Bagi pengguna Windows tentu tidak asing dengan istilah bluescreen. Baik dari versi Xp sampai Windows 10 pun mungkin kita akan melihat bluescreen. Masalah ini umumnya terjadi karena masalah tidak cocoknya hardware dengan sistem operasi.

Blue Screen of Death atau disingkat BSOD sebenarnya adalah mekanisme perlindungan yang mematikan fungsi sistem sebelum kerusakan lebih lanjut dapat terjadi. Banyak kali BSOD disebabkan oleh masalah driver perangkat keras dan reboot dapat menyelesaikannya. Sayangnya, itu tidak selalu terjadi dan pemecahan masalah tambahan diperlukan. Masalahnya adalah komputer akan reboot sebelum Anda dapat menuliskan pesan kesalahan dan mencari tahu apa yang salah.

Langkah pertama bila mengalami blue screen ini adalah memastikan apa yang sedang atau akan dilakukan sebelum keluarnya pesan error ini. Blue screen ini identik dengan adanya konflik pada hardware, hal ini menandakan adanya kerusakan pada hardware yang terpasang merupakan yang paling buruk, atau bisa jadi adanya masalah dengan driver hardware anda adalah yang paling baik.

Anda bisa saja mencatat kode error yang muncul di layar biru ini bila sempat, kadang Windows akan otomatis restart saat menemui masalah. BlueScreenView adalah program penyelamat anda, aplikasi ini memiliki kemampuan membaca file dump dari error Windows dan menampilkan informasinya secara jelas dan rapi. History crashnya sistem operasi Windows anda akan muncul disini, bila anda pilih salah satunya akan muncul detail dari blue screen dibagian bawah.

Artike Lainnya  Memperbaiki Touchpad Laptop Loncat - Loncat Karena Driver Error

Ketika Anda menjalankan BlueScreenView, scan untuk file minidump (biasanya C: \ Windows \ minidump) dibuat oleh crash dan menampilkan informasi.

File dump ditampilkan di panel atas dan dan di panel bawah itu menyoroti driver yang terlibat yang menyebabkan crash.

cek masalah bluescreen view

Klik dua kali pada driver untuk menampilkan tabel yang mudah dibaca yang menunjukkan berbagai properti kesalahan.

Akan muncul banyak file driver yang muncul. Anda hanya dapat menampilkan file driver yang terlibat.

Klik kanan pada salah satu file dump dan kirim ke Laporan HTML, yang akan berguna jika Anda perlu mengirim informasi ke teknisi. Kemampuan untuk menyimpan laporan juga bagus untuk mengidentifikasi masalah yang berulang.

Fitur lain yang rapi adalah Anda dapat memiliki kesalahan BSOD asli ditampilkan.

Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan untuk apa yang ingin Anda tampilkan.

cek masalah bluescreen view

Dengan adanya bluescreenview Anda tidak perlu panik cukup buka dan temukan penyebab masalah bluescreennya.