Tak jarang kita mengalami kursor pada laptop bergerak sendiri pada saat mengetik, bagi saya hal tersebut sangat mengganggu dan menyebalkan, karena kursor melompat ke paragraf atau baris lain, menjadikan saya harus berhenti mengetik sementara untuk mengembalikan kursor ke tempat yang semestinya, saya sering mengulang atau menghapus tulisan yang sudah saya buat sebelumnya, karena tulisan saya salah tempat.

Hal seperti itu bisa terjadi ketika kita sedang mengetik di laptop, dikarenakan saat sedang mengetik di laptop touchpad berada di bawah tangan kita, dan secara tidak sengaja tangan bagian bawah kita menyentuh touchpad laptop yang sangat sensitif. Jadi meskipun kita sedikit menyentuh touchpad secara disengaja atau tidak disengaja, kursor akan berpindah ke tempat lain.

Langkah agar saat mengetik suatu pekerjaan tidak akan terganggu oleh masalah kursor yang berpinda-pindah tempat, salah satunya dengan mematikan sementara fungsi touchpad pada laptop. Sebagai contoh, saat ini saya menggunakan laptop Asus, untuk menon-aktifkan sementara atau mengaktifkannya kembali cukup dengan menekan tombol fn + f9 atau klik SmartgestureDeteksi mouseNonaktifkan/Aktifkan touchpad.

Untuk laptop jenis lain dapat menyesuaikan dengan tombol fungsi yang terdapat pada keyboard laptop, biasanya terdapat perbedaan tombol f7, f8 atau f9.

Selain cara di atas, Anda juga bisa mencoba dengan menggunakan software Touchpad Blocker yang bisa Anda download gratis di situs resminya, klik di sini untuk mendownloadnya. Saat mengatur penggunaan touchpad terutama saat kita sedang mengetik, software ini akan bekerja secara otomatis mematikan fungsi klik kiri dan kanan mouse pada touchpad. Prinsip kerja software ini berdasarkan delay saat kita menekan tombol pada keyboard laptop, kemudian software ini mulai mematikan fungsi touchpad. Jadi ketika kita menekan tombol keyboard laptop untuk mulai mengetik, dan tangan kita tidak sengaja menyentuh atau menggeser touchpad, Touchpad Blocker akan memberi perintah kepada laptop untuk mengabaikan klik yang tidak disengaja pada touchpad untuk sementara waktu, tetapi kita masih dapat menggunakan touchpad untuk klik kanan dan kiri jika kita mau.

Artike Lainnya  3 cara mudah melihat tipe laptop di windows

Untuk menghidupkan software ini dengan cepat, Anda bisa menekan tombol kombinasi Ctrl+f9. Anda bisa menggunakanya untuk mencegah kursor yang bergerak dengan sendirinya karena sentuhan oleh tangan kita secara tidak disengaja. Menurut saya software ini sangat membantu, dan software ini sudah teruji bisa berjalan di OS Windows 7 dan Windows 8.