Saat ini berbagai teknik sederhana dalam penggunaan perangkat seperti komputer jarang diperhatikan, padahal banyak cara sederhana yang bisa dilakukan dengan teknik yang dianggap remeh. Salah satunya adalah mengkonversi MP4 ke MP3, tentu saja Anda berpikir Anda akan mengunduh video/lagu alih-alih mengonversinya. Ternyata lebih baik Anda mengubahnya secara offline atau online. Mungkin tujuan Anda dalam mengubah jenis file adalah untuk menghemat penyimpanan, hanya ingin file berformat lagu, dan lain-lain.

Convert Video MP4 ke MP3 memang bisa dilakukan dengan berbagai cara, daripada mendownload file yang sama lagi, lebih baik anda mengubahnya secara manual menggunakan laptop karena sangat mudah. Memang banyak orang yang ingin mengubahnya tapi tidak tahu caranya, maka pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips atau cara Convert Video MP4 ke MP3 offline dan online. Tentunya bisa anda coba sendiri di rumah dan tidak perlu mengeluarkan kuota lagi untuk mendownload file jenis lain dengan isi yang sama. Mari kita simak caranya bersama-sama.

Convert Video MP4 ke MP3 dengan cara Offline

Jika Anda sedang offline dan membutuhkan lagu, Anda dapat mencoba mengonversi MP4 ke MP3 meskipun sedang offline. Cara offline ini bisa kamu lakukan tanpa menggunakan koneksi internet alias gratisan. Satu lagi, cara ini khusus untuk Anda lakukan di perangkat seperti laptop atau komputer saja. Nah untuk lebih jelasnya akan saya bahas berikut ini.

Artike Lainnya  Sejarah dan urutan versi android terlengkap

Cara Pertama :

  1. Pastinya anda sudah memiliki aplikasi bernama Any Video Converter yang biasanya sudah ada dan terinstall di laptop/komputer.
  2. Kemudian langsung masuk ke aplikasi dengan membuka dan memilih “Add Video” sehingga Anda memasukkan video mana yang ingin Anda jadikan MP3.
  3. Setelah Anda memilih video, Anda perlu menemukan tombol yang bertuliskan “Format Video Output” di sana Anda harus memilih format yang ingin Anda konversi, Anda dapat mengonversinya dalam berbagai bentuk termasuk MP3.
  4. Setelah Anda memilih format dengan kualitas terbaik, lalu tekan tombol “Convert Now” dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Mungkin hanya beberapa menit, video yang Anda miliki bisa berubah menjadi lagu atau MP3.

Cara Kedua

Jika masih merasa bingung atau memang tidak bisa menginstal aplikasi pertama, masih ada cara backup, yaitu menggunakan aplikasi “Format Factory” yang memiliki manfaat untuk mengubah jenis file dari satu jenis ke jenis lainnya. Anda juga dapat mengonversi video menjadi lagu, jadi untuk tutorial yang lebih sederhana, ikuti cara berikut ini :

  1. Pertama Anda perlu menyiapkan aplikasi Format Factory dan itu harus diinstal dan dapat dibuka
  2. Buka aplikasi dan lihat tulisan “Add File” Klik lalu pilih file MP4 yang ingin Anda gunakan sebagai lagu.
  3. Perubahan tampilan akan muncul di aplikasi, Anda perlu menemukan menu “Start” untuk mulai mengonversi MP4 ke Mp3.
  4. Setelah itu tunggu beberapa menit hingga file selesai 100%, jangan lupa untuk mengecek hasil perubahan tersebut sesuai dengan tempat Anda menyimpannya.

Convert Video MP4 ke MP3 dengan cara Online (Android & Laptop)

Terakhir, kita bisa menggunakan cara online yang sangat mudah lagi, namun membutuhkan kuota internet yang sedikit. Caranya mudah untuk ditiru, sistem atau cara kerja konversi online menggunakan situs website yang memiliki fitur file converter, untuk lebih jelasnya mari simak cara berikut ini :

  1. Pertama, Pergi ke alamat berikut ini “http://www.onlinevideoconverter.com/convert-mp4-to-mp3“.
  2. Setelah Anda masuk, jangan lupa untuk menunggu loading dan akan ada tampilan situs seperti webiste.
  3. Akan muncul tulisan “Select” untuk memilih file mana yang ingin Anda convert ke MP3.
  4. Terakhir klik start dan tunggu beberapa menit untuk menjalankan proses perubahan tipe file, cara ini membutuhkan koneksi internet dan paket data yang sedikit.
Artike Lainnya  Fungsi dan pengertian Optical Drive atau DVD Room

Itulah cara convert dengan cara offline dan cara online termudah untuk Mengkonversi Video MP4 ke MP3. Anda bisa mencoba cara sederhana ini. Semoga dapat menambah wawasan anda tentang apa itu mengubah jenis file dan convert, sekian dan terima kasih.