Seiring berkembangnya zaman teknologi digital sekarang sudah sangat meluas, bahkan sampai pada pelosok-pelosok kampung. Sistem kerja birokrasi-birokrasi baik dari institusi pemerintah maupun institusi swasta hampir semuanya memanfaatkan teknologi digital. Prosedur dan syarat-syarat dokumen yang sebelumnya harus dicetak atau berupa hardfile sekarang cukup menggunakan softfile berformat PDF, JPG, PNG, dan lain sebagainya. Selain lebih mudah dalam proses pendataannya pengiriman document berupa softfile juga lebih mudah.

Akan tetapi ada beberapa orang awam juga yang masih kesulitan dalam mengirim atau meng upload dokumen-dokument untuk suatu prasyarat pelamaran pekerjaan atau pendaftaran masuk sekolah dan universitas. Mereka masih sering gagal ketika meng upload file-file seperti foto karena file foto yang mereka upload terlalu besar ukurannya, sementara ukuran file untuk diupload ke website biasanya selalu dibatasi untuk mengefisienkan penyimpanan dalam server serta banyak aspek lainnya. Maka dari itu disini penulis ingin membantu memberikan tips atau cara paling simpe meng-Compress (mengecilkan ukuran) foto dengan menggunakan aplikasi yang sudah akrab ditelinga masyarakat, yaitu Microsoft Power Point.

Microsoft Power Point selain fungsi utamanya untuk membuat dan menampilkan slide point-point penting untuk presentasi dan segala macamnya, salah satu fitur dalam aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan ukuran foto, atau meng-Compress foto yang berukuran besar dan berat menjadi lebih kecil dan ringan untuk di upload. Baiklah langsung saja kita simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Ms. Power point dan pilih tab menu Insert
Artike Lainnya  Cara menghapus virus malware pada laptop atau pc

kompres foto power point

  • Kemudian klik Picture pada pojok kiri atas urutan ke 2

  • Kemudian pilih foto yang akan di compress, pilih Insert

kompres foto power point

  • Ukuran file sebelum di Compress: 1,03 MB
  • Setelah foto masuk di Ms. Power Point, jangan lupa klik fotonya dan pilih menu tab Format / Picture tool yang berada di pojok kanan atas

  • Kemudian pilih Compress Pictures atau simbol yang terletak pada bagian kiri atas sebelah kanan Corection, seperti pada gambar.

  • Setelah itu akan muncul tab seperti pada gambar, kemudian settinglah seperti pada gambar, dan klik OK

  • Jika proses Compressing telah selesai klik kanan pada gambar dan pilih Save as Picture

kompres foto power point

  • Kemudian simpanlah di folder yang di inginkan, klik Save.

  • Selesai, foto berhasil di compress, lihatlah ukuran file sebelum dicompress: 1,03MB, setelah di Compress menjadi: 22,6KB, meskipun berubah ukurannya tetapi kwalitas fotonya tidak jauh berbeda dg sebelumnya.

kompres foto dengan power point

Demikianlah cara simpel Kompress foto dengan Power Point. Semoga bermanfaat, terima kasih.