Font adalah sebuah rupa huruf yang memiliki ukuran, berat, dan gaya tertentu. Istilah ini terutama dipakai di dalam percetakan tradisional yang menggunakan metal. Dalam artian simpelnya font adalah jenis huruf yang digunakan di komputer terutama pada aplikasi seperti Microsoft Word, Photoshop, coreldraw, dan lain-lain. Anda pasti ingat font-font yang biasa kita kita pakai di microsoft word seperti calibry, arial dan times new roman dan yang lainnya.

Koleksi file font-font tersebut yang tersedia di Windows umumnya terletak pada folder C:\Windows\Fonts atau C:\Winnt\Fonts. Adapun extension atau akhiran file yang sering digunakan adalah .ttf, .ttc, dan .fon, sedangkan untuk postscript font yang biasa digunakan oleh adobe photoshop adalah .pfb dan .pfm. Untuk menambah font kalian bisa mendownloadnya di google fonts, seperti cara berikut:

  • Langsung ketik saja di google dengan keyword: Google Font, klik Enter, kemudian pilih website fonts.google.com seperti pada gambar berikut.

menambahkan font laptop windows

  • Kemudian centang pada tulisan Show only variable fonts untuk memudahkan kalian dalam mencari font yang kalian inginkan, kemudian ketik-kan dikolo pencarian nama font atau kategori font yang kalian inginkan

  • ┬áPilih font yang ingin anda install, dengan cara klik pada font yang dipilih

menambahkan font laptop windows

  1. Kemudian klik select this style

  • Kemudian klik download Family,

menambahkan font laptop windows

  • Setelah proses download selesai, klik kanan pada sortcut file yang telah terdownload seperti pada gambar, lalu pilih show in folder
Artike Lainnya  Inilah penyebab windows sering startup repair di laptop

  • Meskipun file dalam bentuk rar, sebenarnya kalian tidak harus mengextractnya, langsung saja double klik untuk membuka filenya, kemudian carilah file yang ber-icon huruf A, jika tidak ada maka cari didalam folder dengan cara double klik.

menambahkan font laptop windows Atau buka folder Klik file ber-icon A ini

  • Setelah fie ber-icon A sudah ketemu, double klik pada file tersebut, kemudian cek dulu Font.nya apakah sudah sesuai dengan yang kalian inginkan, jika sudah klik instal yang ada dibagian pojok kiri atas seperti pada gambar, lihat nama font tersebut dipojok kiri atas juga (Dancing Script)

  • untuk mengeceknya buka Ms. Word, ketikan satu kalimat, dan ganti fontnya dengan menggunakan nama font tersebut.

menambahkan font laptop windows

  • selesai, font kalian sudah berhasil di instal dan sudah bisa digunakan.

Demikianlah cara menambahkan font laptop windows atau komputer windows kalian. Sebenarnya jika kalian mau download disitus-situs lainpun juga bisa, dan cara instalasainya pun tetap sama, sekian, Semoga bermanfaat, terima kasih.