Memory Card atau kartu memori merupakan sebuah alat (card) yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data digital (seperti gambar, audio dan video) pada sebuah gadget seperti kamera digital, PDA dan Handphone. Ukuran dari karu memori ini bermacam-macam mulai dari 128 MB sampai 128 GB, bahkan sekarang bisa lebih sampai 1 TB. Meski kini sejumlah perangkat telah disematkan memori internal yang besar, memory card masih menjadi pilihan pengguna untuk mengekspansi ruang penyimpanan yang ada. Untuk dapat membaca memory card di komputer diperlukan Card Reader. Kalan bisa membelinya ditoko-toko komputer terdekat. Memory card kini memiliki ukuran yang lebih ringkas dan beragam dengan kapasitas serta fungsinya masing-masing. Berikut ini merupakan jenis-jenis memory card:

1. Memory Stick

Jenis jenis memory card yang pertama adalah Memory Stick merupakan memory card yang diperkenalkan oleh SONY dan dipatenkan untuk alat-alat elektronik keluarannya. Hampir semua kamera buatan SONY menggunakan memory stick sebagai media penyimpanannya. Bentuknya sangat kecil dan memiliki proses transfer yang cukup cepat.

  • Memory Stick Pro dan Memory Stick Duo
    Merupakan generasi kedua Memory Stick dengan kecepatan dan kapasitas penyimpanan yang meningkat.
  • Memory Stick Micro M2
    Memory Stick Micro (M2) menawarkan penyimpanan data yang lebih besar, saat ini telah mencapai ukuran 8GB.

2. Multimedia Card (MMC)

Multimedia Card (MMC) merupakan kartu memori standar, bentuknya lebih besar dari Memory Stick dan dapat dipergunakan pada slot SD Card.

  • RS-MMC ( Reduced Size Multimedia Card)
    Merupakan MMC generasi selanjutnya dengan ukuran lebih kecil, dapat digunakan pada slot MMC maupun SD Card dengan menggunakan sebuah adapter.
Artike Lainnya  Mengatasi tidak percaya diri (dalam islam)

3. Secure Digital Card (SD Card)

Bentuk SD Card seukuran dengan MMC dengan kecepatan transfer data yang lebih cepat. Banyak digunakan mulai dari handphone, kamera dan komputer. SD Card mempunyai switch yang berfungsi agar SD Card menjadi write protected.

  • Mini SD
    Ukurannya kira-kira setengan ukuran SD Card, dapat dimasukkan kedalam slot SD Card atau MMC dengan menggunakan sebuh Adapter.
  • Micro SD / TransFlash
    Ukurannya lebih kecil daripada Mini SD dan banyak digunakan pada handphone sekarang. Kapasitas penyimpana data bisa mencapai hingga 16 GB.
  • XD Card
    Dikembangkan oleh Olympus dan Fuji untuk produk-produk kamera keluarannya.

4. Compact Flash Card (CF Card)

Compact Flash Card (CF Card) merupakan kartu memori yang paling banyak digunakan pada kamera digital. Memiliki kecepatan transfer data yang paling cepat karena memori ini memiliki chip controller. Selain dapat meyimpan file multimedia juga dapat menyimpan file data lainnya seperti text dan sebagainya. Ada 2 ukuran dari CF Memory ini yaitu Compact Flash tipe I dan Compact Flash tipe II. CF II lebih tebal (kira-kira 5mm) dari CF I (kira-kira 3,3mm) dan mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar pula.

5. Smart Media Card

Besarnya hampir sama dengan Flash Card, dengan ketebalan yang lebih tipis. Kemampuannya tidak sebesar Flash Card, namun Smart Media juga dapat menyimpan berbagai macam bentuk file multimedia. Pada dasarnya kartu penyimpanan ini dibedakan dalam tiga jenis yakni SD Card, MiniSD, dan MicroSD. Ketiga tipe ini hanya dibedakan dalam bentuknya saja yang menyesuaikan tempat di dalam perangkat. Kemudian, ketiganya pun memiliki tipe lanjutan dengan embel-embel serupa yang termasuk SD, SDHC, dan SDXC. SDHC atau Secure Digital High Capacity dibuat untuk kapasitas penyimpanan berukuran 2GB sampai 32GB. Sementara SDXC atau Secure Digital eXtra Capacity dibuat dengan ruang penyimpanan lebih dari 32GB hingga kapasitas terbesar saat ini yaitu 2TB. Yang perlu diingat adalah, ketiga tipe tersebut harus disesuaikan dengan spesifikasi perangkat yang Anda miliki. Tentunya untuk perangkat yang lebih lama kemungkinan belum mendukung jenis SDXC. Sebaliknya, untuk perangkat terbaru bisa menggunakan ketiga jenis kartu penyimpanan tersebut, namun disarankan tetap menggunakan tipe SDXC untuk menyesuaikan performa perangkat yang Anda miliki

Artike Lainnya  Cara menghapus chromium di windows

Asosiasi SD juga pernah mengatakan bahwa pengguna harus mempertimbangkan kecepatan dari kartu penyimpanan yang akan mereka gunakan. Sebab, hal ini akan berdampak pada kualitas baik yang dihasilkan atau disimpan dalam perangkat nantinya, terutama pada foto dan video. Adapun klasifikasi kecepatan atau speed class dan kualitas yang dihasilkan dari SD Card sebagai berikut: Kelas 2 (2mb/s) – Kualitas Video Standar Kelas 4 (4mb/s) – kualitas Vdeo Standar Kelas 6 (6mb/s) – Kualitas HD Video Kelas 10 (10mb/s) – Kualitas Full HD Video

Pengguna juga harus mempertimbangkan Video Speed Class untuk memaksimalkan performa dari kartu penyimpanan tersebut, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perangkat, yakni sebagai berikut: Kelas 6 (6mb/s) – Vide Class 6 (V6) – Kualitas 720p/1080p dan beberapa video 4K Kelas 10 (10mb/s) – Video Class 10 (V10) – Kualitas Video 720p/1080p/4K Kelas 10 (10mb/s) – Video Class 30 (V30) – Kualitas Video 1080p/4K @60/120 fps Kelas 10 (10mb/s) – Video Class 60 (V60) – Kualitas Video 8K @60/120 fps Kelas 10 (10mb/s) – Video Class 90 (V90) – Kualitas Video 8K @60/120 fps Semakin tinggi kelas yang digunakan, maka semakin baik pula gambar, grafis dan video yang dihasilkan dari perangkat, baik itu smartphone, kamera, perekam video, ataupun konsol game seperti Nintendo Switch. Yang terpenting adalah pastikan SD Card digunakan sesuai dengan spesifikasi perangkat mulai dari bentuk, tipe, serta kegunaan yang membutuhkan speed class. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Jenis jenis memory card tersebut sampai sekarang masih digunakan untuk berbagai kebutuhan perangkat yang kita gunakan dalam sehari hari. dan memory card tersebut juga harganya bervariasi tergantung ukuran memory tersebut.

Artike Lainnya  10 Tips berjualan online di sosial media untuk memulai bisnis kecilmu