Kali ini kita akan membahas mengenai cara install woocommerce di wordpress multisite dengan Pertimbangan skenario ini – Anda memiliki satu domain yang ingin Anda gunakan untuk mengatur website beberapa toko online. Mungkin Anda tidak ingin pesanan dicampur, atau Anda memiliki orang yang berbeda mengelola jenis produk tertentu.Dalam kedua kasus tersebut, pengaturan multisite menggunakan WooCommerce mungkin menjadi solusinya. WordPress multisite memungkinkan Anda untuk mengatur jaringan situs web di bawah satu domain. Kemudian, dengan WooCommerce , Anda dapat mengubah semua situs web tersebut menjadi toko online individual. Ini adalah kombinasi yang kuat yang dapat memungkinkan Anda untuk memulai kerajaan e-commerce yang sederhana.

Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa situasi ketika install woocommerce di wordpress multisite untuk mengelola banyak toko. Kemudian kami akan mengajari Anda cara mengatur kombinasi itu di WordPress. Ayo mulai bekerja! Mengapa Anda Mungkin Ingin Menggunakan Multisite untuk Mengelola Banyak Toko WooCommerce Setiap kali Anda membuat situs web baru, Anda memerlukan setidaknya dua hal: nama domain dan paket hosting. Beberapa paket hosting memungkinkan Anda meluncurkan beberapa situs, semuanya membayar satu biaya.

Namun, jika Anda bekerja dengan beberapa situs web WordPress, itu masih melibatkan mengelola masing-masing situs secara terpisah. Anda perlu khawatir tentang informasi login yang terpisah, penyesuaian individual, pembaruan, dan lainnya. Ketika Anda menambahkan fungsionalitas e-commerce ke dalam campuran, segalanya menjadi lebih rumit. Setiap toko perlu melacak pesanan, pengguna, pembelian, dan sebagainya. Idealnya, jika Anda ingin menjalankan beberapa toko, Anda harus memiliki satu hub pusat yang memungkinkan Anda untuk mengakses dan memantau semuanya.

WordPress multisite dapat menjadi pilihan tepat dalam situasi itu, karena memungkinkan Anda untuk mengatur beberapa toko dengan satu instalasi. Pendekatan ini juga berfungsi jika Anda ingin membuat satu toko online, tetapi memecahnya menjadi beberapa kategori, masing-masing dengan katalog produk sendiri.

Namun perlu diingat – kita berbicara tentang menjalankan beberapa toko online menggunakan satu paket hosting web. Itu berarti penyedia mana pun yang Anda pilih harus cepat menyala , atau toko Anda tidak akan menawarkan pengalaman pelanggan sebaik mungkin.

Cara Mengatur WooCommerce di WordPress Multisite (Dalam 3 Langkah)

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengaktifkan multisite, untuk itu Anda memerlukan instalasi WordPress baru .

 1. Aktifkan WordPress Multisite

Beberapa host web memungkinkan Anda mengatur instalasi multisite saat Anda menginstal WordPress. Namun, dalam sebagian besar kasus, Anda harus mengaktifkan multisite secara manual.

Proses itu melibatkan pengeditan file inti WordPress secara manual. Untungnya, kami telah membahas langkah ini secara keseluruhan dalam tutorial sebelumnya . Lihat itu, dan setelah Anda memiliki jaringan multisite, Anda dapat mulai bekerja untuk menambahkan fungsionalitas e-commerce.

2. Instal WooCommerce

Untuk langkah selanjutnya, kami akan melanjutkan dan menganggap bahwa Anda telah menambahkan beberapa situs web ke jaringan Anda. Sejauh ini, setiap situs menggunakan instalasi WordPress yang bersih. Untuk menambahkan fungsionalitas e-commerce, Anda harus menggunakan plugins, yang berarti mengambil (Anda dapat menebaknya) WooCommerce .

Menambahkan plugin baru ke multisite berfungsi hampir sama dengan menginstal WordPress biasa. Satu-satunya perbedaan adalah Anda perlu menambahkan plugin di tingkat jaringan.

Setelah plugin dipasang untuk jaringan , Anda dapat memilih situs web mana yang akan diaktifkan. Namun, masing-masing situs web tidak dapat menginstal plugin yang tidak diatur untuk seluruh jaringan. Sebagai admin, ini adalah peran Anda untuk menginstal WooCommerce, jadi lanjutkan dan lakukan sekarang.

Meskipun multisite memungkinkan Anda untuk mengaktifkan plugin untuk seluruh jaringan, setiap situs masih menggunakan salinan individual dari plugin tersebut. Itu berarti Anda dapat mengonfigurasi pengaturan WooCommerce setiap situs secara berbeda, tergantung pada apa yang dibutuhkan.

3. Konfigurasikan WooCommerce

Untuk mengonfigurasi toko pertama dalam jaringan Anda, lompat ke salah satu situs yang Anda atur sebelumnya, yang dapat Anda akses dari Situs> Semua Situs .

Setelah Anda memasukkan salah satu dasbor toko Anda, Anda akan melihat opsi untuk menggunakan panduan onboarding WooCommerce. Kami sarankan untuk mengikutinya, karena itu membuat mengonfigurasi WooCommerce sederhana. Ketika toko Anda siap, Anda dapat menambahkan produk di Produk> tab Tambah Baru . Langkah ini bekerja persis sama dengan instalasi WooCommerce lainnya.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat ketika menggunakan WooCommerce dalam jaringan multisite:

  • Toko-toko dalam jaringan Anda tidak membagikan pendaftaran pengguna.
  • Mendaftarkan produk di satu situs tidak membuatnya tersedia untuk seluruh jaringan.
  • Anda hanya dapat memperbarui WooCommerce di tingkat jaringan.
  • Tidak setiap situs web di jaringan perlu mengaktifkan plugin WooCommerce.
  • Bagian terakhir itu berarti Anda dapat mengatur satu situs sebagai blog, untuk mengarahkan lalu lintas ke toko online Anda (hanya untuk memberikan satu contoh).
  • Akhirnya, jaringan multisite memiliki tema yang sama, jadi menggunakan tema multiguna biasanya merupakan pilihan terbaik. Dengan begitu, Anda memiliki opsi untuk menyesuaikan gaya setiap toko dalam jaringan Anda.

4. Kesimpulan

Bayangkan bisa mengelola beberapa toko online, semuanya menggunakan satu domain dan paket hosting. Jika itu terdengar seperti sesuatu yang mungkin membuat hidup Anda lebih mudah, yang Anda butuhkan adalah jaringan multisite WordPress yang menjalankan WooCommerce .

Menyiapkan jaringan multisite mudah, dan begitu pula menginstal WooCommerce . Lalu, itu hanya masalah menambahkan produk ke setiap toko dan memastikan Anda tidak kehilangan pesanan. Bagian terbaiknya adalah Anda dapat menyesuaikan setiap sub-toko sesuai keinginan Anda, karena mereka semua adalah entitas yang terpisah.

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang cara install woocommerce di wordpress multisite Tanyakan di bagian komentar di bawah!