Android saat ini merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan untuk smartphone. Mengingat Google berada di balik pengembangan Android, dan Google berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi penggunanya.

Ditambah Android adalah sistem operasi open source. Artinya memungkinkan setiap orang untuk memodifikasi dan mengembangkan aplikasi atau game di Android. Itu semua membuat pengguna semakin nyaman karena tersedia banyak pilihan aplikasi dan game.

Menjalankan aplikasi android tidak harus menggunakan hp android, kita bisa menjalankan aplikasi Android di PC atau di laptop dengan menginstal emulator untuk Android terlebih dahulu. Namun, ada banyak pilihan software emulator yang bisa Anda download dan instal ke PC atau laptop. Maka dari itu, dibawah ini adalah beberapa emulator Android dengan kelebihan dan kekurangannya.

  • BlueStack

Bluestacks adalah salah satu software yang sudah cukup lama di dunia emulator android. Bluestack mendukung banyak aplikasi untuk dijalankan di PC atau laptop Anda.

Jika Anda melakukan benchmark untuk menilai seberapa besar performa yang Anda dapatkan, ternyata bluestacks mendapatkan skor di atas smartphone sekelas flagship.

  • Nox Player

android emulator terbaik laptop

Emulator selanjutnya adalah Nox player. Emulator gratis ini banyak digunakan oleh para gamer Android untuk memainkan game favoritnya di PC atau laptop. Para gamers dapat bermain game dengan lancar tanpa hambatan karena Nox memiliki banyak sekali fiturnya.

Artike Lainnya  Rekomendasi Antivirus Terbaik untuk Android dan Tablet

Nox player juga menyediakan pilihan pengaturan yang sangat lengkap. Beberapa pengaturan tersebut adalah Anda dapat melihat jumlah penggunaan CPU, FPS, dan juga penggunaan RAM. Dengan begitu Anda dapat dengan mudah mengoptimalkan kembali Nox Anda.

  • MEmu

Memu adalah pilihan emulator android selanjutnya. Meski terdengar baru, namun untuk soal performa, kita tidak bisa memandang sebelah mata. Emulator ini mendapatkan skor yang fantastis untuk ukuran emulator android pendatang ketika dilakukan pengujian skor benchmark.

Selain itu, MEmu juga memberikan pilihan apakah akan menggunakan OS Android Kitkat atau OS Android Lollipop. MEmu juga mendukung berbagai jenis VGA seperti Intel HD, AMD, atau Nvidia.

  • Remix OS Player

Sebenarnya Remix OS kurang tepat disebut emulator karena Remix OS termasuk sistem operasi yang harus kita install pada partisi tertentu pada harddisk kita. Namun ada juga versi emulatornya yaitu Remix OS player.

Anda dapat menjalankan aplikasi di emulator dan bahkan emulator ini sudah dioptimalkan untuk menjalankan game android di PC atau laptop.

  • Amidu OS

android emulator terbaik laptop

Emulator ini dikembangkan oleh perusahaan teknologi di Amerika yaitu American Megatrends. Anda harus melakukan beberapoa persyaratan sebelum menginstal AmiduOS, seperti mengaktifkan Virtualisasi di Bios PC atau laptop Anda.

Berbeda dengan MEmu, Amidu OS hanya menyediakan opsi OS lollipop. Namun di dalamnya anda tidak akan menemukan google playstore, sebagai alternatif anda bisa menggunakan amazon app store, atau dari 9apps.

  • Windroye

Beberapa emulator android sangat berat dan membutuhkan spesifikasi PC atau laptop yang mumpuni, serta menghabiskan banyak sumber daya dan ruang. Namun, tidak untuk emulator ini, Windroye merupakan emulator OS android yang terkenal dengan bobotnya yang ringan.

Artike Lainnya  5 PHP Framework terpopuler di dunia

PC atau laptop Anda akan sedikit lebih cepat saat menjalankan aplikasi Android dengan emulator ini. Ketika instal Windroye, Anda akan dihadapkan dengan bahasa Cina, dan Anda harus mengubah bahasa ke bahasa Inggris secara manual.