Jika Anda tidak memiliki laptop dengan webcam internal atau webcam eksternal atau hanya ingin memaksimalkan kemampuan kamera digital Anda (seperti menyesuaikan aperture untuk mengaburkan latar belakang Anda), ada cara untuk mengadaptasi kamera digital Anda sebagai sebuah webcam.

Beberapa kamera digital memiliki kemampuan untuk digunakan sebagai webcam dan dikirimkan dengan perangkat lunak webcam yang diperlukan, tetapi sebagian besar vendor kamera tidak menyediakan perangkat lunak tersebut.

Dalam tutorial ini Anda akan belajar cara menggunakan Canon DSLR atau kamera DSLR Nikon sebagai webcam biasa dengan bantuan SparkoCam . SparkoCam adalah perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk mengubah kamera Canon atau Nikon Anda menjadi webcam standar untuk obrolan video, konferensi, rekaman, dll.

kamera dslr sebagai webcam

  • Ikuti semua langkah instalasi dengan hati-hati sampai pengaturan selesai.
  • Hubungkan kamera ke PC menggunakan kabel USB
  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencolokkan kabel USB kamera Anda ke komputer.

kamera dslr sebagai webcam

  • Hidupkan kamera
  • Setelah kamera dikenali oleh Windows, Anda dapat melihat pemberitahuan di baki sistem atau jendela sembulan tentang perangkat yang baru tersedia seperti di bawah ini.

Jika Anda tidak melihat jendela seperti itu – jangan khawatir, itu tidak wajib, jadi ikuti saja langkah selanjutnya.

Artike Lainnya  Memperbaiki Harddisk rusak yang menjadi format RAW

Juga, jika Anda menginstal perangkat lunak yang datang pada CD yang dikirimkan bersama dengan kamera, Anda dapat memulai EOS Utility . SparkoCam tidak memerlukan EOS Utility untuk berfungsi dengan baik, jadi tutup saja dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

  • Luncurkan SparkoCam

Buka tab Perangkat dan pilih kotak centang Kamera Canon untuk mengubah kamera Canon Anda menjadi webcam atau Kamera Nikon jika Anda memiliki kamera DSLR Nikon.

Jika Anda hanya memiliki satu kamera yang terhubung ke PC, SparkoCam akan secara otomatis mengambilnya, jika tidak pilih kamera yang diperlukan dari daftar Kamera .

  • Pilih SparkoCam Virtual Webcam sebagai kamera web sumber dalam aplikasi obrolan Anda

Pada langkah ini Anda perlu mengonfigurasi aplikasi target Anda untuk menggunakan SparkoCam sebagai sumber video.

Misalnya, untuk mengonfigurasi Skype Anda harus membuka dialog Opsi dan pilih Webcam Virtual SparkoCam di daftar webcam Pilih .

kamera dslr sebagai webcam

Harap dicatat bahwa kamera Canon dan Nikon tidak menyediakan fungsionalitas untuk menggunakan mikrofon mereka untuk menangkap audio, sehingga tidak mungkin menggunakan mikrofon internal kamera untuk suara, sehingga Anda memerlukan mikrofon eksternal untuk mengaktifkan suara.

Dan selesai cara menggunakan kamera DSLR sebagai webcam dengan aplikasi sparkocam yang dapat kalian download secara gratis. selamat mencoba !