Jika Anda adalah seseorang yang berani tampil beda, maka salah satu laptop Linux terbaik adalah cara sempurna untuk merangkul OS open source ini dengan faktor bentuk portabel. Linux adalah sistem operasi yang disukai oleh banyak konsumen, bisnis, dan pengembang. Ini mungkin tidak memiliki dukungan yang sama seperti sistem operasi utama lainnya, tetapi masih merupakan sistem operasi yang sangat mampu, belum lagi, gratis.

Setidaknya ada beberapa laptop di luar sana yang datang dengan Linux yang sudah diinstal sebelumnya, tetapi pilihan Anda juga terbatas. Faktanya adalah sebagian besar produsen komputer besar tidak membuat laptop dengan sisten operasi Linux. Dengan begitu keuntungannya adalah ada banyak ruang untuk perusahaan kecil, dan banyak di antaranya cukup bagus, beberapa opsi ada nama besar yang mendukung OS Linux, seperti pilihan Dell XPS 13, Acer Swift 3 dan merek lainnya sebagai berikut.

  • Terbaik Secara Keseluruhan: Dell XPS 13 Developer Edition

Dell XPS 13 sudah dianggap sebagai salah satu laptop terbaik di luar sana, dan fakta bahwa laptop ini tersedia dengan Linux juga menjadikannya pilihan utama bagi mereka yang menginginkan laptop bergaya, kuat, dan ringan dengan Linux.

  • Runner-Up, Keseluruhan Terbaik: Lenovo T490

Laptop terjangkau dan serbaguna dari Lenovo ini menyediakan semua fitur yang Anda inginkan dari laptop kelas menengah yang solid, apa pun OS yang Anda inginkan. Laptop dengan layar 14-inci dan berwarna matte hitam tipis ini beratnya hanya 3,4 Lbs dan tebalnya hanya 0,7 inci. Meskipun T490 memiliki body agak kecil, ia tetap menjadi laptop yang sangat kuat dan kokoh, diuji terhadap selusin pemeriksaan layanan tingkat militer untuk memastikan bahwa ia dapat bertahan bahkan dalam kondisi yang paling ekstrem sekalipun.

  • Royale Terbaik: Lenovo Thinkpad X1 Carbon

Anda tidak perlu membeli laptop yang sudah terinstal Linux. Atau, Anda dapat membeli laptop Windows dan menginstal Linux di dalamnya, meskipun kami merekomendasikannya hanya kepada mereka yang tahu apa yang mereka lakukan. Jika Anda hanya ingin membeli laptop Windows dan kemudian menginstal Linux di dalamnya, maka kami merekomendasikan Lenovo ThinkPad X1 Carbon. Mengapa? Jajaran laptop ThinkPad Lenovo dikenal bekerja cukup baik dengan Linux, ditambah lagi mereka dibuat seperti satu kerabat yang dapat bekerja bersama.

  • Apple Terbaik: Apple MacBook Air 13

Hanya karena laptop tidak dilengkapi dengan Linux yang sudah diinstal sebelumnya, itu tidak berarti Anda tidak dapat menginstal Linux sendiri di dalamnya. MacBook disukai karena desainnya yang hebat dan perangkat kerasnya yang kuat, dan ada banyak panduan di luar sana tentang cara menginstal Linux di MacBook Anda, meskipun itu adalah sesuatu yang kami sarankan hanya untuk mereka yang tahu apa yang mereka lakukan. Jika Anda tertarik dengan ini, kami merekomendasikan MacBook Air baru, yang dirancang dengan indah dan dilengkapi perangkat keras yang relatif kuat.

  • Desain Terbaik: Acer Swift 3

Laptop 14 inci yang ringkas dan serbaguna dari Acer ini menyediakan platform dan workstation Linux yang solid. Acer Swift 3 menawarkan konstruksi logam yang ramping dengan berat lebih dari 3 Lbs. dan memiliki tebal di bawah satu inci.

  • Serbaguna Terbaik: Lenovo E15

Iterasi terbaru dalam Lenovo Thinkpads E-series, laptop E15 15 inci adalah pilihan yang sangat baik, apa pun OS yang ingin Anda gunakan. Panel layar anti-silau FHD ditenagai oleh prosesor grafis Intel 620 UHD terintegrasi, dan meskipun panelnya terbatas pada 1080p, panel ini mampu mendukung monitor eksternal 4K.

Artike Lainnya  Jenis Jenis Memory Card yang perlu diketahui