Dengan pesatnya perkembangan teknologi, banyak orang jarang membeli kalender cetak. Beberapa orang membeli kalender cetak, sementara yang lain mengandalkan kalender digital di ponsel, komputer atau laptop.

Kalender yang dibuat oleh Google mungkin tidak menyertakan tanggal merah atau hari libur nasional seperti yang ditunjukkan pada kalender nsasional yang dicetak. Kalender digital buatan Google sebenarnya bisa menampilkan tanggal merah, tapi harus di atur dulu.

Berikut saya akan memberikan beberapa tips mudah untuk menampilkan tanggal merah di kalender Google pada di ponsel, komputer atau laptop Anda :

  • Buka Google Crome atau Google Kalender, kemudian login menggunakan akun Google Anda.
  • Arahkan kursor ke Google apps yang berada disamping profil akun google Anda.
  • Pilih aplikasi Calendar, akan muncul tampilan Selamat datang di Google Kalender baru Anda, pilih Got It.

Cara Menampilkan Tanggal Merah Google Kalender

  • Gambar di atas adalah tampilan Kalender dari Google, jika Anda ingin merubah bahasa menjadi bahasa Indonesia supaya fitur-fiturnya mudah di pahami, caranya adalah pilih Settings di Setting menu yang berada disamping pilihan Week.
  • Pada tab Umum pengaturan Language and region, silahkan rubah bahasa, format tanggal dan format waktu sesuai keinginan Anda.
  • Setelah mengatur bahasa, tanggal, dan waktu, muncul perintah Reload dari bawah untuk menerapkan perubahan yang Anda lakukan, pilih Reload now.
  • Ketika Anda membuat alarm atau pengingat suatu acara di Google kalender menggunakan Chrome, Anda juga bisa membuat pengingatnya tetap bisa muncul ketika Chrome sedang tidak di jalankan, caranya adalah pada tab Umum pengaturan Bahasa dan wilayah, scroll ke bawah sampai menemukan Setelan notifikasi, pilihan notifikasi silahkan pilih Notifikasi dekstop agar ketika Chrome tidak sedang dijalankan, tetap akan mendapatkan notifikasi.
  • Nah, bagi Anda yang tidak terbiasa melihat kalender yang dimulai pada hari Minggu, Anda bisa mengaturnya di tab Umum pengaturan Bahasa dan wilayah dengan cara scroll kebawah sampai menemukan Opsi tampilan, terdapat pilihan Hari pertama, silahkan anda pilih sesuai keinginan.
  • Untuk mengetahui hari libur agar sesuai dengan kalender nasional, kita perlu mengaturnya di dalam Setelan, pilih tab Tambahkan Kalender di menu sisi kiri lalu muncul beberapa opsi, pilih Lihat kalender menarik, perhatikan pada Hari libur daerah, pilih Lihat semua untuk memilih hari libur di Indonesia, jika sudah maka akan terdapat tanda centang biru. Kemudian keluar dari Setelan, dengan memilih kembali ke kalender utama.
  • Bagi Anda yang ingin kalender terlihat satu bulan, pilih kolom Minggu di ganti Bulan.
Artike Lainnya  Mengenal Fitur Pada Kamera Smartphone

  • Jika ingin mengatur warna hari libur yang akan di tampilkan berwarna merah sesuai kalender nasional. Perhatikan sisi kiri terdapat pilihan Hari libur di Indonesia dari Kalender lainnya. Pilih tiga titik disampingnya, kemudian sillahkan pilih warna yang muncul dibawahnya.

Pengaturan di Google kalender selesai, sekarang untuk melihat kalender tak perlu beli kalender cetak terlebih dulu, cukup dengan cara di atas Anda bisa dengan mudah memiliki kalender yang sekaligus bisa Anda gunakan untuk pengingat acara-acara yang Anda miliki. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.