Dengan berkembanganya teknologi saat ini perlengkapan rumah tangga khususnya instalasi kelistrikan menjadi salah satu yang diperhatikan. Karena sibuknya manusia terkadang membuat lalai di dalam memanajemen penggunaan listrik selama sebulan entah lupa mematikan AC, pompa air, lampu dan sebagainya. Oleh karenanya beberapa produk perlengkapan rumah tangga khususnya instalasi kelistrikan sudah dipadukakan atau dikombinasi dengan IoT (Internet of Thing) agar konsumen bisa memanajemen kebutuhan listrik dari barang-barang elektronik secara otomatis, mudah dan efisien, produk ini bisa disebut SmartHome.

Teknologi Smart Home mulai banyak diproduksi oleh beberapa perusahaan terkenal, khusus instalasi kelistrikan perusahaan tersebut membuat produk Smart socket plug dimana alat ini terhubung dengan ponsel kita sehingga ketika lupa mematikan secara manual kita bisa mematikan barang elektronik kita dengan lewat aplikasi yang sudah di sediakan pada ponsel. Adapun beberapa produk itu bisa dilihat di bawah ini;

  • Bardi Smart Portable Plug 16 A- WEM

Smart Home yang Pertama kita bahas ini dalam situs resminya merupakan SmartHome buatan Indonesia berupa steker pintar yang bisa kita hhidup matikan memalui aplikasi ponsel. Kapasitas Arus yang disediakan hingga 16 A tegangan 220 v dan Steker ini mempunyai keamanan berupa child safety dimana anak tidak dapat menusuk masuk socket serta dilengkapi fitur grounding standar Eropa. Ukuran Steker ini sangat minimalis sehingga tidak akan menghalangi posisi lubang dan mudah dalam pemasangannya.

jadikan rumah anda sebagai smart home

  • TP-Link Mini Smart Wi-Fi Socket Tapo 100

Kalau kita mendengar kata TP-Link pasti kita langsung mengingat wifi yang ada dirumah, akan tetapi TP-Link juga tidak mau ketinggalan mengembangkan teknologi SmartHome yang diberi nama Tapo 100. Tapo 100 juga merupakan steker pintar yang mempunyai beberapa fitur pendukungan mulai dari bisa di kontrol menggunakan SmartPhone sampai ada fitur Away Mode dimana ketika tidak sedang di rumah Tapo 100 akan secara otomatis membuat seakan-akan ada orang di rumah dengan mengontrol lampu teras supaya menyala pada umumnya waktu sehingga orang lain berfikir bahwa ada orang di dalam rumah. Kapasitas Arusnya sampai 10 A dan bekerja pada tegangan 220 v serta ukuran alat ini mepunyai dimensi 51 x 72 x 40 mm.

tplink.png

  • Samsung SmartThings Wifi Smart plug

Siapa yang tidak kenal dengan brand yang satu ini, hampir semua barang elektronik sudah dikuasi brand Samsung tapi tidak disangka Samsung meluncurkan alat smarthome juga yang diberi nama SmartThings Wifi Smart Plug. Alat ini sudah dilengkapi voice control melalui Google Assistant, Amazon Alexa dan Bixby sehingga dengan mengucapkan perintah dengan suara sudah langsung terkoneksi dengan alat ini. Kekurangan terlihat dari bentuk socket yang tidak seperti socket Eu yang ada di Indonesia, sehingga butuh socket khusus tersendiri. Dimensi alat ini 68 x 38 x 53 mm dengan maksimal daya 1800 W.

samsung.PNG

  • Xiaomi Mi Smart plug

Terakhir brand dari Xiomi juga tidak mau ketinggalan mengeluarkan produk SmartHome yang diberi nama Mi Smart Plug, model Stekernya mirip dengan SmartThings Wifi Smart Plug nya Samsung yaitu bentuk socketnya tidak seperti yang dipakai umumnya di Indonesia sehingga perlu socket khusus. Dimensi steker pintar ini 55 x 43 x 30 lebih kecil dibanding brand Samsung. Kapasitas Arusnya sampai 15 A dengan Tegangan 220 V.

Xiaomi.jpeg

Itulah dia beberpa perangkat IoT yang dapat menjadikan rumah anda sebagi smarthome yang dapat dikontrol kapan saja dimana saja dengan catatan seluruh device yang ada terkoneksi dengan internet, dengan hadirnya internet dan perangkat IoT kita dapat mengelola berbagai perangkat rumah kita dengan lebih mudah dan nyaman.