Hai sobat sosmed yang sudah lama menanti update terbaru dari whatsapp yaitu fitur Dark Mode yang ada pada ponsel android, karena biasanya aplikasi yang terkenal akan merilis fitur terbaru mereke melalui plaftform IoS milik apple yang ada di Iphone series mereka, entah kenapa sudah menjadi tradisi bahwa fitur fitur yang dibuat biasanya akan dirilis pada perangkat IoS terlebih dahulu daripada android. mungkin saja dikarenakan IoS lebih sedikit varian smartphonenya dan juga update terjamin IoS dari Apple, ini sangat berbeda dengan perangkat android yang dibesut oleh raksasa teknologi google ini karena android dipasang oleh ribuah vendor brand smartphone di seluruh dunia yang memiliki spesifikasi hardware yang berbeda beda dan juga versi os androidnya. maka untuk testing dan feedback control lebih mudah di IoS daripada android.

tak hanya whatsapp saja Instagram dan facebook pun juga sudah menyediakan fitur dark mode tapi kali ini saya mau menjelaskan yang whatsapp terlebih dahulu. Ya, fitur kali ini whatsapp mengatakan pada mode gelap bertujuan agar mengurangi ketegangan mata di lingkungan dengan cahaya rendah, Penelitian membuktikan bahwa fitur dark mode bisa menghemat daya perangkat.

Hal ini dikarenakan warna piksel memiliki korelasi pada penggunaan daya, piksel yang lebih gelap menggunakan energi yang jauh lebih sedikit dari pada yang lebih terang. Selain itu, dark mode sangat membantu pengguna sosial media yang suka bermain ponsel sebelum tidur. Namun, cahaya putih tentu bisa membuat mata sulit menatap layar dimalam hari. akan tetapi dibeberapa penelitian di eropa dan amerika dark mode atau mode gelap ada memiliki efek negatif yang ditimbulkan dalam jangka penggunaan yang lama dan terus menerus, akan tetapi jika menggunakan dark mode dalam batas pemakaian yang wajar tentu akan banyak sisi positifnya. Lantas bagimana cara mengaktifkan fitur dark mode?

  1. Buka whatsapp pastikan sudah dalam versi terbaru ( jika belum update dulu )
  2. Setelah itu pilih ‘Setelan Whatsapp’ atau ‘Setting’
  3. Kemudian pilih menu ‘Chat’ atau ‘Obrolan’
  4. Terakhir anda akan diberikan pilihan ‘Them’ atau ‘Tema’
  5. Kemudian anda bisa memilih ‘Dark’ atau ‘Gelap’ lalu ‘OK’
Artike Lainnya  Cara cepat restart laptop dengan keyboard

Untuk mengembalikan ke mode Terang/Light tinggal pilih Tema Terang/Light, Mudah sekali kan untuk mengubah tampilan dark mode. jika smartphone kalian belum ada menu yang tersebut diatas mungkin kalian perlu cek update aplikasi terlebih dahulu pada aplikasi play store, jika belum update segera lakukan update aplikasi whatsapp agar segera bisa menikmati fitur whatsapp dark mode ya kawan kawan.