Hard Disk Drive biasa juga disebut Hard disk atau HDD adalah sebuah komponen perangkat keras (hardware) untuk mendukung komputer atau laptop dalam menyediakan ruang untuk menyimpan data atau output dari berbagai proses data di computer. Pada dasarnya, Hard Disk Drive berfungsi untuk menyimpan Data Digital. Semua data yang tersimpan di komputer, ada di Hard Disk. Seperti dokumen, gambar, musik, video, program,  bahkan Sistem Operasi komputer semuanya disimpan di dalam Hard Disk komputer. Nah, jika Anda juga memakai harddisk sebagai penyimpanan di Komputer, Anda harus mengetahui bagaimana caranya untuk mengecek kesehatan harddisk. Mengecek kesehatan hard disk ini bukan dengan cara mengeluarkannya dari komputer lalu membongkarnya, tetapi dengan cara membaca data yang disampaikan oleh system. sebisa mungkin dilakukan rutin untuk memeriksa kondisi atau kesehatan hard disk. Hal itu adalah upaya untuk memastikan bahwa hard disk selalu dalam kondisi baik dan data penting yang ada di dalamnya dalam keadaan aman. Untuk cara Memeriksa Kesehatan Hard Disk sebenarnya ada beberapa. Berikut adalah beberapa cara cek kesehatan hard disk dengan mudah di komputer yang berjalan dengan OS Windows.

Menggunakan Alat Diagnostik di Windows

Yang pertama adalah menggunakan alat diagnostic di windows. Untuk sobat bagi pengguna windows. ada alat diagnostik yang dapat dimanfaatkan untuk memeriksa kesehatan perangkat keras storage. Caranya adalah Buka Windows Explorer, lalu klik kanan pada HDD atau SSD yang ingin kamu periksa dan pilih Properties kemudian pilih tab Hardware. Tapi jika ingin melihat apakah ada error tertentu di perangkat keras kamu, klik tab Tools.

Artike Lainnya  Cara memperbaiki keyboard laptop

Menggunakan WMIC

Yang selanjutnya adlah menggunakan WMIC. WMIC adalah Command Line Tool Terbaik yang Jarang Diketahui. WMIC menggunakan fitur hard disk yang disebut dengan S.M.A.R.T (Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology) untuk melihat status HDD. Untuk caranya, buka dulu Windows Command Prompt, Di jendela Command Prompt yang muncul, ketika wmic (1) dan tekan tombol Enter. Bila WMIC interface sudah siap, ketik diskdrive get status (2) dan tekan tombol Enter. Tidak lama, Anda akan melihat status dari hard disk (3).