengela jenis mousepad komputer hanya ada 1 tetapi nyatanya ada banyak. karena mousepad mungkin tidak untuk semua orang memperhatikan barang ini sebagai sesuatu yang penting. Namun untuk seorang gamer professional yang memerlukan performa yang sempurna saat bertanding, mousepad menjadi salah satu benda yang berpengaruh. Dibawah ini kita bahas jenis-jenis mousepad dari sisi bahan yang digunakan, jenis kegunaannya, dan dari segi ukuran mousepad.

Berdasarkan Bahan Yang digunakan

A. Mousepad jenis Clothpad

jenis mousepad komputer

Secara fisik clothpad adalah mousepad yang menggunakan surface kain untuk permukaan mousepadnya, tentu saja karakter yang diberikan mousepad cloth akan berbeda dengan hardpad. Mousepad cloth juga menawarkan permukaan yang keset untuk menyajikan movement yang lebih lambat namun terkontrol.

Setiap clothpad mempunyai umur yang berbeda-beda, ada yang berumur 1 bulan dan kemudian sudah hilang kemampuan untuk ngeremnya ada juga yang umurnya bisa sampai 3 bulan.Banyak atlit e-sports yang suka berganti mousepad setiap 2 bulan sekali untuk menjaga performa in-game mereka.  Clothpad lebih disukai oleh FPS player untuk control aim yang lebih baik.

Contoh clothpad dipasaran: 

  • Steelseries QCK
  • Logitech G240
  • Zowie GSR

B. Mousepad jenis Hardpad

mousepad-jenis-hardpad

Hardpad sangat berbeda dengan clothpad selain dari bahan, hardpad juga menyajikan movement yang lebih cepat dengan bahan yang lebih keras. Beberapa hardpad biasanya terbuat dari permukaan Polycarbonate yang sangat awet untuk jangka panjang. Hardpad akan sangat berguna dibandingkan clothpad karena punya daya tahan yang lama dan juga hardpad punya daya ngerem yang lebih konsisten apabila kita ingin mengerakan mouse, tentunya hal ini akan menguntungkan apabila kalian suka gonta ganti clothpad. Hardpad sangat disukai oleh atlit e-sports yang membutuhkan movement yang cepat dan tentunya bisa dipakai dalam jangka panjang, seperti genre MOBA dan RTS.

Artike Lainnya  Membuat Pengeluaran dan Penghasilan Spreadsheets di Microsoft Excel

Contoh hardpad dipasaran:

  • Xiaomi MIIIW Mousepad
  • Logitech G440
  • Glorious Helios

Berdasarkan Tipe Permukaannya

Mousepad sangat berpengaruh terhadap pergerakan mouse dan pembacaan sensor mouse terhadap pergerakan. Maka dari itu mousepad dibuat menjadi 2 jenis yaitu mousepad control dan mousepad speed. Hal ini ditujukan untuk para pemain e-sport yang secara umum ada 2 jenis e-sport yang populer yaitu FPS dan MOBA. Masing-masing pemain memiliki kebiasaan yang berbeda saat menggerakkan mouse dan memiliki kebutuhan yang berbeda pula. Untuk pemain MOBA tidak memerlukan akurasi yang tinggi, namun memerlukan pergerakan mouse yang cepat sehingga kebanyakan pemain MOBA menggunakan tipe Mousepad Speed.

Sedangkan untuk pemain FPS, pergerakan mouse tidak perlu cepat namun harus presisi karena mouse digunakan untuk menggerakan pointer yang diarahkan pada musuh untuk ditembak. Maka dari itu biasanya pemain FPS akan memilih untuk menggunakan mousepad dengan tipe Control. Perbedaan tipe permukaan dari kedua mousepad ialah untuk tipe speed memiliki permukaan yang licin, sedangkan untuk tipe control akan memiliki tekstur yang meningkatkan akurasi sensor dalam membaca pergerakan mouse.

A. Mousepad Tipe Speed

jenis mousepad komputer

C. Mousepad Tipe Control

jenis mousepad komputer

Berdasarkan Ukuran

Jenis mousepad pada komputer juga bisa dibedakan berdasarkan ukuranya. Karena tidak hanya baju atau celana, mousepad juga memiliki ukuran. Ukuran mousepad juga biasanya disesuaikan dengan kebiasaan penggunanya. Dari ukuran Small, Medium, Large, dan XXL atau Extended Mousepad. Untuk ukuran Small biasanya digunakan oleh pengguna yang memiliki space meja yang kecil sehingga tidak lagi memungkinkan untuk menggerakkan mouse secara luas. Untuk ukuran medium, merupakan ukuran standar yang disesuaikan dengan lebar pergerakan mouse kebanyakan orang. Untuk ukuran Large, biasanya digunakan oleh pemain FPS yang menggunakan sensitifitas mouse dengan DPI yang kecil.

Artike Lainnya  Kode error printer canon mp-287 beserta solusinya

Saat kita menggunakan DPI kecil maka pergerakan mouse akan lebih lebar karena kursor akan bergerak lebih sedikit dibandingkan dengan DPI tinggi dengan pergerakan mouse yang sama. Sehingga biasanya mouse membutuhkan space yang luas agar kursor dapat mencapai setiap sisi layar. Sedangkan untuk ukuran XXL atau yang biasa kita sebut dengan extended mouspad, biasa digunakan untuk para pecinta setup yang rapi, karena dengan menggunakan extended mousepad, keyboard kita juga mendapat alas sehingga meja akan terlihat lebih rapi.