Jika kalian menggunakan os windows 10 mungkin pernah mengalami lemot yang parah banget apalagi karena juga masih menggunakan harddisk. Bagi kita yang memiliki kesabaran yang tinggi pasti tidak mempermasalahkan hal tersebut, tetapi bagi sebagian orang tetap memiliki batas kesabarannya, karena pasti kita menggunakan sebuah komputer untuk menyelesaikan beberapa tugas atau pekerjaan kita, jika komputer yang akan kita gunakan kondisinya tidak seperti apa yang kita inginkan dan malah membuat kita malas menghadapinya itu bisa membuat tugas-tugas kita dalam pekerjaan akan semakin menumpuk dan membebani kita di suatu hari nanti.

Terkadang kita sebagai pemakai lupa bahwa komputer adalah sebuah alat yang sewaktu-waktu bisa rusak, layaknya seperti manusia bahwa manusia juga bisa sakit jika kondisi tubuhnya mengalami sakit demam atau sakit lainnya, seseorang yang sakit pasti tidak totalitas jika melakukan pekerjaannya, komputer juga sama dengan manusia, bila perawatan komputer tidak pernah dilakukan, siap-siap saja umur komputer kita akan menjadi pendek karena komponen-komponennya pasti banyak yang mengalami trouble di usia dini, apalagi jika yang terkena trouble pada media penyimpanan kita dalam komputer, pasti kita sangat resah dibuatnya dikarenakan semua file penting entah itu dokumen-dokumen pekerjaan kantor atau foto-foto kenangan indah bersama teman-teman dan mantan terindah (eh mantan..). Jika hanya karena kelalaian kita tanpa memperdulikan perawatan pada semua komponen di komputer kita, mengakibatkan bisa hilangnya semua file penting yang kita miliki, pasti kita menyesal jika file-file yang sudah kita simpan dengan baik tiba-tiba hilang tanpa bekas.

Artike Lainnya  Cara cek versi build microsoft windows

Umumnya media penyimpanan pada perangkat komputer ada 2 yaitu Hardisk dan SSD, salah satu dari media penyimpanan ini yang sering bermasalah dan butuh perawatan secara khusus yaitu Hardisk. Hardisk meliliki sistem penyimpanan didalamnya terdapat piringan cakram, yang mengharuskan Hardisk jangan sampai terkena oleh debu, goncangan, dan panas yang berlebih. Dalam merawat Hardisk, kita bisa melakukan dengan perawatan secara berkala dengan melakukan beberapa cara ini:

  1. Lakukan Disk Defragmentasi pada Hardisk secara berkala, hal ini dapat membantu merapikan file-file kedalam sektor di Hardisk agar sektor-sektor yang terdapat dalam Hardisk tersusun secara urut dan rapi sehingga alokasi sektor pada Hardisk tidak berantakan.
  2. Hindarkan Hardisk dari debu, goncangan, dan panas yang berlebih.
  3. Cek Hardisk secara berkala dengan Tool Checkdisk.
  4. Hindari menyimpan semua file di Hardisk sampai terisi penuh, hal itu jelas akan memperlambat performa Hardisk.

Selain melakukan perawatan pada Hardisk agar komputer dapat beroperasi dengan lancar lagi, ada beberapa penyebab yang tidak bisa kita hindari dan dapat menjadikan Hardisk berjalan sangat lambat bahkan dapat mengakibatkan kerusakan pada Hardisk, yaitu:

  1. Hardisk yang tidak pernah di Disk Defragmentasi.
  2. Usia Hardisk yang sudah tua, sehingga menyebabkan kecepatan putaran RPM-nya menurun.
  3. Hardisk mengalami Error/Bad sector.

Lalu bagaimana jika kondisi Hardisk sudah terlanjur Error atau mungkin performanya sangat lambat? Kita dapat melihat terlebih dahulu media penyimpanan pada CPU di komputer kita, jika lebih dari satu, coba cek satu-persatu Hardisk mana yang bermasalah, lalu cabut Hardisk yang bermasalah dari konektornya, kemudian hidupkan komputer, maka komputer akan berjalan dengan lancar tenpa beban dan tanpa lemot. Akan tetapi yang jadi permasalahan ketika media penyimpanan pada komputer kita hanya satu Hardisk, otomatis kita tidak memiliki media penyimpanan lagi selain RAM, sehingga jalan terakhir yang bisa kita ambil adalah:

  1. Uprgade kapasitas Hardisk dengan menambah Hardisk atau mengganti Hardisk.
  2. Ganti Hardisk ke tipe SSD, karena sudah jelas performanya lebih baik, bahkan SSD lebih cepat 5x dari kecepatan Hardisk.
  3. Jika memiliki biaya lebih, tidak ada ruginya mencoba upgrade ke SSD NVME PCIe yang kecepatannya bisa 20-25x dari kecepatan SSD biasa, dan tentu pilihan ini bisa sangat dipertimbangkan untuk kalian yang ingin kecepatan transfer data yang super ngebut.
Artike Lainnya  Mengenal registri windows untuk konfigurasi aplikasi

Itulah cara mengatasi windows 10 yang lemot karena harddisk yang mengalami penurunan performa. dan jika komputer atau laptop kalian yang menggunakan windows 10 ini masih terasa lemot atau lelet, kami sarankan untuk membawanya ke tempat servis untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.