Sudah pernah mendengar modem? Ya, sebuah perangkat keras (hardware) yang diperlukan untuk mengakses jaringan internet. Agar bisa digunakan, perangkat keras ini perlu tersambung ke aliran listrik. Waktu pandemi melanda, semua pekerjaan dialihkan melalui rumah WFH (work from home), pasti saat melakukan pekerjaan anda membutuhkan jaringan internet agar bisa menghubungkan ke internet dan selalu online. Selain menggunakan WiFi, modem adalah sebuah alternatif lainnya agar anda bisa terhubung ke internet. Berbeda dengan WiFi, modem memiliki caranya tersendiri agar perangkatmu terhubung ke internet.

Lalu apa itu modem?

Modem merupakan singkatan dari Modulator Demulator. Menurut Techopedia, modem adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menyambungkan perangkat komputer, laptop, dan smartphone ke jaringan internet.

Menurut Willem Thobias Fofied dan Awel Suryadi dalam buku yang berjudul Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (2019), modem adalah perangkat yang mengonversikan data digital ke analog dari komputer pengguna ke server.

Data yang berasal dari perangkatmu seperti laptop ataupun smartphone adalah data yang masih berbentuk digital. Lalu modem berguna untuk mengubah bentuk digital menjadi analog. Setelah berubah menjadi sinyal analog, modem akan mengirimkan data ke jaringan telekomunikasi. Begitu data analog dikirim kembali ke laptop, modem akan mengubahnya kembali ke data berbentuk digital sehingga bisa dibaca oleh perangkat. Dengan begitu, perangkatmu akan bisa terhubung ke jaringan internet yang tersedia.

Fungsi modem adalah mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital, fungsi lainnya dari modem yaitu untuk melakukan pemeriksaan paket data serta komunikasi. Dalam prosesnya, modem juga berfungsi untuk melakukan compress data yang dikirim melalui sinyal. Kelebihan modem ada pada segi harga yang lebih ekonomis dengan penggunaan paket data yang sudah ditentukan, maka dari itu tidak memakan banyak kuota. Selain itu, cakupan sinyalnya cukup luas yang memungkinkan mudah terkoneksi.

Artike Lainnya  Pengertian dan fungsi internet of things

Modem juga memiliki berbagai jenis sesuai dengan fungsi yang ingin anda gunakan, diantaranya yang paling banyak digunakan adalah modem eksternal. Bentuknya pun macam macam, berawal dari pesawat telepon, lalu berbentuk usb device, hingga kini berbentuk perangkat wireless. Lalu ada model nirkabel dan kabel, ada juga modem internal yang sering disebut modem dial up. Ada juga jenis modem ADSL atau kita kenal sebagai model telepon. Yang terakhir ada modem ISDN (Integrated Services Digital Network) yang menyediakan konektivitas lebih luas.