Memiliki jaringan internet yang lemot akan sangat meresahkan. Terkadang, pengecekan perlu dilakukan agar bisa mengetahui kecepatan dari internet di rumah. Karenanya, cara mengecek kecepatan internet indihome perlu diketahui terlebih bagi para pengguna wifi.

Bagi sebagian orang, adanya pengecekan kecepatan mungkin termasuk hal yang rumit dilakukan. Namun ternyata hal itu salah. Pengecekan kecepatan internet indihome bahkan bisa dilakukan dengan mudah melalui Hp. Inilah detail informasinya:

1. Menggunakan Situs Speedtest

Cara mengecek kecepatan internet indihome yang paling umum dilakukan adalah melalui situs speedtest. Situs ini telah banyak dikenal sebagai situs jitu untuk mengetahui kecepatan internet indihome. Tentu saja, informasi yang diperoleh melalui speedtest ini adalah valid atau benar adanya.

Situs speedtest ini akan menunjukkan berapa mbps nilai kecepatan internet indihome milik pengguna. Jika berada pada ranah lambat, speedtest akan memberikan angka rendah sesuai dengan keadaan yang ada. Selain itu, speedtest juga memberikan kesimpulan atau data yang tertulis sehingga memudahkan untuk dimengerti.

2. Melalui Situs Resmi Indihome

Selain situs umum yakni speedtest.net, pengguna indihome juga bisa melakukan pengecekan kecepatan internet melalui situs website resmi milik indihome sendiri. Tentu saja, situs ini bisa diakses baik melalui PC maupun Hp. Pengguna hanya perlu membuka situs ini melalui browser Hp ataupun PC yang dimiliki.

Setelah membuka situsnya, terdapat menu yang bertuliskan GO dan pilihlah menu tersebut.pada menu tersebut, pihak indihome akan menayangkan nilai kecepatan internet secara akurat pada pelanggan mereka. Informasi yang diberikan juga cukup detail yakni mencakup kecepatan unduhan dan juga kecepatan upload.

Artike Lainnya  Review aplikasi Flip transfer antar bank gratis

3. Menggunakan Meteor

Selain menggunakan situs website, pengguna juga bisa menerapkan cara mengecek kecepatan internet indihome melalui bantuan aplikasi tambahan yakni Meteor. Aplikasi ini merupakan aplikasi khusus yang digunakan untuk mengecek kecepatan internet termasuk internet indihome.

Tentunya, meteor bisa diakses dengan mudah melalui Hp. Untuk mendapatkan aplikasi ini juga sangatlah mudah. Pengguna hanya perlu mengunduhnya secara tidak berbayar di playstore masing-masing. Dengan bantuan meteor, pengguna bisa mengecek kecepatan internet dimanapun dan kapanpun.

4. Menggunakan Speedtest Master

Jika sebelumnya speedtest yang digunakan sebagai cara mengecek kecepatan internet indihome adalah situs website, maka speedtest yang satu ini berbeda. Speedtest master adalah jenis aplikasi yang memiliki cara kerja mirip dengan Meteor. Mirip namun keduanya memiliki tampilan yang berbeda.

Aplikasi ini mampu memberikan fitur informasi kecepatan internet yang valid. Banyak pengguna yang telah mengunduh dan juga menggunakan aplikasi ini. Seperti halnya meteor, speedtest master juga bisa diunduh dan diinstal dengan mudah melalui bantuan playstore pada Hp pengguna.

5. Melalui Situs Fast Com

Jika mendownload aplikasi dinilai terlalu berat, maka cobalah untuk mengunjungi situs website Fast Com. Situs ini bisa dikatakan mirip dengan situs speedtest. Pengguna tidak perlu menjalankan menu apapun dan hanya tinggal membuka situs ini dan informasi akan tersedia secara instan.

Uniknya, hanya tinggal sekali membuka situs saja, Fastcom akan menjalankan perintah tanpa perlu ribet lagi. Selain itu, tampilan informasi juga mudah dimengerti oleh seorang pemula sekalipun. Tentu saja, situs ini akan cocok digunakan jika pengguna kesulitan untuk mengunduh aplikasi lainnya.

Itulah tadi beberapa cara mengecek kecepatan internet indihome yang bisa dijadikan opsi. Pengguna bisa menggunakan cara manapun yang sesuai dengan kenyamanan untuk mendapatkan informasi terkait kecepatan internet khususnya internet dari indihome.