Jika Anda ingin menginstal nodejs dan npm di ubuntu Linux , Anda beruntung. Node.js tersedia di repositori Ubuntu dan Anda dapat dengan mudah menginstalnya dengan beberapa perintah. Jika Anda berencana untuk menginstal Node.js, Anda mungkin sudah tahu apa itu. Saya akan membahasnya dengan cepat.

Node.js ” adalah open-source, cross-platform runtime environment untuk pengembangan server-side Web applications“. Kesederhanaannya untuk membangun dan menggunakan aplikasi yang cepat dan terukur telah menjadikannya salah satu teknologi web paling populer beberapa tahun terakhir. Node.js didukung oleh npm (Node.js Package Manager). Ini adalah pustaka sumber terbuka dari paket Node.js. Jadi, Anda dapat menggunakannya di aplikasi tanpa harus menulis ulang semuanya sendiri. Cukup berbicara tentang Node.js dan npm . Mari kita lihat cara menginstal Node.js dan npm pada Ubuntu 18.04. Ada dua cara utama untuk menginstal Node.js dan npm di Ubuntu:

  • Menggunakan repositori resmi Ubuntu : Mudah untuk menginstal menggunakan apt tetapi mungkin memiliki versi yang lebih lama.
  • Menggunakan repositori NodeSource : Sedikit lebih rumit tetapi Anda dapat memilih versi mana yang akan diinstal, termasuk rilis terbaru Node.js.

Instal Node.js dan npm di Ubuntu menggunakan repositori resmi Seperti yang saya katakan sebelumnya, Node.js tersedia di Ubuntu. Jadi yang perlu Anda lakukan adalah membuka terminal dan menggunakan perintah berikut:

sudo apt install nodejs

Untuk menginstal npm, gunakan perintah berikut:

sudo apt install npm

Saya sarankan menginstal npm juga karena Anda akan tetap membutuhkannya. Baik Node.js dan npm cukup kecil. Untuk bekerja di Node.js, Anda dapat menggunakan editor kode yang baik untuk Linux atau IDE. Saya tidak akan menunjukkan kepada Anda bagaimana memulai dengan Node.js karena itu bukan tujuan dari tutorial singkat ini, Jika Anda ingin menghapus Node.js dan npm, Anda dapat menggunakan perintah di bawah ini:

sudo apt purge nodejs npm

Catatan : Jika Anda mendapatkan “/usr/bin/env: node: No such file or directory” saat menjalankan npm perintah untuk menginstal modul node, Anda dapat dengan mudah memperbaikinya. Apa yang terjadi di sini adalah program mencari biner dengan jalur / usr / bin / node sedangkan jalur yang benar dalam sistem mungkin /usr/bin/nodejs . Membuat tautan lunak harus memperbaikinya:

ln -s / usr / bin / nodejs / usr / bin / node

Install Node.js and npm on Ubuntu dengan NodeSource repository

Anda dapat menginstal Node.js dan npm langsung dari repositori NodeSource . Node.js menyediakan cara yang mudah digunakan pesta skrip untuk tujuan ini. Yang harus Anda ingat adalah bahwa Anda perlu menentukan versi Node.js utama mana yang ingin Anda instal. Katakanlah Anda ingin menginstal Node.js versi 11. Pertama, instal Curl di Ubuntu:

sudo apt install curl

Sekarang Anda dapat menggunakan perintah berikut:

curl -sL https://deb.nodesource.com/setup_11.x | sudo -E bash –

Jika Anda ingin menginstal Node.js versi 10, Anda dapat mengganti setup_11.x dengan setup_10.x.

Perintah di atas akan mengunduh dan mulai menjalankan skrip instalasi. Skrip akan menambahkan repositori baru di direktori daftar sumber (/etc/apt/sources.list.d). Itu juga akan menambahkan kunci GPG dari repositori baru secara otomatis. Dengan repositori baru ini ditambahkan ke daftar sumber, Anda dapat menginstal Node.js menggunakan perintah apt . Keuntungan tambahan adalah bahwa diinstal Node.js versi dapat diperbarui dengan mudah seperti paket biasa menggunakan perintah peningkatan sudo apt && sudo apt. Untuk menginstal paket Node.js, gunakan perintah berikut. Npm juga diinstal dengan paket ini.

sudo apt install nodejs

Setelah diinstal, Anda memverifikasinya dengan memeriksa versi Node.js yang diinstal dengan perintah ini:

node –version

Outputnya harus seperti ini:

node –version v11.6.0

Anda juga dapat memverifikasi instalasi npm:

npm –version

Outputnya harus sama dengan ini:

npm –version 6.5.0-next.0

Itu semua yang perlu Anda lakukan untuk menginstal nodejs dan npm di ubuntu 18.04. Saya harap Anda menemukan tip cepat ini bermanfaat. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Setelah itu, jika Anda benar-benar menyukai Node.js, Anda harus memeriksa NodeOS , distribusi Linux untuk pengguna Node.js.