Pernahkah kalaian saat menyambung WIFI, seluruh settingan sudah benar dan harusnya internet sudah bisa langsung dipakai. Nah, walau begitu tidak jarang juga terkadang muncul masalah tertentu, misalnya adalah terdapat pesan No Internet Access. Masalah ini berbeda dengan Wifi yang tidak bisa konek, WIFI No Internet Access adalah masalah dimana kondisi WIFI berhasil tersambung, namun internet tidak bisa dipakai. Tandanya bisa saja muncul halaman error pada browser, atau tidak merespon. bagi sebagian orang, tentunya masalah ini cukup merepotkan. Karena kita jadi tidak bisa internetan jika tidak memiliki aksesnya WIFI no internet access ini bisa disebabkan karena beberapa hal. Bisa saja karena salah setting router, salah settingan pada Windows, hingga gangguan dari jaringan providernya itu sendiri. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan membahas cara mengatasi WIFI yang tidak bisa tersambung dan muncul pesan no internet access. Langsung saja menuju ke pembahasan :

1. Restart Router

Hal yang pertama saya lakukan jika mendapati pesan no internet access ini biasanya saya merestart perangkat WIFI tersebut. Dengan melakukan restart, ini akan cukup efektif karena biasanya WIFI akan di refresh, sehingga error yang tadi muncul bisa kembali normal lagi. Cara merestartnya cukup dengan matikan perangkat WIFI kalaian (Router / MIFI), dan diamkan beberapa menit (biasanya saya lakukan 2 hingga 3 menit), kemudian nyalakan kembali. Jika sudah koneksikan komputer ke WIFI dan cek kembali.

Artike Lainnya  Cara menghilangkan malware browser dengan mudah

2. Periksa Koneksi Internet

Saat WIFI disambungkan harusnya internet sudah bisa langsung berjalan. Jika belum jalan, berarti WIFI tersebut mengalami masalah yang tidak merespon. Hal wajib yang harus kalian lakukan adalah dengan mengecek koneksi WIFI tersebut, apakah berjalan atau tidak. untuk mengeceknya bisa menggunakan metode ping :

Gambar tersebut adalah contoh ping internet yang normal, dan jika tidak ada respon, maka akan tetulis Request timed out.

3. Restart Service

Untuk Windows sendiri, setiap device yang sudah terhubung itu akan terdeteksi dan tersimpan perangkatnya. Terdapat satu pengaturan dimana kita dapat merefresh service WIFI nya. Hal ini bisa jadi alternative untuk mengatasi no access pada internet. Terlebih cara ini juga bisa dilakukan di semua versi windows, maka tidak ada salahnya jika kalian mencobanya. Berikut langkah-lagkahnya :

  • Ketikkan Administrative Tools pada kolo Search, kemudian buka

  • Cari Service, kemudian buka

  • Cari DHCP Client dan DNS Client, lalu klik kanan dan pilih restart

  • Lalu coba sambungkan kembali WIFI kalian

4. Lakukan Disable Adapter

Hal yang pertama harus dilakukan adalah

  • Klik kanan pada ikon WIFI atau LAN pada Taskbar
  • Pilih Open Network & Internet Settings

  • Lalu klik change adapter options
  • Selanjutnya pilih WIFI yang kalian pakai, dan klik disable this network device :

  • Kemudian klik lagi enable this network device

Sekarang coba koneksikan WIFI Anda, kemudian cek, masih muncul pesannya atau tidak.

5. Hapus File Temporary (Temp)

Apasih File Temporary itu ? File Temp, adalah file yang muncul dalam penggunaan Windows. Contohnya browsing, game dan sejenisnya. Nah, penggunaan WIFI juga termasuk dalam file temp. File temp ini adalah file cache yang tersimpan, kalau saya si bilangnya ini junk atau sampah, tetapi disisi lain fungsinya adalah supaya kinerja Windows bisa berjalan lebih cepat. Walaupun fungsinya yang bermanfaat, kadang-kadang file temp juga bisa menyebabkan koneksi WIFI muncul no internet access.

Artike Lainnya  Daftar game ringan untuk laptop tahun 2021

6. Ganti DNS

Bagi yang belum tahu, DNS pada WIFI biasanya otomatis didapat ketika WIFI tersambung. Tapi kalian tidak harus membuatnya selalu otomatis, kalian juga bisa mengganti DNS tersebut secara manual. Menurut beberapa sumber yang saya baca, mengganti DNS WIFI juga dapat mengatasi masalah no internet access pada WIFI. Langkah-langkahnya :

  • Klik kanan pada ikon WIFI atau LAN pada Taskbar
  • Pilih Open Network & Internet Settings

  • Lalu klik change adapter options
  • Jika sudah, klik kanan pada WIFI yang kalian pakai dan pilih properties

  • Klik pada TCP/Ipv4 kemudian klik properties

  • Kemudian ubah DNS secara manual seperti pada gambar

  • Terakhir restart computer dan cek kembali WIFI kalian

Itulah cara-cara mengatasi wifi yang no internet access pada windows, dengan cara-cara diatas semoga kalian dapat mengatasi sendiri jika menemukan masalah seperti ini dikemudian hari. Namun sebagai catatan jika semua cara diatas sudah dicoba dan tidak bisa, maka ada kemungkinan provider yang anda pakai sedang mengalami gangguan Kalian dapat menghubungi customer service provider tersebut untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan secepatnya atau jika  kalian merasa komputer/laptop yang bermasalah silahkan hubungi Excellent Computer semarang atau Excellent Computer salatiga untuk dapat dicek lebih lanjut oleh kami.. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, Terimakasih