International Mobile Station Equipment Identity merupakan kepanjangan dari IMEI. Ponsel yang kita gunakan untuk berkomunikasi jarak jauh memiliki nomor IMEI yang terdapat 15 digit nomor, sama seperti DNA, didalam kode IMEI menyimpan informasi yang lengkap tentang sebuah ponsel. Setiap ponsel memiliki kode IMEI yang unik dan berbeda dari kode IMEI ponsel lainnya.

Namun pada kenyataannya, dilapangan banyak produsen ponsel yang nakal melakukan pembajakan IMEI, terutama pada produksi ponsel dengan harga yang murah, produsen sering mengcopy IMEI dari ponsel merek lain. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memeriksa apakah IMEI yang terdapat pada ponsel kita berisi informasi yang cocok dan sesuai dengan ponsel yang kita miliki.

Ada banyak opsi untuk memeriksa IMEI. Anda bisa mencobanya satu per satu. Setelah Anda mendapatkan informasi yang benar tentang IMEI ponsel Anda, tentu Anda akan tahu apakah ponsel Xiaomi yang Anda miliki itu asli atau tidak. Mengingat masih banyak orang penipu yang bisa meniru produk lain.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui nomor kode IMEI 15 digit Anda, kemudian Anda dapat memeriksa secara online apakah IMEI Anda asli atau tidak. Kemudian setelah mendapatkan kode IMEI, selanjutnya Anda dapat melakukan pengecekan secara online. Berikut ini beberapa cara alternatif untuk mengetahui IMEI kita.

  • Menggunakan Dial *#06#
Artike Lainnya  Cara Memperbaiki Fingerprint Laptop yang Error

cara memeriksa imei xiaomi

Anda hanya perlu menekan tombol *#06# maka IMEI 16 digit Anda akan muncul secara otomatis.

  • Lihat Dibalik Baterai

Silakan lihat di belakang baterai ponsel Anda. Di sana akan tertera nomor IMEI Anda.

  • Lihat pada Dus Box Ponsel

Selain itu, Anda juga dapat melihatnya di salah satu sisi dus box ponsel.

  • Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

cara memeriksa imei xiaomi

Anda dapat menggunakan Aplikasi Antutu Benchmark yang dapat Anda unduh di Playstore secara gratis. Di sana Anda akan mendapatkan informasi lengkap tentang ponsel kami.

  • Dari Menu Ponsel

Anda juga dapat memeriksa IMEI di Menu Pengaturan ⮞ Tentang telepon ⮞ Status.

  • Melalui Situs Resmi Xiaomi

Silahkan cek di sini

cara memeriksa imei xiaomi

Situs tersebut adalah situs resmi xiaomi untuk mengecek status keaslian IMEI ponsel kita. Didalam situs Anda akan melihat kolom untuk memasukkan IMEI, lalu pilih OK dan informasi dari IMEI dapat dicocokkan dengan ponsel Xiaomi Anda.