Jika kalian sedang belajar untuk menggunakan Microsoft Excel tidak ada salahnya untuk belajar salah satu fiturnya yakni Macro. Makro adalah aturan atau pola yang menentukan bagaimana urutan masukan tertentu (sering urutan karakter) harus dipetakan ke urutan input pengganti (juga sering urutan karakter) sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Proses pemetaan yang instantiates (transformasi) penggunaan makro menjadi urutan tertentu dikenal sebagai ekspansi makro. Sebuah fasilitas untuk menulis makro dapat diberikan sebagai bagian dari aplikasi perangkat lunak atau sebagai bagian dari bahasa pemrograman. Dalam kasus yang pertama, macro digunakan untuk membuat tugas-tugas menggunakan aplikasi kurang berulang-ulang. Dalam kasus terakhir, mereka adalah alat yang memungkinkan programmer untuk memungkinkan penggunaan kembali kode atau bahkan merancang bahasa domain-spesifik.

Sebuah instruksi Makro adalah garis program komputer coding yang menghasilkan satu atau lebih baris program coding dalam bahasa target pemrograman, menetapkan variabel untuk digunakan oleh pernyataan lainnya, dll. Pada pertengahan 1950-an, ketika pemrograman bahasa assembly ini biasa digunakan untuk menulis program untuk komputer digital, penggunaan instruksi makro dimulai untuk dua tujuan utama: untuk mengurangi jumlah program coding yang harus ditulis dengan menghasilkan beberapa pernyataan bahasa assembly dari satu instruksi makro dan untuk menegakkan standar penulisan program misalnya menentukan input / perintah dengan cara standar output.

Artike Lainnya  Cara ampuh mengatasi startup windows yang gagal

Macro digunakan untuk membuat urutan instruksi komputasi tersedia bagi programmer sebagai pernyataan program tunggal, membuat tugas pemrograman lebih membosankan dan kurang rentan terhadap kesalahan. Dengan demikian, mereka disebut “macro” karena besar blok kode dapat diperluas dari urutan kecil karakter. Macro sering membiarkan parameter posisi atau kata kunci yang mendikte apa program assembler bersyarat menghasilkan dan telah digunakan untuk membuat seluruh program atau program suite sesuai dengan variabel seperti sistem operasi, platform yang atau faktor lainnya. Istilah ini berasal dari “instruksi makro”, dan ekspansi tersebut awalnya digunakan dalam menghasilkan kode bahasa assembly. Nah, Untuk Pengenalan kita akan membuat Instruksi Makro dengan langkah langkah sebagai berikut (Office 2007) :

  • Klik Menu Bar View , Lalu Klik Macros

belajar macro microsoft excel

Didalam Menu Bar View ini kita diarahkan untuk mengklik icon macros dengan tampilan seperti di gambar, isikan macro name misalkan klik “NotaPenjualan” memungkinkan anda menggabungkan item teks, Pilihkan Pada All Open Workbooks. Kemudian Klik Create. Lalu kita akan diarahkan ke halaman baru “Microsoft Visual Basic”, lalu kita close Microsoft Visual Basic Tersebut Kembali ke Excel.

  • Klik Record Macros

belajar macro microsoft excel

Didalam menu macros kita klik tombol anak panah kebawah kita klik Record macros , selanjutnya kita isikan Macro Name nya, Shortcut Key ini ada dapat membuat pilihannya sendiri seperti Ctrl + Shift + T atau Ctrl + Shift +F ( sesuaikan dengan fungsi ), Selanjutnya pilih Store macro in This Workbook, lalu isikan Description sesuai dengan pilihan anda , dan yang terakhir klik tombol Ok.

  • Klik Use Relative References Lalu Buat Ikon Text

Saat kita mengklik Use Relative References Kita buat text nya dulu seperti contoh pada gambar sesuai selera anda, dapat ditambahkan dengan font atau ukuran font nya serta tambhakan Color pada Format cells, Kemudian jika sudah selesai kita klik Tombol Stop Recording pada menu macros.

  • Pindah Sheet selanjutnya Menggunakan Rumus Ctrl + Shift + T
Artike Lainnya  Yuk belajar rumus dasar Microsoft Excel

Langkah Selanjutnya adalah Klik pada sheet selanjutnya dengan menekan tombol keyboard Ctrl + Shift + T, lalu apakah bisa menggunakan rumus yang lain? Tidak bisa Karena kita sebelumnya sudah mensetting menggunakan record Macros maka, yang tampil adalah hasil settingan kita tadi. Anda dapat menggunakannya pada sheet sheet selanjutnya.

  • Save as

belajar macro microsoft excel

Langkah terakhir adalah kita jangan lupa save Dokumen yang telah kita buat, klik atau save as ke document atau yang lainnya sesuai yang anda inginkan file nya yang akan anda simpan. Buat File name nya serta save as type Excel Macro- Enable Workbook, lebih baik kita sesuakan format nya. Lalu klik save.

Begitulah Pengenalan awal belajar menggunakan Macro di Microsoft Excel Semoga Artikel ini bermanfaat untuk anda , Terima Kasih