Lisensi secara umum dapat diartikan pemberian izin, hal ini termasuk dalam sebuah perjanjian. Definisi lain, pemberian izin dari pemilik barang/jasa kepada pihak yang menerima lisensi untuk menggunakan barang atau jasa yang dilisensikan. Lisensi atas hak kekayaan intelektual Salah satu jenis lisensi adalah lisensi atas hak intelektual, misalnya perangkat lunak komputer. Pemilik lisensi memberikan hak kepada pengguna untuk memakai dan menyalin sebuah perangkat lunak yang memiliki hak paten kedalam sebuah lisensi. Lisensi atas hak intelektual biasanya memiliki beberapa pasal/bagian didalamnya, antara lain syarat dan ketentuan (term and condition), wilayah (territory), pembaruan (renewal) dan syarat-syarat lain yang ditentukan oleh pemilik lisensi. (sumber wikipedia) Kemudian untuk jenis jenis licensi mempunyai kelas-kelas yang membedakan layanan dan fitur antara lain:

1. OEM (Original Equipment Manufacturing)

Nah untuk bisa melihat lisensi windows original ini melekat pada produk dan sebagai penanda biasanya terdapat stiker resmi dari Microsoft yang menempel pada produk (Biasanya pada laptop menempel di bawah sedangkan pada komputer atau PC menempel pada bagian samping). Saat Windows diaktifkan, ada beberapa device yang akan dicek untuk mencocokkan apakah lisensi tersebut benar-benar asli atau tidak. Caranya Klik My Computer dan Pilih Properties. Lisensi ini cocok bagi laptop / komputer pribadi. Lisensi OEM tidak dapat dipindahkan ke komputer/notebook yang lain sehingga jika komputer atau notebook rusak maka lisensinya juga ikut hilang.

2. OLP (Open License Program)

Lisensi ini khusus untuk Perusahaan atau Organisasi maupun Warnet yang ingin menggunakan Windows sebagai OS pada komputer perusahaan. Minimum pembelian OLP adalah sebanyak 5 lisensi komputer dan bisa ditransfer ke komputer lain asalkan tetap tidak melebihi kuota dari lisensi tersebut. Jadi misalnya kita memiliki kantor / perusahaan dan di kantor tersebut menggunakan windows OS maka kita bisa membeli paket OLP dengan jumlah lisensi tertentu minimal 5 lisensi.

Artike Lainnya  Arti kode bluescreen atau BSOD di windows

3. FPP (Full Package Product)

Lisensi ini melekat pada orang yang membeli produk dan COA (Certificate of Authenticity) atau yang biasa disebut stiker Windows berada pada Box (Kotak CD Installer). Lisensi ini bersifat transferable (Bisa dipindah) ke komputer yang lain jika pada komputer yang lama mengalami kerusakan.

Kemudian untuk mengetahui licensi windows kamu ikuti langkah-langkah berikut:

A. Menggunakan aplikasi MAGICAL JELLY BEAN KEYFINDER

Pastikan dulu anda mempunyai software magical jelly bean keyfinder kemudian dowload installernya. (sumber : keyfinder)

  • Dengan ukuran yang kecil hanya sekitar 800kb. Jika sudah terdownload langsung saja lakukan proses instalasi klik accept kemudian next .

  • Kemudian anda disuruh memilih destinantion folder secara default pada program files klik Next saja

  • Kemudian pada pilihan berikutknya anda disuruh membuat shortcut aplikasi centang pada create a dekstop shortcut kemudian klik next saja .

  • Jika instalasi sudah selesai pilih ok pastikan centang pada launch keyfinder dan kemudan aplikasi akan terbuka dengan meminta izin administrator terlebih dahulu.

  • Dan anda bisa melihat hasilnya produck key windows original anda sudah terlihat dan anda bisa menyimpan atau menyalinya untuk keperluan install ulang.

ini

  • Selain itu anda juga bisa melihat licensi office anda lho.. gimana mantab kan?

Gimana luurr mudah bukan? Semoga artikel cara melihat lisensi original windows di laptop atau komputer ini bisa bermanfaat, jangan menyerah dan teruslah berkarya, ini karena seseorang yang besar bermula dari karya-karyanya.