Dalam artikel kali ini kami akan membahasa cara install codeigniter 4 dengan cara manual. komposer serta git yang mudah dipahami. Codeigniter 4 adalah sebuah kerangka kerja atau framework yang dibuat dari bahasa pemrograman PHP. karena Codeigniter ini memang mudah dipelajari dan mudah digunakan serta sangat membantu banyak sekali pekerjaan daripad membuatnya secara navite. walaupun codeigniter lebih terkenal tetapi ada juga framework selain Codeigniter yakni Laravel, tetapi Laravel ini biasanya digunakan untuk keperluan project yang lebih advance.

Ada tiga cara untuk menginstal atau mengunduh Codeigniter 4. sehingga Anda dapat mengikuti langkah kami di bawah ini.

  • Install secara Manual

jika Anda ingin menginstal atau mengunduhnya secara manual maka Anda dapat pergi ke situs web resmi dan mengunduhnya. untuk mengunduhnya kamu dapat mengklik link berikut ini dari website resminya: https://codeigniter.com/download

  • Install dengan Komposer

Jika Anda ingin menginstal atau mengunduh menggunakan komposer maka pertama-tama perlu versi PHP 7+ untuk pemasangan Codeigniter terbaru dan memerlukan komposer karena versi PHP 7.x.x kebawah kurang mendukung atau kompatibel dengan versi Codeigniter 4 ini.

Unduh komposer dan instal komposer. ikuti URL di bawah ini untuk Anda dapat mengunduh komposer https://getcomposer.org/

Setelah komposer instalasi, buka cmd dan periksa perintah di bawah ini untuk komposer diinstal atau tidak.

“composer”

Artike Lainnya  Para pemenang kejuaraan Dota 2 : The International

Buka direktori folder www atau htdocs Anda dan jalankan perintah instalasi Codeigniter berikut ini.

“composer create-project codeigniter4/appstarter myFirstProject -s rc”

Perintah di atas berjalan setelah Codeigniter 4 versi terbaru berhasil diinstal.

  • Install dengan Git

jika Anda ingin menginstal atau mengunduh menggunakan Git. maka Anda dapat menginstal atau mengunduh menggunakan repositori git. tetapi pastikan terlebih dahulu sistem operasi kalian mendukung perintah git ini karena git sendiri haruslah terinstall di sistem komputer kamu, yang pertama harus install git. untuk windows kamu bisa mendownloadnya di https://git-scm.com/  , untuk linux dengan keturunan debian maka ketikan “sudo apt install git”  tanpa tanda kutip dan biarkan prosesnya selesai. setelah selesai install git silahkan ketikan baris perintah dibawah ini.
“git remote add upstream https://github.com/codeigniter4/CodeIgniter4.git