Sering kali kendala saat kita mengerjakan pekerjaan tugas dalam bentuk file pdf dan harus di upload adalah ukuran file terlalu besar atau ukuran file tidak sesuai ketentuan. Salah satu cara untuk membuat file pdf dengan ukuran yang sesuai adalah dengan mengatur beberapa konten dalam isi file pdf atau dokumen tersebut agar ringkas dan atau mengecilkan ukuran gambar apabila file tersebut berupa file gambar atau sertifikat misalnya.

Namun cara tersebut sepertinya kurang efektif dan memakan banyak waktu dan kadang kadang harus melakukan beberapa kali edit agar ukuran file tersebut sesuai. Nah sesuai judul artikel ini akan membahas bagaimana cara merubah ukuran file .pdf secara online. Cara ini akan sangat bermanfaat karena kita bisa menyesuaikan ukuran file sesuai dengan keinginan. Anda hanya perlu sebuah komputer atau smartphone atau laptop dengan koneksi internet yang lancar.

Oke, simak langkah-langkahnya.

  • Kemudian buka file yang akan di upload atau dirubah ukurannya
  • Tunggu sampai proses upload selesai seperti di bawah ini.

  • Kemudian klik kompresi dasar jika anda pengguna free , namun ada kukurangan dalam fitur ini hanya bisa menkompressi atau mengubah ukuran sebesar -40%. Jika ingin lebih kecil lagi anda perlu mendaftar dengan fitur pro pastinya berbayar ya.
  • Selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman baru, yang merupakan hasil dari konfersi tadi.

  • Selanjutnya anda tinggal pilih tombol unduh maka file anda sudah terkompres dengan ukuran yang lebih kecil.
  • Anda juga bisa langsung membackup file ke googe drive atau ke dropbox.
  • Selesai, file yang tadinya besar dan tidak bisa dilampirkan melalui email sekarang sudah bisa dilampirkan karena ukuranya sudah lebih keci.
Artike Lainnya  5 penyebab komputer mati saat sedang booting

Kita telah sampai pada akhir artikel , jika anda suka artikel seperti ini mohon tinggalkan komentar dan saran. Anda juga bisa membaca artikel lainya di www.excellentcom.id

Terima kasih telah membaca postingan ini , semoga yang sedikit ini bisa menjadikan manfaat bagi temen-temen semua agar pekerjaan atau tugas tugasnya dapat berjalan dengan lancar dan lebih produktif.