Berbicara soal cara melihat spesifikasi pada komputer, ada salah satu komponen yang wajib untuk diperiksa, yaitu prosesor. Prosesor merupakan salah satu komponen paling vital di dalam sebuah laptop. Tanpa prosesor, bagaimana caranya data-data yang diterima bisa diproses? Fungsi dari prosesor pada komputer dan laptop adalah sebagai “otak” untuk menjalankan fungsi-fungsi yang dikerjakan oleh komponen-komponen lain di dalam sebuah perangkat komputer atau laptop yang kita gunakan.

Lalu, bagaimana sih caranya mengecek processor laptop tanpa perlu membongkar dalaman laptop? Tenang saja, kali ini kita akan memberitahu caranya kepada kalian. Mari simak artikel berikut.

1. System Properties

Yang pertama untuk cara cek versi processor yang bisa kalian lakukan untuk mengecek prosesor pada laptop adalah memanfaatkan System Properties yang terdapat di Windows. Jendela properties ini bisa dibuka dengan cara sebagai berikut.

Cara Pertama :

  • Klik pada Start Menu.
  • Klik kanan di bagian Computer atau My Computer.
  • Kemudian akan ada menu yang muncul, klik saja “Properties”.

Cara Kedua :

  • Buka jendela Windows Explorer, dengan cara menekan kombinasi tombol Windows + E pada keyboard.
  • Lalu pada jendela Windows Explorer, klik ”My Computer” pada sisi kiri jendela.
  • Kemudian pada bagian My Computer, klik “System Properties” di sisi sebelah kiri atas dari jendela.

Cara Ketiga :

  • Bukalah menu Control Panel, dengan cara klik Start Menu, kemudian klik Control Panel
  • Lalu pada jendela Control Panel, pilihlah opsi “System”
  1. Menggunakan CPU-Z
Artike Lainnya  Cara mengatasi sound tidak bunyi di windows 10

CPU-Z merupakan salah satu software untuk mengecek spesifikasi dari perangkat komputer yang kalian miliki. Software ini dikenal untuk mengecek spesifikasi dari laptop yang kalian punya. Instalasinya yang cukup mudah dan ukuran file dari software yang cukup kecil, membuat software yang satu ini cocok sebagai alat untuk mengecek spesifikasi komputer atau laptop.

Agar bisa menggunakan CPU-Z, kalian harus mendownloadnya terlebih dulu. Selanjutnya, instalkan software tersebut pada laptop kalian.

Saat kaluan menjalankan software ini, CPU-Z akan langsung mendeteksi dan memberikan informasi dari perangkat keras yang terpasang di laptop kalian, mulai dari komponen prosesor, RAM, dan informasi penting lainnya. Melalui software ini, kalian juga bisa mengetahui cara agar komputer tidak lemot dan bisa menentukan komponen apa yang seharusnya diupgrade atau diganti dengan yang lebih mumpuni.

2. Menggunakan Terminal

Terminal merupakan salah satu software bawaan yang dimiliki oleh Linux dan turunan distro-distronya. Sama halnya dengan fungsi CMD, software ini juga cukup bermanfaat karena kalian bisa melakukan berbagai macam hal penting, dengan menggunakan perintah teks layaknya macam-macam OS berbasis CLI. Salah satu hal yang bisa kalian lakukan adalah mengecek spesifikasi laptop yang dimiliki, termasuk dengan mengecek prosesor yang digunakan.

Untuk melakukannya, kalian hanya perlu mengetikan perintah “sudo lshw” (tanpa tanda kutip). Dengan menggunakan perintah ini, kalian bisa mendapatkan informasi lengkap seputar spesifikasi laptop kalian. Mulai dari prosesor hingga dengan perangkat USB yang terhubung saat itu. Oh iya, agar bisa menggunakan perintah ini, kalian harus memasukkan password administrator atau root, karena perintah ini merupkan perintah untuk “super user” alias administrator.

3. Menggunakan DXDIAG

Kembali lagi pada Windows, Selain menggunakan CPU-Z, ternyata ada sebuah software lain yang juga bisa digunakan untuk mengecek processor laptop, yaitu dengan menggunakan software DXDIAG atau sebutan resminya DirectX Diagnostic Tool. DXDIAG merupakan salah satu software bawaan dari Windows yang bisa digunakan untuk mengecek informasi penting tentang sistem Windows yang kalian gunakan, khususnya pada hal-hal yang berkaitan dengan DirectX.

Artike Lainnya  Mengenal registri windows untuk konfigurasi aplikasi

Agar bisa menjalankan DXDIAG, kalian hanya perlu membukanya dengan cara sebagai berikut:

  • Ketikkan “dxdiag” (tanpa tanda kutip) pada kolom pencarian di Start Menu. Cara alternatifnya adalah dengan tekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian ketik “dxdiag’ (tanpa tanda kutip) pada jendela Windows Run, selanjutnya tekan Enter.
  • Setelah jendela DXDIAG terbuka, kalian akan melihat ringkasan informasi tentang perangkat keras yang sedang terhubung di laptop kalian. Tetapi ada 4 jenis komponen yang akan ditampilkan, yaitu jenis processor AMD atau jenis processor Intel yang sedang digunakan, kapasitas dari RAM, perangkat sound, perangkat input (keyboard dan mouse), dan perangkat grafis.

4. Menggunakan TuneUp Utilities

Software ini merupakan salah satu yang bisa digunakan untuk membantu kalian dalam merawat laptop. TuneUp Utilities mempunyai fitur-fitur yang bisa digunakan untuk melihat spesifikasi laptop yang kalian miliki, termasuk jenis prosesor yang digunakan.

Untuk menjalankannya, kalian hanya perlu menjalankan TuneUp Utilities yang telah diinstal pada laptop kalian. Buka fitur System Information (atau sejenisnya). Selanjutnya kalian hanya tinggal menunggu fitur tersebut menampilkan berbagai informasi mengenai laptop kalian. Dengan aplikasi ini juga, kalian bisa memperbaiki fungsi touchpad jika terjadi masalah software pada laptop kalian.

Itulah beberapa cara untuk cek versi processor laptop kalian, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.