Komponen-komponen yang ada pada komputer memiliki peran penting untuk menunjang kinerja sebuah komputer. Mulai dari CPU hingga ke monitor merupakan unit-unit yang saling berpengaruh agar komputer bisa berjalan dengan baik. Meskipun begitu, ada salah satu komponen komputer yang biasanya tidak begitu dikenal oleh sebagian orang, yakni Optical Drive. Apa itu Optical Drive?

Pengertian Optical Drive

Optical drive atau juga bisa disebut Optical Drive Disc (ODD) adalah salah satu bagian perangkat pada Disk Drive. Umumnya, ODD digunakan sebagai pembaca ataupun penulisan data CD ataupun DVD. Cara kerja dari ODD ini, terdapat pada sinar lasernya yang ada di spektrum. Sehingga CD ataupun DVD yang masuk ke dalam Disk drive dapat dibaca.

Saat awal pembuatannya ODD dibagi menjadi dua macam, yakni ODD yang digunakan khusus untuk pembacaan data atau istilahnya read saja. Dan satu lagi ODD yang digunakan khusus untuk melakukan penulisan data atau istilahnya burning. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman, ODD saat ini bisa melakukan kedua tugas tersebut, yakni melakukan pembacaan dan juga penulisan data pada sebuah CD ataupun DVD.

Fungsi Optical Drive

Jika sudah mengetahui pengertian maka selanjutnya fungsinya, selanjutnya mari kita bahas apa saja fungsi ODD itu sendiri pada Disk Drive.

  • Sebagai Alat Baca dan Menulis Data

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, jika fungsi utama dari ODD ini adalah untuk dapat membaca dan juga menulis sebuah data yang ada pada CD atau DVD. Hal itu bisa dilakukan karena bahan pembuatan ODD itu terbuat dari bahan polycarbonate. Dengan bahan tersebut, maka semua informasi dapat direkam pada CD atau DVD. Sedangkan agar bisa membaca informasi pada CD atau DVD, caranya bisa menggunakan sebuah laser yang memiliki intensitas yang rendah.

  • Rewrite Disc

Optical drive tidak hanya digunakan sebatas untuk membaca dan menulis datanya saja. Melalui perangkat ini, kita juga dapat menimpa data yang sudah ada pada CD atau DVD dengan data yang baru. Caranya adalah dengan “memanasi” titik CD atau DVD sebelumnya dengan data yang baru. Rewrite Disc sendiri hanya bisa dilakukan dengan catatan tidak ada kerusakan fisik pada CD atau DVD yang digunakan.

  • Instalasi Program

Selain fungsinya untuk membaca, menulis, dan juga menulis ulang data, fungsi lain dari perangkat keras komputer yang satu ini adalah bisa untuk menginstalasi suatu program. Program tersebut bisa bermacam-macam jenisnya. Bisa dengan instal Microsoft Office, instal Windows 10, dan berbagai macam software yang lainnya. Tidak jarang juga untuk instalasi sebuah game pun juga bisa dengan menggunakan disk drive. Selain itu juga, pada saat sistem operasi tidak berjalan pada komputer atau mengalami kerusakan, maka disk drive sangat diperlukan pada saat proses booting.

Artike Lainnya  Game Virtual Reality yang Murah dan Terbaik

Itulah beberapa fungsi dan pengertian dari optical drive atau dvd room, saat ini kegunaan dari optical drive memang sudah banyak yang tidak memerlukan, karena rata-rata file sekarang disimpan dalam cloud. Namun terkadang kegunaan dari optical drive sendiri masih diperlukan oleh sebagian orang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.